Ilustrasi perawatan kulit lembap ( Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Kenali 6 Penyebab Kulit Kalian Kusam

27 July 2021   |   15:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kulit yang sehat adalah kulit yang memiliki cukup kelembapan. Ketika disentuh, kulit terasa kenyal, padat, dan lembut. Sebaliknya, kulit kusam tidak mendapatkan cukup kelembapan sehingga penampilannya tersamarkan oleh warna yang lebih gelap.

Warna gelap pada kulit kusam berbeda dengan warna kulit yang gelap secara alami. Kulit yang gelap alami akan tetap tampak bercahaya selama kondisinya sehat dan cukup lembap. Sementara itu, kulit yang kusam terlihat rata dan agak gelap yang pada dasarnya adalah kondisi kebalikan dari kulit yang muda, cerah, dan sehat.

Tentunya kulit kusam tidak datang begitu saja, ada hal-hal yang menjadi penyebab kulit kusam seperti dilansir dari Healthline berikut ini. Simak yuk Genhype.

Baca jugaPunya Masalah Kulit Kusam? Begini Cara Ampuh Mengatasinya


1. Dehidrasi

Jika kamu tidak minum cukup air setiap harinya, itu akan berpengaruh pada kulit. Pasalnya, sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan hubungan kuat antara minum air yang cukup dengan memiliki kulit yang sehat. Minum banyak air akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit. Selain itu, mengoleskan serum wajah yang menghidrasi juga dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit dan mengurangi dehidrasi kulit.


2. Kurang pelembap

Kurang menggunakan pelembap, terutama jika kulit cenderung kering, dapat mempengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit kamu lho. Sebaliknya, menggunakan pelembap dua kali dalam sehari dapat membantu menghidrasi kulit dan melindungi lapisan atas kulit yang halus.

Baca jugaSimak 3 Alasan Pentingnya Merawat Kulit di Malam Hari sebelum Tidur
 

Ilustrasi-Fleur Kaan (Unsplash)

Ilustrasi-Fleur Kaan (Unsplash)
 

3. Penumpukan sel kulit mati

Kulit secara alami akan melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel yang baru. Namun, terkadang sel-sel mati tidak terlepas sebagaimana mestinya. Sebaliknya, mereka justru membangun permukaan pada kulit. Hal itu dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan tidak merata.


4. Panas dan udara kering

Kulit kering juga dapat dengan cepat terlihat kusam dan tidak sehat. Hal itu terutama banyak dialami orang yang bermukim di wilayah yang panas. Kondisi ini juga lebih sering terjadi di musim kemarau, musim dingin, atau cuaca tertentu dengan udara yang kering.


5. Merokok

Menurut penelitian pada tahun 2010, merokok merupakan faktor penting yang menyebabkan penuaan kulit secara dini. Hasil tersebut menemukan bahwa merokok dapat merusak produksi kolagen serta menurunkan serat elastis dan jaringan ikat di kulit. Itu juga dapat meningkatkan stres oksidatif pada sel-sel kulit. Semua itu dapat mempercepat proses penuaan dan berkontribusi pada kulit yang tampak kusam.


6. Penuaan

Penuaan merupakan bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan, begitupun dengan kulit yang menua. Meskipun kamu tidak dapat mengontrol proses penuaan, kamu bisa menerapkan rutinitas perawatan kulit yang membantu memberikan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan tampak cerah.

SEBELUMNYA

Ini 3 Kategori Produk Paling Laris Diborong Masyarakat Selama PPKM

BERIKUTNYA

Cerita Roti dari Kopi Kenangan Bakal Rambah Luar Jabotabek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: