Menjaga kelembapan adalah salah satu kunci terpenting untuk kulit sehat. (Photo by Kalos Skincare on Unsplash)

Punya Masalah Kulit Kusam? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

27 July 2021   |   16:50 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Apakah ada di antara GenHype yang merasa kulitnya kurang bercahaya atau terlihat tidak sehat? Kali ini hypeabis.id akan membahas lebih dalam tentang penyebab kulit kusam serta sembilan cara ampuh untuk mengembalikan kulit sehat sesuai dengan rekomendasi dokter kulit.

Menurut Healthline, kulit kusam bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kurangnya hidrasi terutama menjadi alasan paling umum dari kulit kusam.

Kalau kita kurang minum air putih, dampak terhadap tubuh biasanya lebih dulu terlihat pada wajah. Faktanya, satu studi tahun 2015 menemukan hubungan kuat antara minum cukup air dan memiliki kulit yang sehat.

Minum banyak air akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit. Selain itu, mengoleskan serum wajah yang menghidrasi dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit.

Melewatkan pelembab, terutama jika kulit kitacenderung kering, juga dapat memengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit loh. Menggunakan pelembab dua kali sehari dapat membantu menghidrasi kulit dan melindungi lapisan atas yang sensitif.

Kulit kering dapat dengan cepat terlihat kusam. Hal ini terutama berlaku selama bulan-bulan musim dingin, ketika udara dingin dan kering, atau jika GenHype tinggal di iklim yang memiliki kelembapan sangat rendah.

Kulit kita secara alami melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru. Tetapi terkadang sel-sel mati tidak terlepas sebagaimana mestinya.

Sebaliknya, sel-sel ini membangun permukaan baru di atas kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan tidak merata.

Selain itu, waktu adalah saingan terbesar kulit kita.

Penuaan adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan. Begitu juga dengan kulit yang menua. 

Walaupun kita tidak dapat mengontrol proses penuaan, ada banyak rutinitas perawatan kulit yang membantu memberikan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Bagaimana cara meremajakan kulit kusam?
 

Hindari menggunakan air panas, sabun cuci muka dengan butiran scrub kasar dan sabun yang menyebabkan kulit kering. (Photo by Ron Lach from Pexels)

Hindari menggunakan air panas, sabun cuci muka dengan butiran scrub kasar dan sabun yang menyebabkan kulit kering. (Photo by Ron Lach from Pexels)


1. Perlakukan kulit wajah dengan lembut
Sebelum sibuk mencari treatment apa yang dibutuhkan kulit, kita perlu memastikan terlebih dahulu apa selama ini cara kita memperlakukan kulit wajah sudah benar. 

Ketika membersihkan wajah, hindari menggunakan butiran scrub yang kasar atau sabun cuci muka yang menyebabkan kulit terasa kering. Ini dapat menyebabkan iritasi, kemerahan hingga kulit terkelupas.

Sebagai gantinya, terapkan metode double cleansing. Gunakan minyak pembersih untuk menghapus riasan dan tabir surya tanpa merusak lapisan terluar kulit.

Kemudian cuci muka dengan pembersih berbahan lembut untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak.

2. Jangan gunakan air panas
Hindari mencuci muka dengan air panas karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit serta menyebabkan kulit kering hingga iritas.

Air panas juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh superfisial yang membuat kulit tampak merah beberapa saat.

Sebagai gantinya, gunakan air hangat saat membersihkan wajah. Pilih juga pembersih pelembab dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk membantu mempertahankan kelembapan.

3. Jadikan eksfoliasi sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajah
Eksfoliasi atau pengelupasan kulit secara teratur adalah kunci untuk kulit bercahaya.

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan luar kulit itu dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan bersisik, dan bahkan dapat menyumbat pori-pori. Eksfoliasi yang dilakukan secara teratur dapat mencegah hal ini terjadi.

Pengelupasan juga membantu menghaluskan dan memoles kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus dan meratakan tekstur kulit dengan meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen.

Eksfoliasi dapat dilakukan secara mekanikal dengan sikat lembut atau butiran scrub. Adapun eksfoliasi kimiawi dilakukan dengan mengaplikasikan toner berbahan dasar alpha hydroxy acids (glycolic, lactic, tartaric, dan citric acids) atau beta hydroxy acids (salicylic acid).

Untuk pemula, GenHype bisa memulainya dengan melakukan eksfoliasi dua kali seminggu dan meningkatkan frekuensinya sesuai toleransi kulit. Hati-hati jika kulit terlalu kering atau teriritasi.

 

Sheet mask membantu serum meresap di kulit sedikit lebih lama. (Photo by Anna Shvets from Pexels)

Sheet mask membantu serum meresap di kulit sedikit lebih lama. (Photo by Anna Shvets from Pexels)


4. Tambahkan serum ke deretan skincare harian
Serum wajah mengandung konsentrasi tinggi bahan yang membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Karena serum menyerap dengan cepat ke dalam kulit, serum dapat digunakan sekali atau dua kali sehari pada kulit wajah yang bersih

Dermatologis merekomendasikan produk dengan:
- Vitamin C
- Vitamin B3 (niacinamide)
- Asam ferulat
- Resveratrol

Bahan-bahan ini memiliki efek antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah dan membatalkan kerusakan akibat radikal bebas perusak kolagen.

Vitamin C juga membantu memudarkan hiperpigmentasi atau bintik hitam, memberikan kulit warna yang lebih merata dari waktu ke waktu.

Bahan utama lain yang harus dicari adalah asam hialuronat, yang dapat mengikat air di lapisan permukaan kulit.

5. Gunakan masker secara teratur
Asupan pelembap, serum dan vitamin yang ada pada masker wajah dapat menjadi tambahan nutrisi yang baik untuk kulit jika dilakukan secara teratur.

Saat ini ada banyak varian masker dengan berbagai bentuk mulai dari sheet mask, mud mask, gel mask dan lain lain sesuai dengan kebutuhan tiap kulit.

Cari masker yang mengandung:
- Antioksidan
- Asam hialuronat
- mentega shea
- Bahan pelembab dan pencerah lainnya

Secara umum, GenHype dapat menggunakan masker wajah 1 hingga 3 kali per pekan, tetapi sesuaikan juga dengan kondisi kulit masing-masing, ya.

Pastikan untuk membaca petunjuk sebelum menggunakan masker wajah pada kulit.
 

Kulit yang lembab kunci kulit sehat. (Photo by The Creative Exchange on Unsplash)

Kulit lembab kunci kulit sehat. (Photo by The Creative Exchange on Unsplash)


6. Maksimalkan penggunaan pelembab
Menurut penelitian reviewTrusted Source pada 2017, melembabkan wajah dua kali sehari dengan produk yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengatasiberbagai jenis dermatitis.

Manfaat menggunakan pelembab pada wajah secara rutin antara lain:
- Pelembab dapat memperbaiki dan melindungi penghalang kulit. Tip: Carilah pelembab  berbahan ceramide.
- Dapat menarik air ke dalam epidermis untuk membantu mengencangkan kulit. Tip: Carilah pelembab berbahan asam hialuronat dan gliserin.
- Dapat mencegah hilangnya kelembapan. Tip: Carilah pelembab berbahan imethicone dan petrolatum.

7. Merangsang pertumbuhan kolagen dengan retinoid
Retinoid, yang merupakan turunan vitamin A, telah terbukti secara ilmiah dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit.

Retinoid membantu mengelupas sel-sel kulit yang lebih tua dan membawa sel-sel kulit baru yang segar ke permukaan. Mereka juga menghaluskan dan menipiskan lapisan atas sel.

Untuk permulaan, kulit merekomendasikan untuk menerapkan perawatan retinoid dua malam dalam seminggu dan kemudian meningkatkan frekuensinya saat kulit terbiasa dengan bahan ini.

 

Sesekali kulit kita juga perlu mendapatkan perawatan menyeluruh. (Photo by Raphael Lovaski on Unsplash)

Sesekali kulit kita juga perlu mendapatkan perawatan menyeluruh. (Photo by Raphael Lovaski on Unsplash)


8. Melakukan perawatan berkala ke klinik kecantikan
Dokter kulit sudah terlatih dalam beberapa prosedur terbaik untuk memperbaiki penampilan kulit wajah.

Prosedur seperti sesi fotofasial IPL dapat membantu meminimalkan munculnya bintik-bintik coklat.

Ini juga dapat membantu meratakan warna kulit dan meningkatkan daya pantul cahaya pada kulit. Untuk hasil terbaik, dokter kulit merekomendasikan sesi peremajaan setidaknya setahun sekali.

9. Pakai tabir surya setiap hari
Terakhir, namun tentu tidak kalah pentingnya, gunakan tabir surya setiap hari.

Ini akan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV, termasuk dispigmentasi kulit, bintik-bintik coklat penuaan, dan tekstur kasar dan kusam.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Platform E-commerce Ini Bisa Fasilitasi UMKM Ekspor

BERIKUTNYA

Begini Tiga Cara Kembangkan Minat & Potensi Diri Saat di Rumah Saja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: