Merawat kulit di malam hari penting karena kulit mengalami regenerasi (Sumber gambar: Yaroslav Shuraev/Pexels)

Simak 3 Alasan Pentingnya Merawat Kulit di Malam Hari sebelum Tidur

11 May 2022   |   07:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Merawat kulit di malam hari sebelum tidur adalah hal yang sangat penting. Pasalnya di malam hari, kulit akan mengalami proses pembaruan. Di siang hari, kulit rentan terpapar polutan, sinar UV, dan kotoran. Saat malam hari, kulit pun mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kerusakan, meremajakan, dan membuat sel-sel baru.

Maka dari itu, penting untuk membersihkan kotoran dan sisa riasan dari kulit sebelum tidur. Dengan menjalani rutinitas perawatan kulit di malam hari, kamu membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri lebih cepat dan lebih baik. Upaya yang kamu lakukan untuk membersihkan, menghidrasi, dan memberi nutrisi pada kulit akan sangat membantu menjaga agar tetap kenyal dan kencang. 

Pada malam hari, sel-sel kulit beregenerasi paling cepat karena peningkatan aliran darah ke kulit. Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit yang efektif, kulit dapat memaksimalkan peremajaannya. Berikut adalah alasan kenapa merawat kulit di malam hari penting.


1.  Kulit wajah kehilangan 25% air saat tidur

Saat tidur, kamu tidak minum dalam jangka waktu yang cukup lama yakni 5 – 8 jam. Belum lagi jika kamu tidur dalam ruangan ber-AC,  kedua hal tersebut membuat asupan air dalam tubuh berkurang. Alhasil  sel kulit pun menjadi kering dan berkurang elastisitasnya. 

Oleh karena itu, merawat kecantikan sebelum tidur dengan bantuan krim malam sangat dibutuhkan  untuk menjaga kelempaban kulit sepanjang malam. Kondisi kulit yang diberikan asupan krim malam juga bisa membantu sel kulit melakukan regenerasi.

(Baca juga: 5 Cara Merawat Kulit Berjerawat, Tidak Bisa Sembarangan)


2.  Kulit beregenerasi pada malam hari

Alasan lain pentingnya merawat kecantikan sebelum tidur yakni adanya regenerasi kulit yang berlangsung di malam hari. Puncak regenerasi kulit tersebut biasanya terjadi pada jam 10 malam, di mana sel-sel kulit berganti dua kali lebih banyak dibanding siang hari. 

Maka untuk bisa melakukan pembelahan sel, kulit wajah harus terjaga kelembapannya dengan merawat kecantikan sebelum tidur menggunakan pelembap. Jika kulitmu kering, regenerasi kulit ini akan terhambat.


3.  Waktu istirahat bagi kulit

Selain tubuh, malam hari merupakan saat dimana kulit dapat beristirahat setelah seharian terkena paparan sinar matahari, tumpukan kimia dari kosmetik yang digunakan, serta polusi udara. Jadi berikanlah nutrisi yang tepat untuk kulit di waktu istirahatnya tersebut agar terhindar dari kerusakan. 

Membersihkan wajah dan mengaplikasikan pelembap saja ternyata belum cukup untuk merawat kecantikan sebelum tidur. Kulit pun membutuhkan asupan yang didapat dari mengonsumsi suplemen vitamin E guna mendukung perbaikan pada sel-sel kulit yang sempat terkontaminasi.


Langkah perawatan kulit di malam hari

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat kulit di malam hari sebelum tidur yakni:
Hapus riasan wajah.
  • Bersihkan wajah dengan sabun pencuci muka. 
  • Aplikasikan toner.
  • Oleskan serum.
  • Aplikasikan pelembap.
  • Jangan lupa krim mata dan lip balm.
Beberapa ahli menyarankan bahwa waktu terbaik untuk rutinitas merawat kulit malam hari adalah sebelum tidur. Sebab kulit membutuhkan setidaknya 10-20 menit agar produk terserap dengan baik ke dalam kulit. Jadi selama waktu itu, sebaiknya jangan langsung berbaring di atas kasur. 

Selain itu, idealnya kamu juga harus segera menghapus riasan setelah tiba di rumah. Lanjutkan kegiatan tersebut dengan membersihkan wajah secara menyeluruh. Kemudian lakukan langkah-langkah seperti yang disebutkan di atas. Dengan cara ini, kamu dapat memastikan rutinitas perawatan kulit yang lengkap dan memberikan kulit semua nutrisi yang dibutuhkan selama malam hari.



Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Perjalanan Bapak Perfilman Indonesia Usmar Ismail dari Bangku Sekolah hingga Meraih Gelar Pahlawan Nasional

BERIKUTNYA

Single That That PSY & Suga BTS Debut di Tiga Tangga Lagu Billboard

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: