Wanita yang memakai kawat gigi (dok. Pexels)

Baru Pasang Kawat Gigi? Perhatikan 4 Hal Ini

27 July 2021   |   22:41 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kamu baru pasang kawat gigi? Perawatannya harus ekstra hati-hati ya biar hasilnya maksimal dan bukan malah bikin gigi kamu rusak. Kawat gigi bisa sulit dirawat karena makanan dan plak sangat mudah menempel di sekitar dan di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang, masalah gusi, gigi bernoda, hingga bau mulut.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang harus selalu kamu ingat untuk menjaga kebersihan mulut saat memakai kawat gigi :

1. Hindari makanan tertentu
Saat memakai kawat gigi, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari. Misalnya makanan keras seperti permen, popcorn, dan makanan yang cenderung menempel di gigi seperti permen kenyal juga permen karet.
 

Menyikat gigi. /Sheknows

Menyikat gigi. /Sheknows



2. Sikat secara teratur
Menyikat gigi adalah hal terpenting untuk mempraktikkan kebersihan mulut yang baik saat memakai kawat gigi. Disarankan agar menyikat gigi setiap habis makan atau ngemil untuk memastikan tidak ada makanan yang tersangkut di antara braket dan kabel kawat gigi kamu.

3. Sering-sering ke dokter gigi
Terus kunjungi dokter gigi secara teratur, sehingga mereka dapat memeriksa apakah braket dan kawat terpasang dengan benar. Jika Anda merasakan sakit pada gigi atau merasa ada kawat yang menusuk, pastikan untuk memberitahukan hal ini kepada dokter gigi kamu ya.
 
4. Simpan sekotak lilin ortodontik
Dokter gigi biasanya memberi sekotak lilin di minggu pertama kamu memasang kawat gigi. Lilin ini dapat diterapkan pada braket ketika mereka mulai mengiritasi gusi dengan kontak dan gesekan yang konstan. Jadi, oleskan lilin ini untuk meredakannya. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Inilah Rekomendasi Parfum yang Cocok dengan Energi Musim Panas

BERIKUTNYA

Wah! Ini 9 Manfaat dari Konsumsi Air Lemon untuk Kesehatan Kulit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: