Media sosial Twitter identik dengan logo burung (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ greenwish_)

Perubahan Logo Twitter dari Masa ke Masa, Sempat Hijau, Berubah Biru, kini Hitam Putih

24 July 2023   |   15:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Twitter akan segera mengganti logo mereka, dari simbol burung biru menjadi X. Elon Musk, pemilik Twitter pun sudah menuliskan selamat tinggal kepada logo lama bersimbol burung tersebut di cuitannya. Selain itu, Musk juga menuliskan, siapa saja bisa mengakses media sosial tersebut dengan mengakses X.com.

Rencana Musk mengganti logo media sosial itu menjadi ramai di jagat maya. Namun, perubahan logo ini bukanlah yang pertama terjadi di Twitter. Sejak awal kelahirannya pada 2006, hingga sekarang, tercatat Twitter pernah beberapa kali mem-rebranding logo mereka. 

Baca juga: Terlihat Mirip, Ini 4 Perbedaan Threads dengan Twitter

Rebranding sebetulnya langkah yang biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Umumnya, rebranding dilakukan untuk memperkuat kembali citra perusahaan di mata para pelanggan. 

Soal perubahan logo Twitter dari masa ke masa, Hypeabis.id telah merangkumnya untuk kalian. Berikut informasi selengkapnya:


2005-2006

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: logo.com)

Sebelum identik dengan biru, Twitter ternyata pernah memiliki logo hijau. Tepatnya pada masa awal platform media sosial itu berdiri. Dikutip dari laman logo.com, pada 2005 – 2006, para pendiri Twitter menggunakan logo bernuansa fresh, dengan sentuhan hijau tua dan muda, serta efek percikan air pada font-nya.  


2006-2010

 

(Sumber foto: logo.com)

(Sumber foto: logo.com)

Sementara itu, pada 2006 atau saat diluncurkan, mereka menggunakan logo bertuliskan Twitter, dengan jenis teks sans serif. Logo karya desainer Linda Gavin tersebut tidak menggunakan jenis huruf kapital. Tidak hanya itu, warna yang digunakan dalam logo itu juga mengalami perubahan menjadi biru, dari hijau. Logo berupa tulisan Twitter dengan warna biru itu bertahan dalam beberapa tahun, yakni sampai dengan 2010.


2010-2012

 

(Sumber foto: logo.com)

(Sumber foto: logo.com)

Logo burung baru muncul dalam identitas Twitter pada 2010, setelah mendapatkan sentuhan ulang dari Simon Oxley. Pada awalnya, gambar itu berupa maskot seperti kartun burung dengan mata, cakar, dan alis. Namun, diganti dengan siluet agar memiliki gaya minimalis. Mereka juga menghilangkan cakar yang ada sebelumnya.


2012-2023

 

(Sumber foto: logo.com)

(Sumber foto: logo.com)

Logo Twitter kembali mengalami perubahan pada 2012, atau dua tahun ketika mereka menambahkan simbol burung pada logo mereka. Tulisan Twitter yang bersanding dangan gambar burung ditiadakan. Sementara itu, burung yang menjadi identitas perusahaan juga mengalami penyederhanaan.

Langkah untuk meniadakan tulisan itu ditempuh, lantaran gambar burung sudah cukup mengidentifikasi brand media sosial twitter. Kali ini, gambar burung yang tersemat menjadi lebih gelap jika dibandingkan dengan yang lampau.

Dengan sentuhan itu, logo burung biru itu lebih menonjol ketika berada di latar belakang putih dalam halaman website. Kemudian, jambul yang terdapat dalam burung lampau juga dihilangkan sehingga kepala burung tampak lebih bulat.

Tidak hanya itu, kepala burung dalam logo terbaru juga terlihat lebih mendongak menatap ke atas jika dibandingkan dengan logo yang lama. Selain itu, jumlah bulu dan arahnya juga mengalami perubahan, yakni dari empat bulu menjadi tiga bulu, besar-besar, dan melengkung ke atas.


2023 - Sekarang

 

(Sumber foto: Twitter/elonmusk)

(Sumber foto: Twitter/elonmusk)

Kini, pada 2023, logo itu akan kembali mengalami perubahan, sehingga meniadakan gambar burung yang telah bertahan selama 11 tahun. Elon Musk akan menggantinya dengan huruf X.  Musk juga menggunakan logo X dalam foto profilnya di media sosial twitter. Logo X itu memiliki dua garis berbeda yang melintang. Garis pertama berjenis bold tipis. Sementara garis kedua memliki ruang di tengahnya. Namun, garis melintang yang lebih tipis tidak motong ruang pada garis yang lain.

Garis itu menggunakan warna putih. Sementara latarnya berwarna hitam. Tampilan ini tampak terlihat sederhana. Namun, perpaduan antara warna hitam dan putih dengan kesederhanaannya itu memberikan kesan yang elegan.

Baca juga: Fakta-fakta Perubahan Logo Twitter oleh Elon Musk, Bukan yang Pertama Gunakan X

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Agenda Pameran Seni & Fotografi Agustus 2023, dari Eko Nugroho hingga Andy Dewantoro

BERIKUTNYA

9 Film Indonesia yang Siap Tayang Agustus 2023 di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: