Ilustrasi logo baru Twitter. (Sumber gambar: Twitter/Elon Musk)

Diganti Jadi X, Desainer Logo Twitter Kenang Saat Menciptakan Burung Biru yang Ikonik

25 July 2023   |   14:33 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Twitter resmi mengganti logonya. Tidak ada lagi lambang ikonik burung biru, melainkan hanya tanda X yang tertera di aplikasi tersebut. Perubahan itu mengundang kesedihan salah satu perancangnya, Martin Grasser. Melalui akun Twitter pribadinya, Grasser tampak kecewa dengan pergantian itu.

Kendati demikian, dia menilai selalu ada perubahan dalam setiap pergantian kepemimpinan. “Hari ini kami mengucapkan selamat tinggal pada burung biru yang hebat ini,” tulisnya, dikutip Hypeabis.id, Selasa (25/7/2023). 

Baca juga: Elon Musk Siap Rebranding Twitter, Ini Makna Logo X & Fitur-fiturnya

Dia pun mengenang ketika burung biru diciptakan. Grasser mengatakan bahwa logo itu dirancang tim desain yang terdiri olehnya, beserta direktur kreatif Target, Todd Waterbury dan Angy Che pada 2012 silam.

“Logo didesain sederhana, seimbang, dan terbaca dengan ukuran yang sangat kecil, hampir seperti huruf kecil 'e,'” sebutnya. 

Dalam utasan tersebut, Grasser menyebut saat perancangan, co-founder Twitter Jack Dorsey menginginkan logo yang lebih sederhana namun terlihat bagus seperti Nike maupun Apple. “Jadi saya mulai menggambar burung. Menggambar adalah salah satu cara tercepat untuk memahami bagaimana bentuk dapat sempurna,” imbuhnya.

Grasser bahkan mencoba menangkap gerakan burung dengan sketsa. Dia dan tim kerap menggunakan lingkaran untuk membuat gambar lebih presisi. “Sejak saat itu, kami benar-benar menghabiskan waktu untuk menyempurnakan setiap detail kecil, sehingga terasa seimbang terlihat seperti burung dengan ukuran kecil,” tuturnya. 

Sang kepala desainer itu setidaknya menggambar seribu versi burung sebelum mendapatkan tampilan akhir. Selanjutnya, dia menawarkan sketsa kepada Jack Dorsey. 

Salah satu pendiri Twitter itu dia memilih opsi 5CS. Desainnya terdiri dari 15 lingkaran tumpang tindih. Uniknya rasio lingkaran besar dan kecil mendekati rasio emas.

Akhirnya pada Maret, desain burung biru itu disetujui kemudian resmi diluncurkan pada Mei 2012. Grasser tak mengira bahwa burung biru kecil ini telah melakukan banyak hal selama 11 tahun terakhir. 

Sejak diambil alih Elon Musk, Twitter mengalami sejumlah perubahan yang signifikan, termasuk mengubah logo burung biru menjadi X. Chief Executive Officer (CEO) Twitter Linda Yaccarino dalam cuitannya menuliskan bahwa konsep X adalah masa depan dari interaktivitas tanpa batas.

Platform itu nantinya akan berpusat terhadap audio, video, perpesanan, dan pembayaran atau perbankan.

X dirancang akan menciptakan pasar global untuk ide, barang, layanan, dan peluang. Platform X akan menghubungkan semua orang dengan cara baru yang mulai dibayangkan oleh banyak pihak dengan dukungan kecerdasan buatan.

Baca juga: Perubahan Logo Twitter dari Masa ke Masa, Sempat Hijau, Berubah Biru, kini Hitam Putih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mudah Banget, Ini 5 Cara Cepat Mengatasi Insomnia

BERIKUTNYA

Ikut Jejak Meta, TikTok Rilis Fitur Posting Berbasis Teks Mirip Instagram Story

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: