WhatsApp di Wear OS (Sumber Foto: Meta)

WhatsApp Kini Hadir di Smartwatch dengan Wear OS, Tak Perlu Buka Pesan Lewat Ponsel

22 July 2023   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

WhatsApp kini tersedia di smartwatch yang sudah menjalankan Wear OS. Dengan adanya pembaruan tersebut pengguna bisa membuat percakapan baru, membalas pesan, dan menerima panggilan melalui jam pintar tanpa harus membuka ponsel.

Tentunya hal ini memudahkan kita saat sedang berolahraga atau di perjalanan. Mengutip dari Tech Crunch, aplikasi WhatsApp untuk Wear OS telah dirilis pada Mei 2023 dalam versi beta. Kemudian pada pertengahan Juli 2023 Mark Zuckerberg, CEO Meta resmi mengumumkan perilisan WhatsApp Wear OS untuk versi publik.

Baca juga: WhatsApp Sempat Down, Pengguna Keluhkan Pesan Terus Centang Satu

"Sekarang kita bisa menggunakan WhatsApp dari pergelangan tangan dengan aplikasi WhatsApp for Wear OS," tulis Zuckerberg.

Sebelumnya, WhatsApp memang telah tersedia di smartwatch, tetapi fiturnya masih terbatas. Pengguna hanya bisa melihat notifikasi dan tidak bisa membuat atau membalas pesan. Berikut sejumlah fitur baru yang dihadirkan untuk WhatsApp di smartwatch Wear OS.
 
  • Kontak: Pengguna dapat melihat daftar sederhana dari kontak terbaru di halaman utama. Ada juga opsi untuk mengakses pengaturan atau membuka aplikasi di ponsel.
  • Percakapan: Pengguna dapat menelusuri chat WhatsApp sebelumnya dan membalas menggunakan pesan suara (voice note), emoji, atau balasan cepat langsung dengan keyboard sistem. Pengguna juga dapat melihat ketika seseorang sedang mengetik atau online.
  • Panggilan: pengguna bisa menerima panggilan masuk langsung melalui smartwatch.
  • Pesan suara: pengguna bisa membalas pesan dengan voice note. Caranya klik ikon mikrofon, kemudian sistem secara otomatis akan merekam suara. Pengguna juga bisa mendengar voice note yang dikirimkan oleh pengguna lain.
  • Obrolan grup: pengguna dapat bergabung atau membuat obrolan grup dari smartwatch. Kita juga bisa melihat siapa yang ada dalam percakapan dengan menggeser ke layar paling bawah. Mengingat layar jam cukup kecil dibandingkan smartphone, chat yang ditampilkan pun terbatas. Ruang obrolan hanya bisa menampilkan satu bubble chat saja.

Sejauh ini sejumlah jam pintar yang telah menjalankan WearOS antara lain Pixel Watch Google, dan Galaxy Watch seri 4 dan 5 Samsung. Sementara itu, pengguna Apple Watch dengan watchOS tampaknya masih harus bersabar untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp, mengingat Meta belum meluncurkannya. Fitur WhatsApp di Apple Watch masih terbatas dan belum bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan.

Untuk menghubungkan WhatsApp dengan smartwatch Wear OS, caranya mudah. Namun, perlu diingat bahwa pengguna hanya dapat menautkan WhatsApp di Wear OS menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan di telepon.
 
  • Hubungkan smartwatch WearOS ke smartphone.
  • Buka smartwatch Wear OS lalu klik WhatsApp.
  • Aplikasi WhatsApp di WearOS akan menampilkan delapan kode.
  • Smartphone yang terhubung akan menerima notifikasi, klik konfirmasi pada notifikasi
  • Masukkan 8 kode yang muncul di smartwatch ke aplikasi WhatsApp di ponsel.
  • Chat WhatsApp akan disinkronkan di smartwatch.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Anyar yang Bikin Pengguna Lebih Nyaman

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Harga Tiket Mini Concert Hwang Min-Hyun 'Unveil' di Jakarta, Mulai dari Rp1,2 Juta

BERIKUTNYA

Mengenal Lebih Dekat Para Pemain Film Barbie, Dua Lipa hingga John Cena

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: