Apple Watch (Sumber Foto: Apple)

Bocoran Desain dan Fitur Baru Apple Watch X dengan Pemantauan Kesehatan Lengkap

02 May 2024   |   19:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Apple Watch X bakal menjadi jam pintar paling mutakhir buatan perusahaan raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, AS tersebut. Sejauh ini, sejumlah bocoran mengenai desain dan spesifikasi Apple Watch X telah banyak beredar di internet.

Mengutip Gizchina, Apple Watch X akan tampil dengan desain baru dan digadang-gadang akan merevolusi pasar jam tangan pintar dunia. Leaker Mark Gurman yang kerap membocorkan sejumlah produk baru dari Apple menyebutkan, inovasi besar-besaran seperti iPhone X akan terjadi pada jam tangan pintar generasi ke-10 milik Apple itu.

Sejumlah kabar yang beredar, penerus Apple Watch 9 series ini akan memiliki fitur-fitur pemantauan kesehatan tingkat lanjut yang lebih canggih dan lengkap. Kemungkinan akan menggabungkan fitur pemantauan sleep apnea dengan pemantauan glukosa darah. 

Baca Juga: Tersangkut Sengketa Paten, Apple Watch Series 9 & Ultra 2 Ditarik dari Pasar AS

Pemantauan apnea tidur atau sleep apnea melibatkan pelacakan pola pernapasan dan pola tidur penggunanya. Perangkat ini juga akan memberi peringatan jika penggunanya menderita apnea tidur. Dengan begitu, penderita sleep apnea bisa mendapatkan rekomendasi kunjungan ke dokter apabila perlu.

Sementara, pemantauan glukosa darah dirancang untuk menunjukkan tren kadar gula darah pada kondisi pradiabetes. Namun, bukan pembacaan tingkat medis untuk penderita diabetes. Fitur ini dicapai melalui spektroskopi serapan inframerah gelombang pendek yang menyinari kulit pengguna untuk menentukan konsentrasi glukosa dalam aliran darah.

Adapun dari segi desainnya, Apple Watch X juga diprediksi bakal lebih modern dan trendi. Selain itu, sebagai upaya meningkatkan pengalaman dan fungsionalitas penggunanya, Apple dikabarkan akan mengintegrasikan teknologi layar baru pada jam pintar terbarunya.

Teknologi ini akan mengurangi konsumsi daya, meningkatkan efisiensi, sehingga pada akhirnya akan memperpanjang masa pakai baterai perangkat. Selain itu, jam tangan baru milik Apple ini juga bakal lebih trendi dengan mengadopsi sistem sambungan tali magnet.

Tentunya inovasi ini akan membuat pengguna lebih nyaman saat beraktivitas. Namun, sepertinya Apple akan mengeluarkan strap baru dengan mekanisme yang juga baru, berbeda dari strap model lama yang digunakan untuk Apple Watch Series sebelumnya.

Bagi kamu yang tidak sabar menatikan perilisan Apple Watch X, kemungkinan perusahaan bakal merilisnya pada paruh kedua 2024, bersamaan dengan peluncuran iPhone 16.
 


Fitur-fitur Apple Watch 9

Perilisan Apple Watch X membuat banyak orang bertanya-tanya akan secanggih apa fitur-fitur yang disematkan di  dalamnya. Apakah perusahaan akan meningkatkan fitur di seri Apple Watch sebelumnya, atau justru menghadirkan fitur yang benar-benar baru.

Pada Apple Watch 9, Apple menyematkan fitur yang membantumu memberikan pemahaman lebih baik tentang kesehatan fisik dan mental. Misalnya pemantau jantung, pengukur oksigen dalam darah, pemantau tidur dan mimpi, serta kondisi emosional dan suasana hati.

Apple Watch Series 9 mampu memantau jantung dengan aplikasi EKG yang menghasilkan EKG serupa dengan elektrokardiogram. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan pemberitahuan untuk detak jantung rendah dan tinggi serta ritme tidak teratur.

Pengguna jam pintar tersebut juga mengukur oksigen darah. Sensor dan aplikasi yang mengagumkan di Apple Watch Series 9 ini memungkinkan pembacaan oksigen darah sesuai permintaan, serta pembacaan di latar belakang, siang dan malam.

Aplikasi Tidur pada Apple Watch Series 9 tidak hanya memantau waktu tidur kita saja, aplikasi ini menunjukkan berapa banyak waktu yang dihabiskan dalam REM, Tidur Inti, atau Tidur Lelap, serta perkiraan kapan kita akan terbangun. Perangkat ini juga memiliki sensor inovatif yang mencatat suhu saat kita tidur.

Baca Juga: Rekomendasi Smartwatch 2024 di Bawah Rp1 Juta

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Ketahui 7 Manfaat Menggunakan Face Cream Untuk Wajah

BERIKUTNYA

Jadwal MPL ID S13 Week 7, Laga Derby RRQ Hoshi & Onic yang Dinanti Gamers

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: