Ilustrasi gadget. (Sumber gambar: Unsplash)

Begini Cara Memilih Perangkat Smartphone, Smart Watch & True Wireless Stereo

28 November 2022   |   23:02 WIB

Perangkat gadget merupakan salah satu jenis perangkat yang banyak digunakan oleh masyarakat. Beberapa produk yang masuk sebagai gadget meliputi ponsel pintar (smartphone), jam pintar (smart watch), serta produk audio true wireless stereo (TWS), di mana ketiga produk ini banyak diperjualbelikan di berbagai tempat.

Namun, pemilihan perangkat gadget tidaklah mudah karena ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memilih dan mempertimbangkan pembelian produk-produk gadget yang menunjang gaya hidup seorang individu. Pengamat teknologi dari Gadtorade, Lucky Sebastian, membagikan beberapa cara untuk memilih beberapa perangkat gadget. Simak tipsnya yuk!

Baca: 5 Tip Pintar Memilih Gadget
 

Smartphone

Ponsel pintar kini menjadi bagian dari gaya hidup dan rutinitas masyarakat. Lucky membagikan beberapa kiat untuk memilih dan membeli ponsel pintar yang terdiri dari tiga kategori kelas: entry level, mid range, dan flagship.
  1. Jika memiliki batasan alokasi pengeluaran, beli ponsel flagship karena ponsel jenis ini sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni secara prosesor, layar, fitur dalam ponsel, desain, hingga kamera dan sistem operasi.
  2. Untuk masyarakat yang memiliki alokasi pengeluaran terbatas, ponsel yang dipilih bisa menyesuaikan kebutuhan pengguna dengan fitur terbaik. Misalnya, ponsel untuk gaming bisa memiliki ponsel dengan prosesor tercepat di kelasnya atau ponsel untuk kreator konten bisa menggunakan ponsel dengan spesifikasi kamera terbaik.


Smart watch

Berbeda dengan jam tangan analog, jam tangan pintar memiliki ragam fitur yang lebih dari fungsi utama untuk menunjukkan jam. Produk ini umumnya hadir dengan ragam fitur, misalnya dukungan kesehatan, integrasi dengan ponsel untuk komunikasi, dan fungsi gaya hidup lainnya.
  1. Tentukan preferensi gaya atau model jam pintar, misalnya dari bentuknya yang bulat atau kotak.
  2. Pertimbangkan fungsi jam yang akan dipakai, apakah hanya sekadar menunjukkan jam dan untuk memaksimalkan fitur olahraga atau memiliki sensor yang cukup bagus untuk fungsi kesehatan.
  3. Untuk masyarakat yang bereksperimen dengan fashion, pilih jam pintar yang bisa menyediakan pilihan penggantian strap atau band jam dan warna tampilan.
  4. Jika ingin jam pintar yang bisa terintegarasi dengan ponsel seperti menunjukkan notifikasi, perhatikan jam yang memiliki kemampuan integrasi sesuai dengan jenis ponsel yang dimiliki.
 

True Wireless Stereo (TWS)

Produk TWS identik dengan produk audio yang menggunakan jaringan Bluetooth, misalnya earphone dan headphone. Meski desainnya tidak jauh berbeda dengan produk audio dengan kabel, TWS yang khas dengan fitur nirkabelnya memiliki ragam fitur dan dukungan terutama jika digunakan dalam kondisi tertentu seperti untuk bermain gim dan olahraga.
  1. Tentukan prioritas mendengarkan lagu dan seberapa intens penggunaan TWS, baik earphone maupun headphone. Pahami juga produk teknologi yang akan dibeli dan digunakan.
  2. Pertimbangkan fungsi TWS, apakah untuk berbicara untuk video conference dan/atau hanya untuk mendengarkan musik.
  3. Lihat kualitas produk yang digunakan berdasarkan kondisi rutinitas sehari-hari. Hal ini bisa dilihat dari lokasi bekerja yang cenderung fleksibel dan memiliki kondisi kebisingan di sekitar lokasi. Keputusan ini berdampak pada pemilihan produk dengan fitur khusus, misalnya peredam suara atau noise cancellation yang baik.
Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Takashi Murakami, Seniman Kontemporer Jepang di Balik Karya Flowers

BERIKUTNYA

Chuu Akan Pindah Agensi ke BY4M Studio Pasca dikeluarkan dari LOONA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: