Ilustrasi WhatsApp (Sumber gambar: Christian Wiedig/Unsplash)

WhatsApp Sempat Down, Pengguna Keluhkan Pesan Terus Centang Satu

20 July 2023   |   11:35 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pengguna aplikasi chatting besutan Meta, WhatsApp mengeluhkan sejumlah gangguan pesan yang tak bisa terkirim. Pesan terus mengalami pending dan centang satu dalam periode waktu kurang sekitar satu jam. Akibatnya, pengguna berbondong-bondong menyampaikan keluhan ini melalui media sosial Twitter hingga menciptakan trending topic.

Melansir BNO, gangguan teknis pada WhatsApp ini terjadi pada Kamis (20/7/2023) sekitar pukul 03.25 WIB atau waktu Sore di Amerika Serikat. Website Downdetector memperlihatkan statistik puncak gangguan terjadi pada sekitar pukul 03.00 hingga 04.00 WIB.

Laporan memperlihatkan jumlah terbanyak pengguna yang melaporkan gangguan sebanyak 937 laporan tepat di pukul 03.36 WIB. Setelahnya, statistik laporan gangguan kembali melandai dan normal di pukul 04.00 WIB.

Downdetector juga mencatat sebanyak 64% masalah terbanyak yang dilaporkan adalah kesulitan mengirim pesan. Sementara 28% lainnya terkait dengan gangguan koneksi server dan 8% menyatakan masalah pada aplikasi. Sebagian besar mengeluhkan koneksi karena aplikasi terus menampilkan kata ‘menghubungkan’ dengan logo jam yang menandakan pesan pending.

Namun, aplikasi WhatsApp tetap terbuka seperti biasa. Pengguna juga masih bisa melakukan pengetikan chat dengan kontak si WhatsApp. Hanya saja, pesan terus berada dalam kondisi pengiriman  dan tidak memberi tanda pesan diterima oleh penerima yang ditandai dengan ikon centang dua.

Sekitar 45.000 pengguna WhatsApp melaporkan aplikasi down. Sebanyak 37.000 pengguna WhatsApp di Amerika Serikat melaporkan gangguan ini, sementara 177.000 datang dari Inggris.  

 

Ilustrasi Whatsapp (Sumber foto: Freepik)

Ilustrasi Whatsapp (Sumber foto: Freepik)


Gangguan ini terjadi secara global, meski warga Amerika Serikat yang banyak melaporkan gangguan karena berada pada waktu prime time. Perlu dicatat, kasus ini merupakan kedua kalinya WhatsApp mengalami gangguan dalam satu pekan terakhir.

Kejadian ini langsung bergegas ditangani Meta. Perusahaan di bawah kepemilikan Mark Zuckerberg tersebut mengaku terus berusaha secara maksimal untuk memulihkan permasalahan, baik gangguan berkirim pesan, koneksi ke server, atau pun bug pada aplikasi.

“Kami bekerja dengan cepat untuk menyelesaikan masalah konektivitas dengan WhatsApp dan kami akan memperbarui Anda di sini sesegera mungkin,” ungkap pernyataan WhatsApp melalui akun Twitter resmi @WhatsApp pada Kamis (20/7/2023) Pukul 03.44 WIB.

Kemudian pada pukul 04.46 WIB, WhatsApp mengonfirmasi jika berbagai gangguan tersebut telah ditangan. "Kami kembali, selamat chatting!” ungkap WhatsApp.

Tidak hanya WhatsApp, aplikasi garapan Meta lainnya seperti Instagram juga didera sejumlah gangguan. Instagram mengalami gangguan yang cukup signifikan ditandai dengan statistik laporan yang fluktuatf di website Downdetector.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Anyar yang Bikin Pengguna Lebih Nyaman

Meski demikian, laporan pada Instagram ini tidak mencatat jumlah pelapor yang banyak. Misalnya, terdapat 16 laporan pada hari ini tepat di pukul 09.43 WIB, kemudian catatan menurun menjadi 5 laporan berselang 20 menit dan kembali naik menjadi 11 laporan pada pukul 10.28 WIB.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Merek Kosmetik Lokal Terus Digandrungi, Produk Hybrid Makeup Jadi Incaran

BERIKUTNYA

Kisah Pasangan Suami Istri yang Sukses Produksi Keju Artisan Organik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: