Ilustrasi WhatsApp (Sumber gambar:Unsplash/ Adem Ay Zs)

WhatsApp Siapkan Fitur Anyar yang Bikin Pengguna Lebih Nyaman

09 July 2023   |   17:55 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

WhatsApp versi Beta membawa fitur anyar dengan pembaruan dan fungsi penting bagi para penggunanya. Teknologi baru itu memungkinkan pengguna untuk menyaring pesan atau percakapan secara langsung dalam daftar obrolan sehingga disebut lebih nyaman dari versi sebelumnya.

Seiring bertambahnya jumlah percakapan dan kontak di dalam platform, upaya untuk menemukan dan mengakses percakapan memang menjadi kendala tersendiri bagi penggunanya. Dari sinilah WhatsApp kemudian mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memfilter percakapan di dalam daftar obrolan mereka.

Baca juga: 5 Fakta Threads, Pesaing Baru Twitter Buatan Bos Meta di Instagram

Melalui fitur ini nantinya pengguna akan dapat mengakses fitur pemilteran sesuai keinginan pengguna. Namun, saat ini fitur tersebut sedang dalam pengembangan dan akan diluncurkan pada pembaruan aplikasi di masa mendatang.
 
 


WABetaInfo melaporkan fitur tersebut akan memiliki tiga macam filter di bagian atas daftar obrolan. Adapun kegunaan dari filter itu akan menggantikan tab yang baru saja diganti dengan bilah navigasi baru di bagian bawah yang saat ini masih dikembangkan dalam versi WhatsApp beta untuk Android 2.23.14.17.

Tak hanya itu, filter ini juga akan menyertakan opsi untuk mengatur obrolan berdasarkan pesan yang belum dibaca, percakapan pribadi, dan obrolan terkait bisnis. Meskipun filter ini melayani kategori obrolan tertentu, akan tetapi nantinya ketiadaan filter khusus untuk obrolan grup juga jelas terlihat di fitur tersebut. 

"Obrolan grup memainkan peran penting dalam komunikasi bagi banyak pengguna WhatsApp. Dengan adanya fitur ini nantinya pengguna akan memiliki cara mudah untuk memfilter dan mengaksesnya yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan," tulis keterangan resmi WhatsApp.

Dengan fitur baru ini, WhatsApp akan mengambil langkah lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna platformnya. Selain itu, aplikasi populer ini tampaknya ingin juga memastikan bahwa platformnya tetap menjadi pilihan utama untuk pesan instan dan komunikasi bagi masyarakat secara luas.

Secara keseluruhan, fitur baru ini merupakan tambahan yang disambut baik di platform ini. Mereka nantinya juga akan menambah fitur tampilan bulat untuk memberikan visual yang lebih modern, kemampuan berbagi video berkualitas tinggi, serta baru-baru ini memperkenalkan fitur transfer obrolan melalui kode QR.

Pada Juni 2023 lalu WhatsApp juga meluncurkan fitur foto HD, di mana pengguna bisa berkirim gambar dengan dimensi asli dengan tampilan HD langsung di bagian chat. Pembaruan tersebut juga diharapkan bisa membantu sesama pengguna WhatsApp berbagi media foto dengan lebih nyaman dan kualitas gambar yang lebih baik. 

Baca juga: Cara Pakai MusicGen, Generator Musik AI dari Meta

Adapun fitur tersebut saat ini sudah dapat dinikmati beberapa pengguna WhatsApp Beta di iOS dan Android. Namun, untuk merasakan fitur foto HD ini, pengguna wajib melakukan pembaruan perangkat lunak ke iOS 23.11.0.76 atau Android 2.23.12.13. Sebelumnya, fitur mengenai pengembangan opsi berbagi media sudah pernah dibocorkan oleh WABetaInfo.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

50 Jawaban Teka Teki MPLS terkait Makanan dan Minuman Buat Bekal Siswa

BERIKUTNYA

Hypereport: Ada Fenomena Menarik di Balik Baju Toga Si Kecil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: