New Jeans (Sumber gambar: Instagram.com/newjeans_official)

Fakta-fakta di Balik Lagu ETA - NewJeans, Lirik Bertema Kekecewaan hingga Menuai Kritik

21 July 2023   |   13:37 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Girl group di bawah naungan HYBE Labels, NewJeans baru saja merilis music video terbaru untuk lagu ETA pada Jumat (21/7/2023). Kurang dari satu jam setelah rilis, video terbaru NewJeans itu telah diputar lebih dari 800.000 kali. Sebagaimana diketahui, ETA merupakan bagian lagu dari album terbaru NewJeans bertajuk Get Up.

Bersama dengan lagu ETA, terdapat lima judul lagu lain yang sudah dirilis. Misalnya Super Shy dan New Jeans yang viral di media sosial setelah music video-nya meluncur pada pertengahan Juli 2023. Sebelum ETA, NewJeans juga merilis video Cool With You. Dari enam lagu, hanya lagu bertajuk Get Up dan ASAP yang belum dirilis penuh melalui music video.

Di balik lagu-lagu ceria ala NewJeans, ETA menjadi salah satu lagu yang sarat dengan lirik penuh kekecewaan. Berikut beberapa fakta di balik dari kelompok musik asal Korea Selatan tersebut. 

Baca juga: NewJeans Pecahkan Rekor Dunia, Susul Jungkook BTS & Lisa BLACKPINK
 

1. Menuai Kontroversi 

ETA bisa berarti estimated time arrival atau estimasi waktu tiba. Namun, teori yang beredar di tengah fan berbeda lagi. ETA yang hadir dalam lagu NewJeans dikaitkan dengan tragedi pengeboman yang berkaitan dengan sebuah organisasi di Spanyol.

ETA dianggap berkuasa di wilayah Spanyol pada 1993 hingga 2004. Petinggi ETA bernama Mikel Antza beserta istri dan anaknya diyakini menjadi orang di balik tempat persembunyian bom dan bahan peledak yang digunakan. 

Tak sedikit penggemar yang mengaitkan kecocokan tanggal perilisan lagu ETA dengan peristiwa penting organisasi ETA. Di mana NewJeans merilis lagu ini pada 21 Juli, tepat dengan kejadian pembunuhan dua orang oleh ETA di tanggal yang sama. Hal ini yang menjadi kritik karena diasosiasikan dengan organisasi teroris. 
 

2. Lagu Tentang Kekecewaan

Di balik kritikan tersebut, sebetulnya NewJeans mengusung konsep lagu sedih dan kecewa dalam penggalan liriknya. Lirik lagu ETA menyiratkan kekecewaan seorang wanita kepada pria yang kerap berbohong dan mengkhianati cinta. ETA juga menyematkan banyak lirik yang berkaitan dengan janji manis dari sosok pria kepada wanita.

Namun seperti biasa, NewJeans tetap membalut lagu yang sirat kekecewaan ini dengan irama yang up beat. Bahkan di sepanjang video, NewJeans tampak menari dengan setting yang berwarna, dihiasi confetti, dan bernuansa menyenangkan ala pesta musim panas di pinggir kolam renang.
 

3. Kolaborasi dengan Apple

Music video ETA menjadi kolaborasi khusus yang dibuat NewJeans bersama Apple. Dalam deskripsi video tersebut, tertulis jika seluruh gambar di music video ETA ini diambil menggunakan kamera iPhone 14 Pro. Sementara Min Hee-jin dan Wooseok Shin menjadi otak di balik tampilan music video NewJeans yang penuh warna.

Min Hee-jin merupakan direktur utama dari ADOR, anak perusahaan dari HYBE Corporation yang juga membawahi NewJeans. Dia juga seorang penata seni dan perancang grafis.

Hee-jin pernah dinobatkan dalam penghargaan besar, seperti MAMA Awards sebagai produser Breakout. Begitupula Wooseok Shin yang namanya telah dikenal sebagai penulis dan sutradara film indie ternama di industri periklanan Korea Selatan.

Baca juga: 5 Fakta Kolaborasi McDonalds x NewJeans, Desain Kemasan hingga Stiker Khusus
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

20 Lagu K-Pop Terbaik yang Mendunia Menurut Rollingstone

BERIKUTNYA

5 Cara Mudah Mengoptimalkan Performa Smartphone Android

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: