NewJeans, grup wanita asuhan ADORE, anak usaha HYBE. (Sumber gambar: Twitter/NewJeans)

NewJeans Pecahkan Rekor Dunia, Susul Jungkook BTS & Lisa BLACKPINK

08 May 2023   |   09:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Popularitas girl group asal Korea Selatan, NewJeans, di kancah musik dunia memang tidak perlu diragukan lagi. Lagu mereka cukup menghipnotis para penikmat musik di semua kalangan, sekalipun bukan dari pecinta K-Pop. Karya-karya grup asuhan ADOR, anak usaha HYBE ini pun mendapat rekor dunia. 

Ya, NewJeans berhasil mencetak rekor dunia pertama mereka sebagai artis K-Pop tercepat yang pernah mencapai 1 miliar streaming di Spotify. Penghargaan itu diberikan Guinness World Records. 

NewJeans hanya membutuhkan waktu 219 hari untuk memecahkan rekor dunia tersebut. Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein berhasil memecahkan rekor 1 miliar streaming pada 8 Maret 2023. 

Baca juga: Monster K-Pop Generasi 4, NewJeans Buat Sejarah Baru di Billboard
 

Prestasinya semakin mengesankan mengingat NewJeans hanya memiliki enam lagu yang tersedia di Spotify pada saat itu. Empat lagu dari album mini (EP) debut mereka NewJeans, yakni Attention, Hype Boy, Cookie, dan Hurt. Dua lagu dari album tunggal mereka OMG yaitu Ditto dan OMG.

Selain NewJeans, seniornya di HYBE, Jungkook BTS juga memegang Guinness World Record untuk solois K-Pop pria tercepat yang mencapai 1 miliar streaming di Spotify. Sementara Lisa BLACKPINK memegang rekor solois K-pop wanita tercepat.

Pada awal tahun ini, NewJeans juga menjadi artis tercepat yang mendapatkan banyak entri di tangga lagu Billboard melalui lagunya, OMG. Billboard mencatat bahwa lagu terbaru NewJeans itu debut di No.91 Hot 100 atau peringkat mingguan untuk lagu paling populer di Amerika Serikat.

Dengan demikian, selain menjadi grup K-Pop tercepat dalam sejarah yang memasuki Hot 100, NewJeans menjadi artis K-pop tercepat yang mendapatkan banyak entri di tangga lagu ini. Mereka juga menjadi grup K-pop ketiga yang pernah masuk Hot 100 dengan lebih dari satu lagu, mengikuti BTS dan BLACKPINK.
 

Adapun, album OMG yang dirilis bersamaan dengan single berjudul sama pada 2 Januari 2023, telah mencapai 800.000 pre-order. Sebelumnya, NewJeans sempat mencetak rekor sejarah baru pemesanan album dalam sejarah girl group di Korea Selatan melalui EP mereka, NewJeans yang mencapai 450.000 pesanan. Album debut tersebut menampilkan empat lagu, yakni Attention, Hype Boy, Cookie, dan Hurt.

NewJeans tercatat memiliki anggota dengan beragam kebangsaan, antara lain Korea, Vietnam, dan Australia, dengan yang tertua berusia 18 tahun dan yang termuda berusia 14 tahun. Keempat anggotanya yakni Minji (2004, Korea), Hanni (2004, Vietnam-Australia), Danielle (2005, Korea -Australia), Haerin (2006, Korea), dan Hyein (2008, Korea). 

Para anggota sendiri tidak ada posisi resmi atau leader dalam NewJeans. Semua anggota bisa mengambil sebagai vokalis, rapper, dancer, dan leader. Mereka identik sebagai girl group dengan konsep girly dan menggemaskan dengan gaya busana kasual. Dari empat lagu yang sudah dirilis, NewJeans identik dengan genre musik pop dan R&B dengan alunan nada yang khas. 

Baca juga: Daftar Member NewJeans yang Jadi Brand Ambassador Louis Vuitton Hingga Burberry

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Resep Nasi Goreng Cumi, Menu Bergizi Sarapan Pagi untuk Keluarga

BERIKUTNYA

Sejarah Hari Palang Merah Internasional yang Diinisiasi Jean Henry Dunant

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: