Video klip Gee dari Girl Generation. (Sumber gambar: SM Entertainment)

20 Lagu K-Pop Terbaik yang Mendunia Menurut Rollingstone

21 July 2023   |   15:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tidak bisa dipungkiri, industri musik Korea Selatan atau K-Pop telah merevolusi konsumsi musik global. Musisi-musisi dari Negeri Ginseng mampu menantang dominasi musisi barat yang telah berjaya selama beberapa dekade. Beberapa lagu dari grup-grup Asia telah dianugerahi predikat terbaik oleh media ternama, Rollingstone.

Dalam deretan panjang prestasi, BTS dan Blackpink telah mengepakkan sayap popularitas di berbagai negara, mengumpulkan penggemar yang tak terhitung jumlahnya. Lagu-lagu mereka telah merajai tangga lagu dan meraih beragam penghargaan atas karya luar biasa yang telah mereka hasilkan.

Baca juga: BTS, Epik High & TWICE Masuk Daftar 50 Lagu Terbaik 2021 versi Rolling Stone

Meski demikian, daftar 100 lagu K-Pop terbaik yang dikeluarkan oleh Rollingstone menghadirkan kejutan dengan pemilik lagu nomor satu yang tak berasal dari kedua grup tersebut.

Simak urutan dari posisi 20 hingga juara satu dari 100 lagu K-Pop terbaik yang mendunia versi Rollingstone.
 

1. Tears of Mokpo dari Lee Nan Young (1935)

Tears of Mokpo menjadi lagu terbaik urutan 20 dalam daftar Rollingstone. Lee Nan Young adalah salah satu satu penyani dari Negeri Ginseng yang paling terkenal pada era 1930 – 1940an.

Lagu ini direkam ketika Korea Selatan diduduki oleh Jepang. Dengan lagu ini, maka sang penyanyi menyampaikan pesan kepada orang-orang di negaranya yang mengalami penjajahan untuk kuat dan berani.

Genre balada dan vokal sang penyanyi dalam melantunkan nada-nada membuat Tears of Mokpo begitu romantis dan nasionalistis. Skala penatonik menambahkan sentuhan sedih terhadap lirik yang dinyanyikan dari sudut pandang seorang pengantin muda yang merindukan sang suami yang mungkin tidak akan pernah kembali.
 

2. Ditto dari NewJeans (2022)

Di urutan 19 lagu terbaik dalam daftar Rollingstone terdapat lagu berjudul Ditto yang dinyanyikan oleh girl group NewJeans. Single ini dinilai sebagai lagu pop yang keren dan dibangun dari klub dan garasi Baltimore yang santai.

Dengan harmoni vokal yang disajikan, maka lagu ini akan mengingatkan para pendengarnya dengan girl group klit hitam Amerika Serikat era Y2K. Ditto adalah sebuah karya tentang rasa cinta yang dimiliki oleh remaja terhadap lawan jenisnya.
 


3. No.1 dari BoA (2001)

Di posisi 18 terdapat lagu berjudul No. 1 dari BoA sebagai lagu terbaik dalam daftar Rollingstone. Lagu ini menampilkan koreografi yang akan mengingatkan banyak orang terhadap Max Martin dan memiliki vokal R&B yang dinilai polos.

BoA memulai debut sebagai idola bagi para pencinta musik pada 2000 ketika berusia 13 tahun. Dia adalah seorang penyanyi dan penari. Tidak hanya di Korea Selatan, BoA juga terkenal di Jepang. Sejumlah lagunya dinyanyikan dalam bahasa Inggris dan Mandarin selain Jepang dan Korea Selatan.


4. 4 Walls dari f(x) (2015)

Lagu terbaik selanjutnya yang masuk dalam daftar Rollingstone adalah 4 Walls dari f(x). Lagu ini mewakili bentuk  yang paling berkembang dari K-Pop dengan EDM-pop.

Lagu dari grup yang debut pada 2009 silam itu memiliki beat yang gemerlap dan house chord yang diproduksi oleh LDN Noise. Lagu yang bercerita tentang cinta sebagai tempat berlindung itu juga menjadi pembuka bagi girl group lainnya menciptakan hits dance floor-ready yang lembut.

Synth yang terdapat di dalam 4 Walls langsung dikenali oleh banyak klub di seluruh dunia lantaran mirip seperti Toxic yang dinyanyikan Britney Spears dan Show Me Love dari Robin S.


5. Lucifier dari SHINee  (2010)

Di posisi 16 ada lagu Lucifier dari SHINee yang rilis pada 2010 silam. Boy group ini paling dihormati lantaran konsep produksi dan kinerja yang dilakukan kerap melampaui batas. Estetika berani tersebut dicontohkan lagu ini.

Refrain yang dinyanyikan secara serempak dalam lagu ini langsung menyatu. Kemudian verse dan post-chorus memungkinkan setiap anggota untuk menampilkan kepribadian individu.


6. TT dari Twice (2016)

Lagu terbaik lainnya dalam daftar Rollingstone adalah berjudul TT dari girl group bernama Twice. Lagu ini akan membuat banyak pendengar merindukan masa-masa remaja yang sempurna sebagai sebuah seni.

Mereka menampilkan emosi cemberut, sakit, dan mendesah yang akan membawa penggemarnya merasakan emosi seperti menaiki rollercoaster dengan synth yang naik dan turun. Tidak hanya itu, ketukan ceria yang tersaji juga menandakan terdapat harapan di tengah rasa kecewa dan khawatir. Lagu ini disebut sebagai salah satu hit terbaik dari mereka.


7. Beautiful Woman dari Shin Joong Hyun dan Yup Juns (1974)

Shin Joong Hyun dikenal sebagai godfather rock Korea. Dia adalah pelopor penting dalam perkembangan musik pop di Negeri Ginseng itu. 
Beautiful Woman adalah lagu dari debutnya ketika bersama dengan band Shin Joong Hyun and Yup Juns. Lagu ini menjadi fenomena, sehingga mendapatkan julukan sebagai Lagu Favorit 30 Juta Orang (Populasi Korea Selatan pada saat itu).

Keunggulan lagu ini adalah riff gitar yang menarik dan lirik yang sederhana. Namun, mudah diingat. Lagu klasik era 1970an itu berhasil menggabungkan rock dan soul psikedelik barat dengan lirik Korea, sehingga menampilkan kemungkinan tidak terbtas dari musik rock gaya Negeri Ginseng.

Baca juga: Hypereport: Kpopers, Dimulai dari Fandom hingga Kekuatan Nyata Media Sosial
1
2


SEBELUMNYA

Pengen Nonton Teater Ala Broadway? Yuk Saksikan Drama Chocolate Factory The Musical di Ciputra Artpreneur 

BERIKUTNYA

Fakta-fakta di Balik Lagu ETA - NewJeans, Lirik Bertema Kekecewaan hingga Menuai Kritik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: