Aktris Sitha Marino berperan sebagai Tantri dalam film Mantra Surugana (Sumber gambar: Peregrine Studios)

Tayang 27 Juli, Cek Dulu 7 Fakta Menarik di Balik Film Horor Mantra Surugana

20 July 2023   |   13:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Arti Nama Surugana
Cerita film Mantra Surugana berangkat dari narasi sejarah budaya kuno masyarakat Sunda. Jauh sebelum masuknya agama, masyarakat di Tanah Pasundan telah lebih dulu mengenal mantra sebagai pujian untuk mengharapkan hal-hal kebaikan.

Namun, seiring waktu, mantra tersebut juga mulai dibuat dan dirapalkan untul hal-hal yang buruk dengan bantuan iblis. Kata 'surugana' sendiri diambil nama iblis yang dipercaya kehadirannya oleh masyarakat Sunda. Iblis tersebut dipercaya sebagai pembawa hal-hal buruk seperti mendatangkan sakit.

Chief Executive Producer Peregrine Studios Ervina Isleyen menjelaskan, nama iblis yang dimaksud sebenarnya Hurugana. Namun, menurut konsultan bahasa atau sejarah Sunda kuno yang memang terlibat dalam penggarapan film ini, nama asli tersebut disarankan untuk tidak gunakan karena ditakutkan akan mengundang hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

"Karena memang mereka masih percaya bahwa ketika nama itu dipanggil, maka iblis itu akan hadir. Hurugana itu iblis yang menempati ruang-ruang gelap khususnya hati manusia yang gelap tetapi iblis ini tidak bisa menyentuh orang itu sendiri," jelasnya.

5. Angkat Elemen Budaya Sunda Kuno
Lantaran mengangkat budaya Sunda kuno, film horor ini pun akan banyak menampilkan adegan ritual yang berkaitan dengan pengucapan mantra menggunakan bahasa Sunda kuno. Selain itu, elemen budaya Sunda lain yang hadir juga adalah penggunaan music scoring khas dari Tanah Pasundan.

"Untuk scoring, kami pakai elemen musik seperti rebab, karinding, dan gendang sunda. Sesuatu yang jarang dipakai di film kedaerahan yang biasanya mengangkat tarian. Kami ambil angle lain," kata sutradara Dyan Sunu Pratowo.

Selain itu, soundtrack dari film ini, Mantra Surugana, yang dinyanyikan oleh Sara Fajira juga kental dengan kultur Sunda. Seperti filmnya, lagu ini juga berkisah tentang mantra Sunda kuno yang meneror dan membuat banyak hal buruk datang ke kehidupan seseorang, seperti mimpi buruk, kutukan, tragedi dan bahkan terjerumus ke dalam kesengsaraan jiwa.
 



6. Tampilkan Aktor & Aktris Muda
Sebagian besar pemain film ini merupakan aktor dan aktris muda sebut saja Sitha Marino, Messi Gusti, Cindy Nirmala, Rania Putrisari, Fergie Brittany, Shabrina Luna, Rafael Adwel, Dewa Dayana, dan. Yusuf Mahardika. Selain itu, ada pula aktor senior Arswendy Bening Swara, Tegar Satrya dan Mike Lucock.

Ada alasan tersendiri mengapa sebagai sutradara, Sunu cenderung menampilkan para aktor dan aktris muda dalam film garapannya kali ini. Selain memang mengangkat kisah tentang anak muda, dia juga ingin memberikan ruang yang luas bagi para aktor muda berbakat untuk bisa berkarya dan muncul ke permukaan industri film.

Menurut Sunu, sebagai pemain, para aktor dan aktris yang terlibat dalam film ini telah melakukan tugasnya dengan baik dan totalitas, sehingga mereka mampu mengimbangi sajian teknik horor yang memang telah dirancang olehnya dan tim. Adapun, proses penggarapan film ini sebanyak 75 persen merupakan praktikal baru sisanya didukung oleh teknologi computer generated imagery (CGI).

"Jadi banyak kolaborasi antara departemen visual dan menciptakan treatment [horor] yang berbeda," katanya.

Baca juga: Rekomendasi Film Bioskop Juli 2023, Ada Kisah Horor Tari Kematian
 
7. Tantangan Cuaca saat Syuting
Sunu juga mengatakan salah satu tantangan utama dalam menggarap film ini adalah terkait kondisi cuaca yang ada di Ciloto, Puncak, Jawa Barat, sebagai lokasi syuting. Bertepatan dengan musim hujan, tak jarang mereka harus syuting dalam keadaan cuaca yang sangat dingin disertai angin.

Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

Memahami Slow Living, Ide Besar dari Carlo Petrini yang Mengubah Banyak Hal

BERIKUTNYA

Cek Daftar Biang Kerok Pencetus & Gejala Asma yang Ganggu Kualitas Hidup Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: