Asus ROG Ally (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

3 Jenis Game yang Lagi Populer Versi Asus, Mana Favorit Kalian?

14 July 2023   |   19:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Industri game dalam beberapa tahun terakhir berjalan begitu dinamis. Setiap tahunnya selalu muncul tren-tren baru. Seiring perubahan tersebut, perilaku gamers dan preferensi mereka dalam memainkan jenis gim tertentu juga berubah.

Darien Theodric, Indonesian Gaming Product Manager Asus mengatakan bahwa saat ini terdapat tiga jenis game yang sedang jadi tren sepanjang 2023. Tiga gim ini sedang jadi perbincangan hangat karena disukai mayoritas gamer di dunia. “Ketiga jenis gim tersebut adalah free to play, subscription, dan streaming,” ungkap Darien dalam konferensi pers peluncuran Asus ROG Ally di Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Rilis Juli 2023, Ada Gylt dan Oxenfree 2: Lost Signals

Tiga jenis gim ini disukai karena menawarkan karakteristik permainan dan keseruan yang berbeda-beda. Mari kita bedah.


1. Gim Free to Play

Tak bisa dipungkiri, gim jenis ini punya pesona yang kuat di industri permainan. Sesuai dengan namanya, free to play bisa dimainkan secara gratis. Lantaran bisa dimainkan cuma-cuma, maka tidak
mengherankan jika jumlah pemain gim ini masuk ke dalam tiga besar.

Ada beberapa gim populer yang ada di jenis ini. Beberapa di antaranya adalah Mobile Legends, Fortnite Battle Royale, hingga Apex Legends. Pengguna gim ini diberi keleluasaan untuk mengekplorasi permainan secara gratis.

Namun, biasanya ada beberapa item tertentu yang tidak dibagikan dan hanya bisa didapatkan dengan membayar. Akan tetapi, hal itu tidak memengaruhi gameplay.
 

Asus ROG Ally (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Asus ROG Ally (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

2. Gim Subcription

Kategori game ini juga banyak dimainkan karena menawarkan keseruan berbeda. Model gim yang sudah ada sejak 1980 ini tetap eksis hingga sekarang. Gamers yang ingin memainkan gim ini perlu membayar dan berlangganan.

Ada beberapa game subscription yang cukup populer, seperti PlayStation Plus, Switch Online, hingga Game Pass. Dengan berlangganan gim ini, gamer akan mendapatkan sejumlah gim ekslusif yang hanya ada di platform langganan tersebut.
 

3. Gim Streaming

Termasuk juga cloud gaming, gim streaming cukup mencuri perhatian beberapa waktu belakangan ini. Gim ini bisa dimainkan secara streaming melalui server jarak jauh di pusat data. Ada beberapa layanan Cloud Gaming yang sedang ramai di pasaran, seperti PlayStation Now, XBOX Game Pass, hingga Jump.

Setiap gim ini biasanya hanya bisa dimainkan di satu perangkat berdasarkan jenisnya. Hal ini membuat para gamers yang memiliki keterbatasan perangkat hanya bisa memainkan satu jenis gim. Sampai saat ini, memang sulit menemukan perangkat yang mampu menerjang berbagai jenis gim sekaligus.

Padahal, laporan Newzoo mengungkap bahwa pertumbuhan gamers yang bermain lebih dari dua platform cukup tinggi. Jika ditotal, gamers yang memainkan lebih dari satu platform sudah 47 persen atau hampir separuhnya.

Baca juga: Tren Perilaku Gamers 2023, Udah Enggak Zaman Main di Satu Platform
 

Asus ROG Ally (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Asus ROG Ally (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Asus ROG Ally

Dengan tren seperti ini, Darien berharap Asus ROG Ally yang pertama kali muncul pada April lalu bisa diterima dengan baik oleh publik. PC Gaming Handheld ini mengandalkan sistem operasi Windows 11 sehingga diklaim bisa jadi solusi untuk memainkan berbagai jenis gim sekaligus hanya dari satu perangkat.

“Ini adalah device yang begitu inklusif.  Asus ROG Ally bisa memainkan banyak gim dari banyak platform,” imbuhnya.

Saat ini, Asus ROG Ally telah resmi meluncur ke Indonesia. Ada dua varian yang dihadirkan. ROG Ally Z1 dibanderol dengan harga Rp10.099.000, sedangkan ROG Ally Z1 Extreme di harga Rp11.299.000.

Dua perangkat ini memiliki fitur dan kecanggihan yang serupa. Perbedaannya hanya terletak pada chipset yang dipakai. ROG Ally Z1 menggunakan Ryzen Z1. Chipset ini dibekali prosesor Zen 4 yang terdiri dari 6 core, 12 threads, dan 3 unit pengolah grafis berbasis RDNA 3. ROG Ally Z1 Extreme memakai Ryzen Z1 Extreme. Chipset ini dibekali CPU Zen 4 dengan 8 core, 16 thread, dan 12 unit GPU RDNA.

Baca juga: Selain Night Security, Cek 5 Game Horor Buatan Chilla’s Art yang Juga Populer

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cara Menerapkan Slow Fashion, Lebih Hemat dan Berkelanjutan

BERIKUTNYA

5 Game Psikologi Horor Terpopuler Buatan Emika Games

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: