Asus ROG Ally (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Tingkatkan Kenyamanan, ASUS ROG Ally Gunakan Sistem Teknologi Pendingin Canggih

23 June 2023   |   14:27 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bertenaga Windows 11 dan Prosesor AMD Ryzen Z1 Series terbaru, ASUS ROG Ally dapat memainkan gim dari berbagai platform, bahkan dapat melibas gim berjenis AAA dengan optimal. Kemampuan ini membuat ROG Ally jadi salah satu portable gaming console paling fleksibel.

Sebab, perangkat gaming ini bisa digunakan untuk memainkan semua game dari berbagai platform ternama seperti Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy, serta Ubisoft Connect. Terlebih, ROG Ally memungkinkan gamer untuk menikmati game AAA secara portabel, terhubung ke televisi, atau difungsikan layaknya sebuah PC desktop menggunakan GPU eksternal ROG XG Mobile.

Baca juga: Cek Spesifikasi & Harga Asus ROG Ally yang Sudah Resmi Meluncur di Indonesia

Meski berperforma kencang, perangkat ini diklaim tidak cepat panas saat digunakan. Alasannya, portable gaming console terbaru ASUS ini telah dibekali teknologi sistem pendingin yang canggih.
 

Asus ROG Ally  (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

ASUS ROG Ally (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Technical Public Relations ASUS Indonesia Riandanu Utomo mengatakan gawai ini telah memiliki intelligent cooling yang membuat pengguna bisa tetap nyaman bermain gim tanpa khawatir suhu perangkat naik secara drastis.

ASUS ROG Ally telah dibekali anti-gravity thermal system. Teknologi ini membuat performa pendinginnya bisa selalu optimal meski perangkat digunakan di berbagai orientasi, seperti miring ke kanan atau miring ke kiri.

Anti-gravity thermal system di ROG Ally disokong oleh dua komponen utama, yaitu anti-gravity heatpipe dan fluid dynamic bearing,” jelas Riandanu Utomo.

Anti-gravity heatpipe yang ada di ROG Ally berbeda dengan heatpipe yang biasa ditemukan di laptop. Berkat adanya sistem khusus, cairan yang mengalirkan panas tetap dapat mengalir meski harus melawan gravitasi.

ROG Ally juga dibekali dengan fluid dynamic bearing di setiap kipasnya. Fluid dynamic bearing memungkinkan kipas dapat beroperasi secara optimal di berbagai skenario penggunaan. Kipas tersebut juga dirancang agar tidak mudah tersangkut saat ROG Ally digunakan di berbagai orientasi.
 

Asus ROG Ally  (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

ASUS ROG Ally (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Sementara untuk menjaga performa pendinginan dalam jangka waktu panjang, ASUS telah membekali ROG Ally dengan filter debu khusus di bagian kipasnya. Filter debu ini melingkupi kedua ventilasi masuknya udara.

Hal itu akan menjaga perangkat dari benda asing yang bisa masuk ke kipasnya. Debu yang lebih sedikit tentu akan membuat pendinginan lebih efisien dan optimal dalam durasi yang lebih lama.

ASUS juga telah menerapkan zero distraction. Ketika handhelds lainnya di pasar memilih hanya memiliki satu kipas, konsol ini memiliki dua kipas. Hal ini membuat sistem pendinginan lebih baik pada kecepatan yang lebih rendah sehingga dapat menjaga tingkat kebisingan seminimal mungkin. Dual kipas akan menjaga mesin dan sisnya agar lebih adem. Hal ini akan membuat perangkat lebih nyaman digenggam.

Pendinginan dari ROG Ally juga dilakukan berkat adanya dua heatsink, yakni alat pengendali panas pasif yang bisa menyerap panas yang dihasilkan oleh komponen lain di dalam perangkat. Masing-masing heatsinks dilapisi fins aluminium yang ultra tipis, yakni 0,1mm. Fins yang tersebut akan menghilangkan panas dengan lebih baik.

Sebagai informasi, perangkat ROG Ally yang hadir di Indonesia memiliki dua opsi prosesor. Untuk prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, dapat ditebus dengan harga Rp11.299.000. Adapun untuk perangkat dengan prosesor Ryzen Z1 dibanderol dengan harga Rp10.099.000. Sesi pra-pesan akan dimulai pada 27 Juni 2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Puing Kapal Selam Tur Bangkai Titanic Ditemukan, Begini Kata OceanGate

BERIKUTNYA

Serba-serbi Titan OceanGate: Hilangnya Biliuner, Kontroler Logitech F710, dan Jejak Kapal Selam Tur Titanic

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: