Ilustrasi kecanggihan chipset terbaru AMD (Sumber gambar: amd.com)

Cek Spesifikasi Chipset Terbaru AMD Ryzen Z1 Series, Bakal Dipakai Asus ROG Ally

27 April 2023   |   13:19 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Advanced Micro Devices (AMD), perusahaan prosesor komputer berbasis di Amerika Serikat kembali meluncurkan chipset terbaru mereka. Tak tanggung-tanggung, AMD merilis dua chipset sekaligus yang diberi nama AMD Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme.

Kedua chipset tersebut masuk ke dalam kategori Ryzen Z1 Series. Chipset andalan baru dari AMD tersebut bakal mentenagai sejumlah konsol game portable teranyar, salah satunya adalah Asus ROG Ally.

Baca juga: Tren Gim Bertema Religi Jadi Wadah Belajar Anak-anak

Ya, Konsol game pertama dari Asus itu bakal ditenagai prosesor Ryzen Z1 Extreme. Prosesor baru ini diklaim bakal menawarkan pengalaman gaming terdepan dan memiliki daya tahan baterai tanpa kompromi. Grafis terbaik berbasis arsitektur AMD RDNA pun akan menjadi pengalaman seru saat bermain gim.

“Di AMD, kami terus meningkatkan pengalaman gaming generasi berikutnya, dari konsol hingga desktop
hingga perangkat genggam on-the-go,” kata Jason Banta, Corporate Vice President and General Manager, Client OEM, AMD, dalam keterangan tertulisnya.
 

Spesifikasi Chipset Ryzen Z1 Series

 

cc

Ilustrasi kecanggihan chipset terbaru AMD (Sumber gambar: amd.com)


Chipset Ryzen Z1 Series mengandalkan prosesor dengan arsitektur terbaru Zen 4 yang memukau. Grafis berbasis arsitektur AMD RDNA 3 sudah terpasang langsung. Hal ini membuat gamer akan memiliki kekuatan bertenaga untuk memainkan game modern yang intensip dengan tampilan yang lebih mulus.

Seri AMD Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme sebenarnya sudah sama-sama memiliki spesifikasi mumpuni. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan di sejumlah sisinya.

AMD Ryzen Z1 misalnya. Chipset ini ditenagai 6 core CPU Zen 4 dengan 12 threads. Untuk graphics-nya sudah memakai 12 AMD RDNA 3 compute units dengan cache 24 MB.

Adapun AMD Ryzen Z1 Extreme memiliki 8 core CPU Zen 4 dengan 16 threads. Untuk graphics-nya ditenagai 4 AMD RDNA 3 compute units dengan cache 22 MB.

Setiap prosesor AMD Ryzen Z1 Series mendukung USB4 untuk konektivitas yang cepat dan mudah untuk perangkat penyimpanan dan layar eksternal terbaru, serta standar memori LPDDR5 dan LPDDR5X terbaru.

Pengguna juga masih dapat mengoptimalkan game play dengan AMD Software, seperti Adrenalin Edition yang memanfaatkan fitur termasuk AMD Radeon Super Resolution 2, Radeon Chill, Radeon Image Sharpening 3, AMD Link 4 dan banyak lagi. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan kinerja, peningkatan frame rate dan daya responsif, sekaligus membantu memperpanjang daya tahan baterai.

Dengan kompatibilitas untuk Windows 11 dan sistem operasi lainnya, perangkat ini juga akan menghadirkan berbagai aplikasi dan game Windows 11. Gamer dipastikan akan memiliki akses ke ratusan game PC melalui Xbox Game Pass Ultimate (dijual terpisah) dan akses tanpa kendala ke ragam pilihan game.

Dibangun pada arsitektur x86 dan siap untuk Windows 11, pengguna perangkat Ryzen Z1 Series juga akan memiliki akses ke software produktivitas dan sosial yang populer. Perangkat Ryzen Z1 juga dilengkapi dengan teknologi manajemen daya pintar yang memungkinkan mereka untuk bermain game dan menjalankan aplikasi ini dengan baik dengan daya tahan baterai yang lama.

AMD memastikan Chipset Ryzen Z1 Series akan tersedia pertama kali pada perangkat Asus ROG Ally. Namun, terkait dengan ketersediaan dan peluncurannya, pihaknya meminta semua pihak untuk menunggu pengumuman dari Asus pada 11 Mei nanti.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Asyik, Black Mirror Musim Keenam Siap Tayang di Netflix Juni 2023

BERIKUTNYA

Aksi Marselino Ferdinan di KMSK Deinze, Nyanyi Bareng Suporter Hingga Pidato

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: