Twitter terapkan kebijakan bagi hasil. (Sumber gambar : Freepik)

Twitter Bagi Cuan Hasil Iklan ke Kreator Konten, Begini Syaratnya

14 July 2023   |   11:27 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Elon Musk resmi menerapkan sistem bagi hasil iklan di Twitter untuk para kreator konten. Tawaran monetisasi ini menjadi menarik ketika banyak pengguna di aplikasi burung biru itu beralih ke Threads, setelah ramai-ramai menyampaikan keluhan adanya tarif berbatas atau rate limit.

Sejatinya rencana bagi hasil iklan di Twitter sudah disinggung Musk pada Februari lalu, tetapi baru hari ini resmi diberlakukan. “Kejutan! Hari ini kami meluncurkan program Bagi Hasil Iklan Kreator,” tulis laman resmi Twitter yang di-retweet Musk, Jumat (14/7/2023). 

"Dengan adanya kebijakan baru ini, kreator dapat memperoleh bagian dari pendapatan iklan. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk membantu orang mencari penghasilan secara langsung di Twitter,” bunyi postingan Twitter.

Baca juga: Elon Musk Ungkap Alasan Kebijakan Rate Limit Twitter yang Bikin Kontroversi
 

Kendati demikian, tidak semua pengguna bisa mendapat monetisasi dari iklan Twitter. Program bagi hasil hanya tersedia untuk pengguna yang berlangganan Twitter Blue atau organisasi terverifikasi dengan setidaknya lima juta tayangan posting dalam 3 bulan terakhir. Kontennya harus populer sehingga muncul iklan di balasan tweet mereka. 

Pengguna juga harus lulus tinjauan verifikasi dan mematuhi kebijakan langganan kreator perusahaan. Twitter kemudian akan membayar pengguna yang memenuhi syarat menggunakan akun Stripe. 

Kreator dapat mengajukan Langganan Kreator dan Pembagian Pendapatan Iklan Kreator dengan mengakses Monetisasi di pengaturan mereka. 
 

Dalam unggahan Tom Warren, senior editor The Verge, dia mendapatkan notifikasi mengenai bagi hasil iklan di Twitter. Disebutkan bahwa uang hasil iklan tersebut akan diberikan dalam 72 jam ke depan.

Sementara itu, Twitter mengatakan akan meluncurkan program ini secara masif pada akhir Juli 2023 dan semua kreator yang memenuhi syarat dapat mendaftar. Pembagian pendapatan iklan kreator akan tersedia di semua negara yang didukung layanan keuangan Stripe. 
 

Syarat Bagi Hasil Iklan Twitter 

  1. Berlangganan Twitter Blue atau Organisasi Terverifikasi
  2. Memiliki 5 juta tayangan pada tiap postingan dalam 3 bulan terakhir.
  3. Lulus tinjauan verifikasi untuk Standar Monetisasi Kreator. Standar yang berlaku seperti usia 18 tahun ke atas, profil asli dan lengkap, aktif di Twitter dalam 3 bulan terakhir hingga memiliki minimal 500 follower aktif.


Syarat Setelah Disetujui 

  1. Punya akun Stripe. Twitter bekerja dengan Stripe untuk pembayaran dan akan memasukkan pengguna ke grup kreator pertama yang telah mendaftar untuk Langganan Kreator. 
  2. Wajib mematuhi kebijakan Langganan Kreator Twitter.

Baca juga: Kenalan dengan xAI, Perusahaan Kecerdasan Artifisial Anyar Buatan Elon Musk 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Jelang Peluncuran Album Ketiga, NCT Dream Merilis MV Teaser ISTJ

BERIKUTNYA

Hiatus 10 Tahun, Ario Bayu Kembali ke Panggung Teater lewat Pertunjukan Ariyah Dari Jembatan Ancol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: