Ruang pameran TeamLab di Jepang (Sumber gambar: TeamLab/Instagram)

Selain Van Gogh Alive The Experience Jakarta, Ini 10 Pameran Imersif Paling Populer di Dunia

14 July 2023   |   09:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Atelier des Lumieres (Paris)


Atelier des Lumieres merupakan museum seni digital yang digagas oleh sebuah yayasan kebudayaan di Prancis bernama Culturespaces, pada 2018. Museum ini menawarkan pengalaman pameran seni imersif megah yang menampilkan mahakarya dari sejumlah seniman dunia seperti Leonardo da Vinci, Egon Schiele dan Gustav Klimt.

Memiliki misi membuat seni lebih mudah diakses oleh masyarakat berbagai kalangan, museum ini menciptakan pengalaman seni digital yang inklusif dengan kehadiran video, musik, dan fitur-fitur interaktif. Selain di Prancis, museum ini juga hadir di sejumlah negara seperti Korea Selatan, Dubai, dan Amerika Utara.
 

7. Artchouse (Miami)


Galeri seni imersif Artechouse pertama kali dibuka pada 2017 di Washington, DC dan sekarang hadir juga di Miami dan Kota New York. Ruang seni digital ini menampilkan karya-karya seni yang berpengaruh teknologi dan pengalaman imersif. Eksibisi ini menggabungkan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk merangsang indera para pengunjung dengan pengalaman tak biasa serta berinteraksi langsung dengan karya-karya seni yang ditampilkan. 
 

8. Wisdome LA (Los Angeles)


Wisdome LA dibuka pada 2019 dengan menampilkan pameran seni visual Samskara. Dibuat oleh seniman digital Android Jones, pameran ini menampilkan 70 karya dalam sembilan format bereda mulai dari kanvas digital, patung dinamis, hingga pertunjukan langsung (live performance).

Memiliki luas 35.000 meter persegi, Wisdome LA merupakan taman seni hiburan dengan lima kubah besar yang menawarkan pengalaman subjektif sensorik dalam menikmati karya seni kepada pengunjung. Menyajikan sebuah narasi yang mengajak pengunjung hanyut dalam cerita, pameran ini menyuguhkan sebuah video mapping dengan proyeksi 360 derajat.
 

9. Otherworld (Columbus)


Otherworld merupakan sebuah ruang instalasi seni yang menyajikan sedikitnya 40 instalasi berskala besar, taman bermain dengan teknologi mixed reality (MR), teka-teki hingga lorong-lorong rahasia. Tempat seluas 32.000 meter persegi ini menawarkan pengalaman menikmati karya seni dengan cara berjelajah dan berinteraksi dengan satu dunia surreal dari fiksi ilmiah dan fantasi buatan.

Selain terdapat di Columbus, Otherworld juga kini telah dibuka di Philadelphia, AS, yang menampilkan 55 instalasi digital interaktif kepada pengunjung yang terdiri dari gambar-gambar MR, monster primordial, sorotan cahaya yang luas, hingga ruang untuk bermain. 
 

10. WNDR Museum (Chicago)


Museum WNDR merupakan pameran yang menggabungkan seni dan teknologi untuk menawarkan pengalaman multisensorik kepada para pengunjung sehingga dapat melihat, mendengar, menyentuh, sekaligus mencium karya-karya seni yang ditampilkan. Ruang yang terdiri dari 150 layar proyektor 360 derajat ini diperuntukkan untuk memamerkan karya-karya instalasi para seniman populer, salah satunya seniman Jepang Yayoi Kusama.

Selain di Chicago, WNDR Museum juga telah buka di sejumlah lokasi di AS seperti San Diego, Seattle, dan Boston. Salah satu pameran yang dipamerkan yakni Quantum Mirror karya seniman Adrian Stein yang menggambarkan sebuah ruang meditasi pada kesadaran manusia modern. 

Baca juga: Heboh Van Gogh Alive The Experience di Jakarta, Begini Sejarah Pameran Imersif di Kancah Seni Rupa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Awas Ngiler, Yuk Cobain Resep Nasi Bebek Bumbu Hitam khas Madura

BERIKUTNYA

Muncul Bulu Hijau seperti Lumut di Lidah Pria, Kebiasaan Buruk ini Jadi Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: