Tampilan laman Google. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

Halo Chat GPT, Ini 6 Fitur Terbaru Google Bard

13 July 2023   |   21:17 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, Google baru saja menambah ragam fitur baru di chatbox bertenaga artificial intelligence (AI) buatannya, Google Bard. Fitur yang diluncurkan ini diklaim dapat meningkatkan produktivitas, mempercepat ide, dan membangkitkan rasa ingin tahu kamu. Kompetitor chat GPT itu juga akan tersedia di 50 negara.

Director Product Management Bard Jack Krawczyk menerangkan sejauh ini, Google Bard dapat membantu anak-anak menciptakan permainan sendiri, menyusun rencana travelling untuk para pelancong, hingga membantu entrepreneur mengembangkan ide bisnis baru.

Pada Mei lalu, pihaknya memindahkan Bard ke PaLM 2, large language model (LLM) yang memberi peningkatan Google Bard termasuk keterampilan matematika hingga kemampuan coding. Hari ini kami ingin mengumumkan pengembangan terbesar Bard yang sudah tersedia di sebagian besar wilayah di dunia dan dengan banyak bahasa yang digunakan,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/7/2023). 

Baca juga: Simak, 3 Rekomendasi Google Tentang Penggunaan AI

Lantas, seperti apa fitur-fitur terbaru dari Google Bard? Simak ulasannya berikut ini yuk Genhype. 

1. Tersedia 40 Lebih Bahasa

Bard kini tersedia dalam lebih dari 40 bahasa, termasuk Arab, Mandarin, Jerman, Hindi, dan Spanyol.  Krawczyk menyebut akan lebih banyak wilayah dan bahasa dihadirkan secara bertahap di Google Bard. 

2. Audio text-to-speech  

Google menambahkan kemampuan merespon pertanyaan atau permintaan yang lebih beragam dalam bentuk audio alias audio text-to-speech. Fitur ini sangat membantu jika kamu ingin mendengar pengucapan yang benar dari sebuah kata atau menyimak puisi maupun naskah. Cukup sampaikan perintah dan pilih ikon audio untuk mendengarkan jawaban Bard. 

3. Merespons Sesuai Keinginan

Kamu juga dapat mengubah nada dan gaya bahasa respons Bard melalui lima opsi yakni sederhana, panjang, pendek, profesional, atau santai. Misal, kamu meminta Bard menuliskan sebuah teks untuk menjual kursi vintage di marketplace, lalu memperpendek responsnya menggunakan menu drop-down yang ada. Fitur ini sudah tersedia dalam bahasa Inggris dan akan hadir dalam bahasa lain dalam waktu dekat.

3. Pinned Chat 

Google menambahkan fitur untuk menyematkan dan mengubah nama percakapan kamu dengan Bard. Saat memulai percakapan, kamu akan melihat opsi untuk menyematkan, mengubah nama, atau membuka lagi percakapan terbaru di sidebar. 

Sebagai contoh, jika kamu pernah meminta Bard memberikan beberapa ide untuk membandingkan olahraga luar ruangan untuk musim panas, kamu dapat membuka lagi tips yang diberikan itu di kemudian hari ketika membutuhkannya. 

4. Kemampuan Coding

Fitur ini memungkinkan kamu mengekspor kode Python ke Replit, selain ke Google Colab. Kode ini juga tersedia dalam lebih dari 40 bahasa. “Dalam beberapa minggu terakhir, pengkodean telah menjadi salah satu hal paling populer yang dilakukan orang dengan Bard,” sebut Krawczyk.

5. Berbagi Chat

Google mempermudah cara membagikan sebagian atau seluruh percakapan kamu dengan Bard ke channel yang dimiliki. Dengan link yang mudah dibagikan, kamu dapat membagikan ide dan kreasi kepada orang lain. 

6. Cari Informasi dari Foto

Gambar merupakan unsur penting dalam pengembangan imajinasi Bard. Oleh karena itu, Google menambahkan Google Lens ke Bardke chatbox miliknya. Apakah kamu ingin tahu lebih banyak tentang sebuah gambar atau membutuhkan inspirasi untuk menulis teks? Cukup upload gambar bersama perintah kamu dan Bard akan menganalisis foto tersebut untuk membantu. Fitur ini sekarang hanya tersedia dalam bahasa Inggris. 

Baca juga: Google Perkenalkan Logo Baru Android dengan Konsep 3D dan Tipografi Huruf Kapital


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto 
 

SEBELUMNYA

Angkat Legenda Urban, Teater Titimangsa Siap Pentaskan Ariyah dari Jembatan Ancol

BERIKUTNYA

Kenalan dengan xAI, Perusahaan Kecerdasan Artifisial Anyar Buatan Elon Musk 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: