COVID-19 dapat memicu efek penyakit yang berkepanjangan seperti batuk (kering dan berdahak), nafas yang tersengal, rasa lemas dan lainnya. (Photo by Brittany Colette on Unsplash)

Begini Cara Atasi Efek Penyakit Berkepanjangan Pasca Covid-19

26 July 2021   |   16:35 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

 
  • Tidur Cukup
Setelah menjalani isolasi mandiri selama kurang lebih 14 hari hingga dinyatakan sembuh dari Covid-19, penyintas tetap perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Manfaatkan kesempatan ini untuk beristirahat lebih lama sebelum kembali ke rutinitas sekolah, rumah, atau pekerjaan kantor seperti semula.

Jika Genhype mengalami gejala batuk berdahak, kamu bisa coba tidur dengan posisi miring karena ini akan membantumu mengeluarkan dahak di tenggorokan.
 

Ilustrasi (Dok Syed ALi/Unsplash)

Ilustrasi (Dok Syed ALi/Unsplash)

 
  • Latih Pernapasan
Beberapa pasien Covid-19 menunjukkan masalah pernapasan pasca pemulihan. Untuk mengembalikan kemampuan pernapasan, cobalah beberapa latihan berikut. Tarik napas selama 5 detik kemudian hembuskan selama 10 detik. Selain itu, secara perlahan menjaga paru-paru agar lebih kuat serta menjaga hidung dan tenggorokan bersih dari dahak.
 
  • Jaga diri agar tetap terhidrasi.
Setelah sembuh dari Covid-19, tenggorokan kemungkinan besar masih akan terasa penuh dengan dahak dan dahak dan itu bisa sangat tidak nyaman. Penting untuk tetap terhidrasi. Minum-minuman hangat, sup, dan teh herbal, untuk membantu meringankan dahak.
 
  • Olahraga teratur.
Meskipun tubuh jadi cepat lelah, olahraga sangat penting untuk mengembalikan tubuh agar siap menjalani rutinitas harian. Mulailah dengan olahraga kecil dan ringan dan perlahan-lahan tingkatkan intensitasnya. Gerakan teratur dapat memungkinkan fungsi paru-paru dan juga menggerakkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan.
 
  • Perhatikan tanda-tanda yang mengkhawatirkan.
Jika kamu terus-menerus mengalami kelelahan, sakit kepala berlebihan, atau gejala lainnya, segera hubungi dokter.nMereka mungkin merekomendasikan beberapa tes seperti tes antibodi IgG, hitung darah lengkap (CBC) dan tes kolesterol. Tes ini dilakukan untuk memeriksa kesehatan dan memeriksa kemungkinan penularan infeksi lain atau infeksi ulang Covid-19.
  • Konsultasi ke dokter.
Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter tentang efek penyakit berkepanjangan yang umum, seperti batuk, dan bertanya kepada mereka tentang resep obat yang dapat dikonsumsi. Yang terbaik adalah mengambil nasihat dari seseorang yang memiliki pengetahuan tentang obat-obatan dan mengetahui riwayat kesehatanmu.

Perawatan pasca Covid-19 yang baik sangat penting untuk pemulihan yang cepat. Tidak perlu terburu-buru, pastikan kamu mendapatkan banyak istirahat dan jangan terlalu memaksakan diri.


Editor: Roni Yunianto


 
1
2


SEBELUMNYA

Mengenal Payas Madya, Kostum Atlet Surfing Rio Waida di Pembukaan Olimpiade Tokyo

BERIKUTNYA

Intip Trailer Perdana Film Prekuel dari Army of the Dead

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: