How Do You Live? (Sumber gambar: Studio Ghibli)

Animasi Terakhir Hayao Miyazaki, How Do You Live? Jadi Film Pertama Ghibli yang Dirilis di Imax

10 July 2023   |   19:33 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah menunggu hampir satu dekade, penggemar animasi studio Ghibli akhirnya siap semringah. Pasalnya, film terakhir sutradara legendaris Hayao Miyazaki, How Do You Live? bakal dirilis dalam waktu dekat ini tepatnya pada Jumat (14/7/23) di Jepang.

Uniknya, karya terbaru sineas gaek itu akan diputar dalam format IMAX serta layar premium lain, termasuk Dolby Cinema, Dolby Atmos, dan DTS:X. Tak ayal hal ini pun menjadikan animasi studio asal Jepang itu yang dirilis dalam format bioskop. 

How Do You Live? juga menjadi film fitur Miyazaki yang dinantikan penggemar dalam sepuluh tahun terakhir. Karya ini akan menjadi animasi teranyar sutradara berusia 82 tahun itu setelah dia menelurkan The Wind Rises pada 2013 silam.

Baca juga: Loewe dan Studio Ghibli Luncurkan Koleksi Spesial Howl's Moving Castle
 
 

Namun, terlepas dari antusiasme tersebut, Studio Ghibli mengatakan tidak akan merilis materi promosi lain terkait film terbaru Miyazaki. Bahkan,  produser Toshio Suzuki yang sudah menemani Miyazaki sejak Nausicaä of the Valley of the Wind (1984) hanya mengeluarkan poster film saja.

Dia berharap tanpa adanya trailer para penggemar dapat menikmati How Do You Live? tanpa penilaian atau ekspektasi khusus di awal. Suzuki mengatakan upaya tersebut dilakukan untuk menjadi antitesis metode pemasaran multi-trailer Hollywood yang banyak mengungkap bumbu dan plot. 

“Jauh di lubuk hati, saya pikir inilah yang diinginkan oleh para penonton bioskop,” kata Suzuki dilansir dari Hollywood Reporter.

Adapun, sejauh ini Ghibli hanya mendeskripsikan animasi How Do You Live? sebagai sebuah fantasi besar yang terinspirasi dari novel karya penulis Jepang Genzaburo Yoshino. Diterbitkan pertama kali pada 1937 novel tersebut banyak mengungkap tentang kisah emosional karakter di dalamnya.

Benang merah dari novel itu berkisah tentang perjalanan emosional dan filosofis seorang anak laki-laki bernama Koperu yang hidup bersama pamannya setelah ayahnya meninggal. Dari sinilah Koperu akhirnya mengalami pertumbuhan spiritual dalam menjalani hidup sebagai manusia.

Salah satu bocoran mengenai animasi ini adalah Ghibli hanya merilis satu poster saja pada bulan Desember 2022. Ghibli juga tidak mengungkapkan detail apapun mengenai film tersebut setelah merilis poster, termasuk  bocoran mengenai plot, pengisi suara, latar, hingga karakter. 

Bahkan, sejauh ini studio Ghibli juga belum memiliki tanggal rilis resmi di luar Jepang meski sudah banyak dinantikan para penggemar. Namun dipastikan animasi tersebut bakal segera tayang secara global setelah debut perdana di Negeri Matahari Terbit pekan depan.

Miyazaki adalah sutradara di balik sejumlah animasi produksi Studio Ghibli yang terkenal seperti My Neighbor Totoro (1988), Princess Mononoke (1997), Spirited Away (2001), Howl's Moving Castle (2004), dan Ponyo (2008).

Lelaki berambut abu-abu itu sebenarnya telah pensiun beberapa kali sepanjang karirnya dengan yang pertama pada akhir 1990-an. Namun, setahun kemudian dia kembali menyutradarai Spirited Away yang berhasil memenangkan Oscar. Setelahnya dia  juga kembali meluncurkan The Wind Rises pada 2013, sebuah film biografi fiksi tentang penerbang Jepang Jiro Horikoshi, dan pesawat tempur A6M yang dia buat.

Baca juga: Sutradara Hayao Miyazaki Siapkan Film Animasi Terbaru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Overthinking Hingga Sulit Tidur, Kenali Ragam Gejala Kecemasan

BERIKUTNYA

5 Tur Konser Terlaris Hingga Pertengahan 2023, The Eras Tour Paling Cuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: