Jin BTS mendapat gelar Special Warrior (Sumber gambar: TvN)

Arti Special Warrior, Gelar Kehormatan yang Didapat Jin BTS

10 July 2023   |   18:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Karier Jin BTS tidak hanya cemerlang di dunia hiburan. Dia juga berprestasi saat menjalani dinas militer. Pemilik nama lahir Kim Seok-jin itu diketahui dengan cepat naik pangkat dan masuk ke dalam unit khusus, Special Warrior. Kabar tersebut disampaikannya melalui media sosial, Weverse.

Jin mengungkapkan bahwa saat ini dia berpangkat Kopral di militer. Umumnya untuk mendapatkan pangkat tersebut, prajurit butuh waktu 8-9 bulan berdinas. Sementara itu, Jin baru 7 bulan lebih menjalani wajib militernya. 

Selain itu, Jin juga menyebutkan bahwa dia menjadi bagian Special Warrior atau prajurit kelas elit atau khusus. Gelar kehormatan ini sangat diimpikan setiap orang yang masuk ke dalam militer. Namun, tidak sembarang orang bisa ditempatkan pada pasukan khusus ini. 

Baca juga: Jungkook BTS Rilis Single Solo & Tampil di Good Morning America 2023 Summer Concert Series

Mengutip blog resmi Kementerian Pertahanan Korea Selatan, prajurit kelas khusus atau bisa juga disebut pasukan elit dipilih berdasarkan kompetensi tempur yang sangat baik. Mereka memiliki keahlian menembak yang luar biasa, kebugaran fisik, dan ketahanan mental. 

Prajurit yang masuk ke dalam kategori ini harus memenuhi kriteria tingkat keberhasilan 90 persen dalam menembak sasaran, 86 sit-up dalam 2 menit, menyelesaikan lebih dari 72 push-up dalam 2 menit, lari 3 km dalam 12,5 menit dan lari bolak-balik 240 meter dalam satu waktu.

Biasanya, mereka mencapai gelar prajurit kelas elit mendapat ragam benefit. Mereka menerima hadiah liburan, biasanya 4-5 hari. Ada juga promosi pangkat lebih awal kira-kira satu atau dua bulan, dan foto mereka dipajang di Hall of Honor di unit mereka selama sekitar 1 tahun. 

Apabila skor tembakan mereka luar biasa, prajurit kelas elit mendapatkan hadiah tambahan. Tentunya, prajurit ini dihormati dan dikagumi sesama tentara. Promosi Jin menjadi kopral dua bulan lebih cepat dari jadwal, kemungkinan karena performanya saat menjadi asisten instruktur latihan. Dia juga terbilang atletis dan memiliki etos kerja yang baik. 

Kabar Jin yang memiliki prestasi cemerlang di dunia militer seketika viral. Namanya muncul menjadi trending topic di beberapa media sosial hingga masuk dalam pemberitaan nasional di Korea Selatan. 

Langkah Jin juga diikuti member BTS lainnya yang saat ini menjalani wajib militer, J-Hope. Pemilik nama Jung Ho-seok itu mengabarkan langsung melalui media sosial Weverse. 

“Saya telah menyelesaikan pelatihan di Pusat Pelatihan Perekrutan Divisi Infanteri ke-36 dan ditunjuk sebagai asisten instruktur pelatihan,” ungkapnya, dikutip dari Koreaboo, Senin (10/7/2023).

Dia mengaku sangat sibuk menjadi asisten instruktur pelatihan. Oleh karena itu, dia jarang muncul di media sosial dalam beberapa waktu terakhir. 

Rapper BTS itu pun mengenang saat masa-masa sibuk dia promosi album solonya sebagai J-Hope. Sementara itu, J-Hope mengimbau agar ARMY berhati-hati dalam cuaca panas yang terjadi di Korea Selatan saat ini. 

“Juga, jaga dirimu di tengah musim hujan. Saya berharap hal yang sama untuk semua personel dan peserta pelatihan militer lainnya. Jaga kesehatan,” tuturnya. 

Postingan itu dibalas langsung Jin yang berguyon agar J-Hope wajib mendapat gelar pasukan khusus. “Ingat Anda akan mempermalukan semua BTS jika Anda gagal mendapatkan gelar Special Warrior. Bawa pulang [gelar] pada akhir bulan ini,” imbaunya. 

Baca juga: Boy Group BTS Terbitkan Buku Biografi, Ada Versi Bahasa Indonesia!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Film Hot Wheels yang Bakal Digarap Sutradara J.J. Abrams

BERIKUTNYA

Melancong ke Sigi, Wisata Buana Memesona dari Sulawesi Tengah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: