Sampul buku Beyond The Story: 10-Year Record of BTS. (Sumber: BigHit Music)

Boy Group BTS Terbitkan Buku Biografi, Ada Versi Bahasa Indonesia!

30 June 2023   |   19:56 WIB

Like
BTS atau Bangtan Sonyeondan telah meniti karier musik mereka selama 10 tahun. Berawal dari grup agensi kecil, kini BTS telah mencapai banyak penghargaan internasional dan dikenal di banyak negara. ARMY, sebutan untuk penggemar BTS juga tersebar di seluruh dunia.

Dalam rangka sepuluh tahun usia grup yang beranggotakan tujuh orang itu, kisah perjalanan mereka yang tidak mudah akan diabadikan dalam buku dokumenter biografi.

Penerbitan buku ini diumumkan tak lama setelah BTS merayakan anniversary kesepuluh mereka melalui akun resmi BTS.
 
Dalam unggahan itu pula, BigHit menyertakan pratinjau isi buku yang diambil dari masing-masing anggota BTS. Buku ini akan menunjukkan pikiran dan perasaan setiap anggota dalam karier mereka sebagai grup musik.

Salah satu kutipan dari J-Hope berbunyi, “Kami banyak berbicara bersama. ‘Kita, saya, memiliki tujuan-tujuan ini. Bagaimana denganmu? Apakah kamu mau mencobanya bersama?’”

Dokumentasi biografi ini ditulis oleh oleh ketujuh anggota BTS, yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, bersama dengan jurnalis sekaligus kritikus musik Korea Selatan, Kang Myeongseok. 

Buku ini akan menjadi buku resmi pertama dari BTS yang diberi judul Beyond The Story: 10-Year Record of BTS. 

Beyond The Story akan terdiri dari tujuh bab, dengan judul sebagai berikut:
Bab 1: Seoul
Bab 2: Love, Hate, Army
Bab 3: Why We Exist
Bab 4: Inside Out
Bab 5: A Flight That Never Lands
Bab 6: The World of BTS
Bab 7: We

Selain ditulis dalam bahasa asli penuturnya, bahasa Korea, buku ini juga akan dirilis di seluruh dunia dalam berbagai bahasa. Berdasarkan situs resmi agensi BTS, BigHit Music, Beyond The Story akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (US dan UK), Mandarin, Belanda, Rumania, Indonesia, Spanyol, Rusia, Italia, Thailand, Vietnam, Prancis, Portugis, Polandia, Filipina, dan yang lainnya.

BigHit bekerja sama dengan perusahaan penerbitan di setiap negara di atas untuk proses penerjemahan dan juga pencetakan lokal. Di Indonesia sendiri, buku BTS ini akan diterjemahkan dan dicetak oleh TransMedia Pustaka.

Penerbit mengkonfirmasi sendiri hal ini pada 14 Juni lalu melalui akun Instagram mereka. Versi buku terbitan TransMedia Pustaka akan dicetak dalam 528 halaman.

Meskipun sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa sebelum perilisan resminya, tanggal rilis di berbagai negara akan berbeda dikarenakan adanya proses penerjemahan dan cetak. Versi asli berbahasa Korea akan terbit pada 9 Juli 2023. Sedangkan penggemar di negara lain harus menunggu lebih lama. TransMedia Pustaka sendiri akan merilis buku ini sebulan kemudian, yakni pada 9 Agustus 2023.

Menghadapi tingginya permintaan pada buku ini, sistem pra-pesan diberlakukan. Buku berbahasa Indonesia bisa dipesan terlebih dahulu mulai 9 Juli nanti melalui situs TransMedia Pustaka. 

Untuk versi berbahasa Inggris, pra-pesan sudah tersedia di Amazon. Buku juga tersedia dalam berbagai bentuk, yakni ebook untuk Kindle, audiobook, dan cetak hardcover. Amazon menyediakan pengiriman ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, dengan harga dimulai dari $27.00 untuk versi cetaknya, di luar biaya pengiriman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Solois Muda Aruma Gandeng Raim Laode Merilis Single Ekspektasi

BERIKUTNYA

5 Kuliner Tradisional Nusantara, dari Rendang hingga Sayur Lodeh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: