maksimalkan instagram (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

3 Cara Gampang Mempercantik Instagram Jadi Lebih Menarik

31 May 2021   |   16:41 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Menggunakan media sosial dan memaksimalkan penggunaan digital marketing bagi seorang pengusaha di era teknologi saat ini merupakan sebuah keniscayaan. Selain untuk meningkatkan branding, digital marketing juga dapat mendongkrak penjualan.

Salah satu platform media sosial yang banyak digunakan saat ini adalah instagram. Namun, sebelum pelaku usaha tersebut memaksimalkan digital marketing, hal paling utama yang harus dilakukan ialah memastikan bahwa produk yang dimiliki saat ini memiliki uniqe selling point yang membedakannya dari kompetitor sehingga bisa membuat audience lebih tertarik.

Brama Danuwinata, Head of Social Media Grab Indonesia mengatakan strategi awal yang harus dilakukan dalam memaksimalkan digital marketing dan sosial media ialah membangun digital presence yang menarik.

Artinya, saat konsumen mencari produk kita di google lalu mereka masuk ke website atau instagram dan sosial media kita, maka mereka akan melihat tampilan digital yang menarik dari bisnis kita

“Bagaimana fotonya, apakah semua menu dan produknya sudah ada, cara ordernya bagaimana, dan hal basic lainnya. Ibaratkan website atau instagram itu seperti showroomnya yang menarik bagi konsumen, terangnya dalam webinar Bisnis Muda Day ‘Omset Melejit dengan Digital Marketing’, Senin (31/5/202)
 
Lantas hal-hal mendasar apa saja yang harus dilakukan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan presence bisnis di instagram?

1. Siapkan profil instagram dengan baik
Bisa juga dengan mengubah ke akun bisnis. Lalu perhatikan apakah profil kita sudah cukup jelas dan representatif terhadap produk yang ingin dijual. Dia juga menyarankan agar pelaku usaha dapat memaksimalkan biografi di instagram dengan memberi penjelasan singkat dan bagaimana agar mereka bisa menghubungi kita, karena satu-satunya cara agar audien bisa masuk ke link hanya melalui bio.

“Buat instagram ke bisnis profil sehingga lebih memudahkan karena aksesnya juga lebih banyak. Ada insight dan juga adds, bisa juga disambungkan ke FB business manager,” tuturnya.

2. maksimalkan IG Stories
Menurut data, sekitar 50% pengguna instagram akan membuka instagram stories setiap hari sehingga menjadi penting untuk kita sebagai pelaku usaha aktif update di IG Stories untuk dapat terus melakukan interaksi dengan audien.

“Karena ketika sudah melakukan interaksi dari IG maka kita akan lebih mudah mendapatkan konten saat akan update atau running iklan,” ujarnya.

Maksimalkan IG Stories bisa dengan membuat konten yang interaktif seperti polling, vote, atau ‘ask me anything’. Sebab, dengan semakin banyaknya followers yang berinteraksi dengan instargram stories kita maka mereka akan berinteraksi lebih baik dengan konten instagram feed kita.

Sementara itu, terkait konten yang harus diupdate di media sosial instagram kita harus yang menarik dan efektif yaitu konten yang relevan dan sesuai dengan audience. Pelaku usaha tidak bisa hanya sekadar asal posting produk, tetapi harus dapat mencari tahu konten seperti apa yang diinginkan oleh audiennya.

“Kita bisa bertanya pada followers untuk mendapatkan inspirasi konten yang menarik misalnya dengan menggunakan fitur Instagram Stories Vote atau Ask Question,” ujar Brama Danuwinata, Head of Social Media Grab Indonesia.


3. Buatlah interaksi positif
Media sosial memberi kesempatan kepada kita untuk dapat berinteraksi langsung dengan konsumen sehingga mereka juga memiliki kesempatan berinteraksi langsung dengan brand atau perusahaa kita.Berbeda dengan media tradisional yang hanya menawarkan komunikasi satu arah.

Untuk itulah Bram menyarankan agar pelaku usaha dapat memaksimalkan fitur tersebut semaksimal mungkin sehingga tercipta percakapan yang positif mengenai brand atau produk yang ditawarkan.

“Kita harus dapat meng-encorage terjadinya percakapan yang positif mengenai brand dan produk kita. Sebab, interaksi dan conversation yang posiitif juga akan berdampak baik bagi bisnis kita,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait konten yang harus diupdate di media sosial instagram kita harus yang menarik dan efektif yaitu konten yang relevan dan sesuai dengan audien. Pelaku usaha tidak bisa hanya asal posting produk, tetapi harus dapat mencari tahu konten seperti apa yang diinginkan oleh audiennya.

“Kita bisa bertanya pada followers untuk mendapatkan inspirasi konten yang menarik misalnya dengan menggunakan fitur instagram stories vote atau ask question,” ujarnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Asah Kemampuan Ini Biar Jiwa Entrepreneur Kalian Muncul

BERIKUTNYA

Catat Cara Simpel Ngatur Gaji Biar Enggak Habis Sia-Sia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: