Kota-kota di Indonesia Ini Punya Komunitas Pokemon GO Terbanyak, Mana Saja? (Sumber gambar: Pokemon GO)

Kota-kota di Indonesia Ini Punya Komunitas Pokemon GO Terbanyak, Mana Saja?

08 July 2023   |   11:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Saat pertama kali Pokemon GO dirilis pada 2016, hype gim ini begitu besar. Kombinasi nama besar Pokemon dan permainan berbasis augmented reality (AR) membuat gim ini cukup sukses di pasaran. Tujuh tahun kemudian, gim ini telah berhasil memiliki 57 juta pemain di seluruh dunia.

Tentu masih lekat di ingatan kita bagaimana saat-saat gim ini baru dirilis. Kala itu, gim ini berhasil memaksa ratusan ribu gamer untuk tidak melulu bermain gim di dalam ruang nyaman mereka. Berkat Pokemon GO, para gamer keluar dari ‘sarang’ dan mengeksplorasi lingkungan sekitar mereka. 

Baca juga: Pokemon GO Bahasa Indonesia Sukses Gaet Banyak Gamers Baru di Daerah

Ada yang pergi ke taman kota, ada yang menyusuri kompleks rumahnya, dan ada yang mendatangi lokasi wisata hanya untuk berburu Pokemon favorit mereka. Semua itu dilakukan dengan sukacita dan kegembiraan.

Dari yang tadinya berburu Pokemon seorang diri, kemudian bertambah menjadi dua orang, bertambah lagi tiga orang, hingga kemudian terbentuk komunitas yang cukup besar di daerah tersebut. Tujuh tahun berlalu, meski rasanya hype yang terasa tidak sebesar dahulu, nyatanya komunitas Pokemon sampai saat ini masih ada.

Mereka masih setia memainkan gim ini, berburu Pokemon langka, dan melakukan aktivitas seru lain. Melalui data Pokemon GO, Indonesia juga tercatat sebagai negara dengan jumlah pemain terbesar kelima di dunia.

Catatan itu selaras dengan data Statista yang menyebut Indonesia termasuk pasar augmented reality, termasuk gim AR, yang cukup menjanjikan. Pasar AR di Indonesia mencapai US$108.9 juta pada 2023 dengan pertumbuhan Compound Annual Growth Rate (CAGR) 10.83 persen hingga 2027.
 

Country Manager of Emerging Market of Niantic Refael Siregar mengatakan bahwa komunitas Pokemon GO di Indonesia saat ini cukup besar. Ada lebih dari 100 grup aktif yang tersebar di Indonesia.

“Total ada 61.000 pengikut yang tersebar di Indonesia,” ungkapnya dalam Group Interview Pokemon Go di Jakarta, Jumat (07/07).

Para anggota komunitas itu tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Jakarta merupakan kota dengan jumlah member terbesar dengan total 9.200 pemain. Kemudian, urutan kedua ada Surabaya dengan 6.600 pemain. Adapun kota terbesar ketiga adalah Malang dengan 5.500 pemain

Kota terbesar keempat hingga kesepuluh berturut-turut adalah Bandung 4.800 pemain, Semarang 4.900 pemain, Denpasar 4.700 pemain, Medan 2.100 pemain, Yogyakarta 2.100 pemain, Tangerang 1.500 pemain, Bekasi 1.200 pemain, Depok 1.100 pemain.

Refael mengatakan bahwa pembentukan komunitas merupakan salah satu tujuan gim ini, di mana sesama pemain bisa saling berkumpul dan berinteraksi. Mereka pun bisa mengikuti sejumlah aktivitas seru secara bersama-sama.
 

Beberapa kali, Pokemon GO juga mengadakan event besar. Misalnya, tak lama setelah peluncuran Pokemon GO Bahasa Indonesia, pihaknya mengadakan Festival Pokemon di Pantai Indah Kapuk.

Di sana, gamers bisa mengunjungi stand penjualan Pokemon, mengikuti turnamen undangan PVP, dan menggelar community day. Dalam acara tersebut, setidaknya ada 1,6 juta pengunjung yang telah mengikuti keseruan acara tersebut.

Baru-baru ini, pihaknya juga bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk menghadirkan proyek Pokemon Air Adventures. Project ini diharapkan bisa memeriahkan pariwisata domestik sekaligus menjadikan Indonesia tujuan turis mancanegara, terutama para pemain Pokemon. Proyek ini akan menghadirkan Pikachu Jet yang unik dan menarik.

“Ke depannya, kami akan terus meningkatkan terobosan baru yang relevan lewat aktivitas komunitas Pokémon GO Indonesia. Selain itu, nantikan beberapa lokalisasi konten di mana kami akan mengintegrasikan ciri khas bangsa seperti seni budaya Indonesia ke dalam aplikasi Pokémon GO," imbuhnya. 

Baca juga: 4 Fakta Menarik Game Pokemon Scarlet and Violet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cerita Merry Riana Kali Pertama Bermain Teater di Musikal Benih Yang Bernilai

BERIKUTNYA

Bintang Money Heist Ursula Corbero Hadir di Mini Seri Burning Body, Rilis 8 September 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: