iPhone (Pexels/Mateusz Dach)

Segini Loh Pendapatan yang Dihasilkan Pengembang Game iPhone

09 June 2021   |   08:19 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Informasi mengenai kesuksesan game seluler di platform Apple seringkali misterius karena perusahaan tidak merilis informasi spesifik tentang penjualan di platformnya. 

Lantaran Apple tidak menyebut hal tersebut dalam laporan pendapatan mereka, banyak pihak yang tidak yakin apakah mengembangkan gim untuk platform iPhone menguntungkan atau tidak.

Tapi, laporan Finbold baru-baru ini menyatakan data yang cukup menarik tentang gim iPhone di kawasan Amerika Serikat. Laporannya menyebut pada Juni 2021, sepuluh gim iPhone terlaris menghasilkan perkiraan rata-rata pendapatan harian sebesar US$11,2 juta per hari loh, atau sekitar Rp159 miliar.
 
Perkiraan pendapatan 10 gim terlaris di iPhone (Finbold)

Laporan itu juga menyebut Roblox merupakan gim iPhone paling menguntungkan di wilayah tersebut untuk saat ini, dengan penghasilan lebih dari US$3 juta per hari. Diikuti dengan Clash of Clans sebesar US$1,8 juta , dan Candy Crush Saga dengan US$1,4 juta.

Gim-gim lain yang termasuk dalam top sepuluh gim iPhone paling menguntungkan berdasarkan laporan Finbold adalah Pokemon GO, Dragon Ball Legends, Garena Free Fire World Series, PUBG Mobile, Coin Master, Call of Duty Mobile, dan Homescapes.
 
Estimasi jumlah pemasangan gim populer di iPhone (Finbold)
Dalam hal pemasangan, Candy Crush Saga adalah gim iPhone yang paling banyak di-instal di Amerika Serikat dengan perkiraan sekitar 23.000 pemasangan setiap harinya. Total 10 gim terlarisnya diperkirakan berjumlah 6,24 juta pemasangan bulanan.

Gim lainnya yang masuk dalam kategori pemasangan terbanyak juga sama dengan gim paling menguntungkan, yaitu Pokemon GO, Coin Master, Garena Free Fire, Call of Duty Mobile, Dragon Ball Legends, Homescapes, Roblox, dan PUBG Mobile.

Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi virus corona membuat banyak pengembang gim menghasilkan lebih banyak pendapatan dibandingkan dengan periode pra-pandemi, kendati ini tak berlaku untuk semua gim mengingat padatnya konten yang ada.

Selama masa penguncian, banyak orang mencari hiburan di platform digital salah satunya adalah gim seluler. Dalam hal ini, pendapatan adalah salah satu indikator yang menunjukkan bagaimana gim seluler tumbuh di tengah kondisi yang tidak biasa ini. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tips Atasi Jerawat di Wajah

BERIKUTNYA

Bikin Teras Rumah Jadi Nyaman dengan 7 Trik Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: