Album Speak Now (Taylor's Version) (Sumber gambar: themusic.com)

4 Fakta Album Speak Now (Taylor's Version), Ada Lirik Lagu yang Diubah oleh Taylor Swift

07 July 2023   |   21:13 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Taylor Swift resmi merilis album Speak Now versinya sendiri yang bertajuk Speak Now (Taylor's Version) pada hari ini, Jumat (7/7/2023). Album Speak Now (Taylor’s Version) sendiri berisi 22 buah lagu, sedangkan versi original Speak Now berisi 14 lagu.

"Ini merupakan album yang saya tulis sendiri tentang keinginan, fantasi, patah hati, drama, dan tragedi yang saya jalani sebagai perempuan muda antara 18 dan 20 tahun," kata Taylor, mengutip dari laman Twitter resminya.

Taylor Swift memasukkan 22 lagu di album Speak Now versi dirinya yang rekam ulang dari album Speak Now yang dulu dirilisnya pada 2010. Di antara tracklist tersebut terdapat enam lagu baru dan dua di antaranya berkolaborasi dengan Fall Out Boy dan Hayley William dari Paramore.

Baca juga: The Eras Tour Puncaki Tur Konser Terbesar 2023, Segini Raupan Cuan Taylor Swift

Sejak peluncurannya, fans menyebut bahwa Speak Now merupakan salah satu album terbaik Taylor Swift. Lantaran penyanyi 33 tahun itu menulis lagunya sendiri sehingga semua komposisinya terasa lebih personal. Nah Genhype, yuk simak fakta album baru Taylor Swift.


1. Alasan Taylor Swift Merekam Ulang Albumnya

Pada perilisan album Red (Taylor’s Version) pada 2021 lalu, dia menjelaskan melalui akun Twitter pribadinya bahwa keputusan untuk merekam ulang album tersebut karena dia merasa karakter vokalnya sudah berbeda dan lebih matang dari sebelumnya.

Tak hanya itu, proyek perekaman ulang ini juga merupakan langkah yang diambil olehnya untuk mengklaim hak atas karya musik dari enam album pertamanya. Hal tersebut karena Scooter Braun melalui perusahaan Ithaca Holding telah mengakuisisi label lama Taylor Swift, yakni Big Machine Records, pada Juni 2019 lalu. 


2. Lirik lagu Better Than Revenge Diubah

'She's not a saint, and she's not what you thik, she's an actress, whoa. She's better known for the things that she does on the mattress, whoa,' begitulan bunyi lirik lagu Taylor Swift sebelum diubah. Dalam album Speak Now (Taylor's Version) liriknya diubah menjadi  'He was a moth to the flame, she was holding the matches, whoa,'

Sejak dirilis 2010 lalu, lagu 'Better Than Revenge' memang menuai banyak kritik karena liriknya yang kontroversial. Kemudian pada 2014, Taylor Swift mengatakan bahwa saat menulis lagu itu dia masih berusia 18 tahun dan belum cukup dewasa.

"Di usia itu, kita berpikir seseorang benar-benar bisa merebut pacar kita. Kemudian ketika kau tumbuh dewasa, barulah menyadari bahwa tidak ada yang bisa merebut seseorang dari kita jika dia memang tidak ingin pergi," ujar Taylor Swift.


3. Lagu-lagu paling galau

Back to December menjadi lagu pertama Taylor Swift yang paling galau. Taylor mengekspresikan betapa dia ingin kembali ke bulan Desember dan memperbaiki hubungannya dengan kekasihnya. Banyak orang menduga lagu ini dibuat untuk mantannya, yakni Taylor Lautner loh! Ternyata Taylor Lautner sendiri memang mengakui kalau lagu itu ditujukan untuknnya.

Selanjutnya ada Last Kiss yang bercerita tentang perasaan kosong dan menyedihkan setelah putus cinta. Taylor Swift membahas bagaimana rasanya merindukan seseorang yang memang tidak ditakdirkan bersama lagi. Kemudian ada Never Grow Up yang mendeskripsikan perasaan cemas orang-orang yang beranjak dewasa dan harus meninggalkan rumah.

Terakhir ada Dear John yang mengisahkan tentang seorang gadis yang dimanfaatkan oleh kekasihnya yang usianya jauh lebih tua. Dalam liriknya disebutkan betapa hancurnya dia dalam hubungan tersebut. Lagu ini juga disebut-sebut ditujukan untuk mantannya yakni John Mayer, loh!


4. 6 Lagu baru kolaborasi dengan Musisi Lain

Pada album ini juga ada enam lagu 'from the vault' yang sebelumnya belum pernah dirilis oleh Taylor Swift.  Ada dua lau kolaborasi dengan musisi lain yakni 'Castles Crumbling' dengan Hayley Williams dari Paramore, serta 'Electric Touch', yang berkolaborasi dengan Fall Out Boy.

Taylor Swift sempat menjelaskan alasan di balik kolaborasinya dengan beberapa artis tersebut. Menurutnya sebagai album yang berfokus pada penulisan lagu, Speak Now memiliki pengaruh kuat dari beberapa artis yang menjadi inspirasinya sebagai seorang penulis lirik.

Taylor memutuskan untuk bekerjasama dengan para artis sangat menginspirasinya pada saat itu. Kemudian dia meminta mereka untuk menyanyikan lagu-lagu dalam album ini. Taylor juga merasa bersyukur karena artis-artis tersebut mendukung dengan tulus versi baru dari Speak Now yang dia rekam. 

Baca juga: Deretan Kostum Cantik Taylor Swift di Eras Tour, Kamu Suka yang Mana?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Lezatnya Kuliner Otentik Khas Amerika Latin dan Karibia di El Toro

BERIKUTNYA

Indonesia Punya Potensi Besar Kembangkan Wisata Kapal Selam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: