Kuliner Amerika Latin dan Karibia (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Lezatnya Kuliner Otentik Khas Amerika Latin dan Karibia di El Toro

07 July 2023   |   21:19 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kuliner khas Amerika Latin dan Karibia umumnya punya cita rasa khas yang cocok di lidah orang Indonesia. Hal ini karena bahan makanan yang digunakan biasanya berbasis jagung kentang, kacang-kacangan, paprika, bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah lainnya.

Tak ketinggalan dilengkapi dengan berbagai salsa atau saus seperti guacamole, pico de gallo, atau chimichurri. Selain itu, penyajiannya juga sangat menarik dan penuh warna. Nah, kini semua orang bisa mencicipi keunikan kuliner tersebut di El Toro, restoran Amerika Latin dan Karibia pertama di Indonesia.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Kuliner Prancis dengan Cita Rasa Otentik di Restoran Le Quartier

Setelah sukses beroperasi sebagai cloud kitchen dan outlet dine-in kecil selama masa pandemi Covid-19, kini El Toro mengumumkan pembukaan resminya sebagai restoran full dine-in di mal Kuningan City. El Toro berkomitmen untuk menyajikan pengalaman bersantap tak terlupakan yang mencerminkan keaslian dan jiwa dari tradisi kuliner Amerika Latin dan Karibia.

Nama El Toro sendiri terinspirasi dari bahasa latin yang artinya kekuatan atau strength. Hal tersebut terlihat dari logo banteng yang menjadi ciri khas restoran ini. Restoran ini didirikan oleh Martin Dan yang merupakan penduduk asli Barbados, Karibia. Sudah menjadi impiannya sejak dulu untuk memperkenalkan makanan asli dari kampung halamannya pada semua orang.
 

Jamaican Bowl (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Jamaican Bowl (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

"Kuliner Amerika Latin dan Karibia memiliki tempat istimewa di hati saya, karena mencerminkan makanan soulful yang saya makan setiap hari sampai tumbuh dewasa. Saya sangat semangat untuk membawa warisan kuliner yang kaya dan penuh warna ini ke Indonesia,” kata Martin Dan.

El Toro menyajikan hidangan rumahan yang terinspirasi dari tema kuliner otentik dari negara-negara Amerika Latin dan Karibia seperti Barbados, Jamaika, Meksiko, Argentina, Kuba, Kolombia, Brasil, dan banyak lagi.  Setiap menunya dibuat langsung menggunakan bahan-bahan alami dan sehat, termasuk saus dan marinade yang terbuat dari 100 persen rempah dan sayuran segar.

Salah satu menu unggulannya adalah Jamaican Bowl yang terdiri dari jerk chicken Jamaica atau ayam panggang Jamaika, nasi kuning bawang putih, kacang panggang, serta tumisan jagung. Hidangan ini lebih nikmat disantap dengan Cuban Mojo Sauce yang dibuat dari sayuran segar dan bawang putih yang dihaluskan. Rasanya tidak pedas dan cocok untuk anak-anak.

Saat dicicipi, rasa nasi kuningnya pun beda dengan nasi kuning khas Indonesia. Meski begitu rasanya masih cocok di lidah, ada aroma bawang putih yang menghadirkan sensasi unik saat disantap. Harga untuk sepiring Jamaican Bowl dengan potongan paha ayam yang cukup besar adalah Rp120.000.
 

Mexican Bowl dalam bentuk Wrap (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Mexican Bowl dalam bentuk Wrap (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Menu lain yang tak boleh dilewatkan adalah Mexican Bowl. Hidangan ini dibuat dari daging wagyu berkualitas terbaik yang dimarinasi dalam saus segar yang disebut carne asada, lalu dipanggang dengan sempurna dan disajikan dengan nasi tomat ala Meksiko.

Potongan dagingnya besar-besar, tapi tetap bertekstur lembut saat digigit. Hidangan ini disantap dengan saus chimichurri yang rasanya sedikit pedas. Harga seporsinya Mexican Bowl adalah Rp150.000. Selain itu, El Toro juga menyajikan Mexican Bowl dan Jamaican Bowl dalam bentuk wrap dengan balutan roti tortila yang lembut. Cocok untuk kamu yang suka makan dengan cara praktis.

Terakhir ada Barbados Bowl yakni ikan dori yang di panggang di pan dengan coconut rice, tumis sayuran, dan kacang panggang. Hidangan ini disajikan bersama hot pepper sauce dengan paduan mangga dan jalapeno yang nendang di lidah.
 

Minuman khas Amerika Latin dan Karibia (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Minuman khas Amerika Latin dan Karibia (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Untuk minumannya juga dibuat dengan resep tradisional Amerika Latin dan Karibia yang segar dan sehat seperti Horchata yaitu rice milk dari perpaduan kayu manis yang khasiatnya baik untuk pencernaan, lalu Tamarindo yang bercita rasa asam, dan Jamaica yang terbuat dari bunga rosella, gula dan rempah.

Secara keseluruhan, rasa makanan dan minuman yang disajikan El Toro cocok lidah orang Indonesia karena rempah yang digunakan berasal dari Indonesia. Restoran ini menyediakan 24 menu dengan kisaran harga mulai dari Rp75.000 hingga Rp150.000.

Restoran dine-in El Toro di Kuningan City memiliki kapasitas sampai 38 orang yang memberikan suasana intim dan nyaman bagi para tamu untuk menikmati pengalaman bersantap mereka. Didesain dengan interior penuh warna lengkap dengan dekorasi warna-warni dan atmosfernya yang seolah mengundang semua orang untuk masuk ke surga tropis Karibia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sudah Ada Sejak 700 SM, Telisik 5 Fakta Penyakit Antraks

BERIKUTNYA

4 Fakta Album Speak Now (Taylor's Version), Ada Lirik Lagu yang Diubah oleh Taylor Swift

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: