Wortel (Sumber Foto: Freepik)

5 Manfaat Wortel untuk Kecantikan: Bisa Cegah Kulit Kering dan Penuaan Dini

05 July 2023   |   21:27 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Selama ini wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Namun, ternyata wortel juga memiliki manfaat lainnya untuk kecantikan. Hal ini karena kandungan vitamin A di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Selain vitamin A, wortel juga kaya akan vitamin C, B, K, dan E. Seluruh kandungan tersebut berkontribusi untuk kesehatan kulit. Wortel juga dapat mengatasi sejumlah masalah kulit seperti kulit kering, kulit berminyak, dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga: Jarang Diketahui, Tengok 8 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Yuk, simak sejumlah manfaat wortel untuk kulit wajah.


1. Mengontrol Minyak Wajah

Kandungan vitamin A pada wortel mampu menjaga kulit wajah tetap segar. Selain itu untuk kamu yang punya wajah dengan tipe oily, wortel dapat mengontrol produksi minyak berlebih di kulit. Sehingga wajahmu bebas kilap seharian.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa membuat masker wajah sendiri dari bahan dasar wortel. Caranya dengan menghaluskan wortel lalu dioleskan secara merata ke permukaan kulit wajah. Selain itu mengonsumsi wortel langsung juga dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh. 


2. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering, kaku, bersisik, dan tertarik merupakan tanda bahwa kamu kekurangan nutrisi penting. Selain itu, kulit kering juga dapat mengganggu penampilan sehingga membuatmu kurang nyaman dan tidak percaya diri.

Kamu bisa mengatasi permasalahan kulit ini dengan membuat masker wajah dari wortel. Caranya haluskan wortel lalu campur dengan madu dan air. Supaya manfaatnya cepat terasa kamu bisa mengaplikasikannya secara rutin setiap hari.


3. Mengangkat Kulit Mati

Kulit mati yang menumpuk bisa memyumbat pori-pori sehingga membuat wajah terlihat kusam dan kering. Kulit wajah yang kusam dapat membuatmu terlihat lebih tua dan tampak lelah sepanjang hari titik Selain itu sel kulit mati juga dapat membuat tekstur kulit menjadi kasar, bersisik, dan warna kulit yang tidak merata.

Untuk mengatasi masalah tersebut, biasakan untuk membersihkan wajah terutama di malam hari sebelum tidur. Selanjutnya kamu bisa membuat masker wajah dari wortel, aplikasikan setiap hari supaya kulit terlihat lebih segar dan sehat. Jangan lupa untuk rutin minum jus wortel juga sebagai pengobatan kulit dari dalam.


4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai dengan munculnya garis halus dan kerutan pada wajah di usia muda. Artinya kamu bisa terlihat lebih tua dari usiamu yang sebenarnya. Untuk mengatasi masalah ini bisa dengan mengonsumsi wortel baik dimakan langsung, di jus, dibuat smoothie, atau ditambahkan menu makanan sehari-hari.

Kamu juga bisa membuat dekat dari wortel yang dicampur dengan lidah buaya untuk mencegah penuaan dini seperti menyamarkan garis halus dan kerutan. Aplikasikan masker wortel dan lidah buaya ke seluruh permukaan wajah secara rutin supaya hasilnya cepat terlihat.


5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas berupa sinar ultraviolet dari matahari yang berlebihan berpotensi merusak dan membahayakan kulit. Di antaranya menyebabkan perubahan warna kulit atau hiperpigmentasi, kulit kusam, jerawat, garis-garis halus dan keriput pada wajah. Pada tahap yang lebih parah radikal bebas juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Baca juga: Cocok buat yang lagi Diet, Perhatikan 10 Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mencegahnya kamu bisa melindungi kulit dengan tabir surya dan mengonsumsi makanan sehat seperti wortel. Sayuran berwarna oranye ini dapat mencegah kulit dari kerusakan meski sering terpapar sinar matahari.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Punya Banyak Laut & Pulau, Indonesia Punya Potensi Besar Kembangkan Wisata Pelayaran

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Doraemon the Movie: Nobita's Sky Utopia yang Tayang 9 Juli 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: