Sumber gambar ( pinterest.com )

5 Rekomendasi Film Bertema Sosok Ayah Idola Bagi Anaknya

05 July 2023   |   15:34 WIB

Figur seorang ayah adalah sosok yang tidak mudah ditebak. Dia begitu misterius namun tetap cintanya laksana air yang mengalir tanpa henti dan tidak kering didera musim bagi keluarga dan anak-anaknya. Seringkali ada banyak pengorbanan seorang ayah yang tidak diketahui orang-orang tercintanya.

Meskipun anak berusaha membalas asa dan kasih sayang seorang ayah, berapapun tidak akan sebanding dengan apa yang telah diberikan seorang ayah baginya. Walau tidak terlalu sering berbicara, sosok ayah memiliki hati yang lemah lembut bagi anaknya.

Baca juga: Film This Is Not a Love Story Tayang di Bioskop Online

Seorang ayah tentu tetap memiliki rasa peduli, tanggung jawab, dan terkadang bisa merasa sedih. Namun, demi anaknya, dia akan selalu baik dan rela berjuang susah payah, serta memberikan yang terbaik tanpa alasan bagi anak-anaknya.

Untuk itulah kalian perlu melihat lebih jauh sosok seorang ayah yang selalu berusaha kuat dan tetap tegar menjaga, mendampingi dan memberikan yang terbaik bagi masa depan dan kehidupan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Simak 5 rekomendasi film yang mendeskripsikan kasih dan pengorbanan seorang ayah dari tahun ke tahun. 


1. I am Sam (2001) 

Sumber Foto (impawards.com)

Sumber Foto (impawards.com)


Film drama Amerika tahun 2001 yang ditulis dan disutradarai oleh Jessie Nelson, dan dibintangi oleh Sean Penn yang berperan sebagai Sam, seorang ayah dengan disabilitas intelektual, dan Dakota Fanning sebagai putrinya bernama Lucy yang cerdas dan ingin tahu. 

Sam merupakan single parent yang mengidap retardasi mental. Pada usianya yang dewasa, dia memiliki IQ setara anak berusia 7 tahun. Dengan kondisi tersebut, Sam harus membesarkan anak perempuan semata wayang, Lucy seorang diri karena ibunya melarikan diri.

Dia sangat kewalahan mengurus putrinya. Apalagi saat hari pertama Lucy pulang dari rumah sakit, dia terus menangis. Beruntung tetangganya, Annie (Dianne Wiest) selalu membantu Sam mengurus Lucy.

Dalam menggarap film ini, Jessie Nelson dan rekan penulisnya, Kristine Johnson terlebih dulu meneliti masalah yang dihadapi orang dewasa penyandang disabilitas intelektual dengan mengunjungi organisasi nirlaba LA GOAL (Greater Opportunities for the Advanced Living). 

Mereka kemudian memerankan dua aktor penyandang disabilitas, Brad Silverman dan Joe Rosenberg, sebagai peran kunci dalam mendukung film ini. Judul film ini diambil dari kalimat "I am Sam/Sam I am" dari buku Green Eggs and Ham karya Dr. Seuss, yang disertakan dalam film tersebut.

Film I am Sam mendapat ulasan terpolarisasi dari kritikus dan penonton. Meski begitu, film ini sukses meraup lebih dari US$97 juta di box office dengan biaya produksi US$22 juta.


2. The The Pursuit of Happyness (2006)

Sumber Foto (watch.plex.tv)

Sumber Foto (watch.plex.tv)

Sebuah film drama biografi Amerika tahun 2006 yang disutradarai oleh Gabriele Muccino dan dibintangi oleh Will Smith sebagai Chris Gardner dan Jaden Smith sebagai Christopher Jr. putra Gardner. 

Film yang menjadi debut akting anak Will Smith ini, bercerita tentang Gardner yang seorang wiraniaga tunawisma dan harus mengurus anaknya. Cerita film ini didasarkan pada memoar terlaris pada 2006 dengan nama yang sama yang ditulis oleh Gardner dengan Quincy Troupe.

Film ini berlatar di San Francisco tahun 1981 didasarkan pada perjuangan Gardner selama hampir satu tahun menjadi tunawisma. Ejaan yang tidak biasa dari judul film tersebut berasal dari mural yang dilihat Gardner di dinding di luar fasilitas penitipan anak yang dihadiri putranya. 

Film produksi Columbia Pictures yang dirilis pada 15 Desember 2006 ini menerima ulasan yang cukup positif. Penampilan Smith yang sukses mengekspresikan beban emosional seorang ayah dalam cerita tersebut mendapatkan pengakuan universal. Smith masuk nominasi untuk Oscar dan Golden Globe sebagai Aktor Terbaik.


3. Miracle in Cell No 7 (2013) 

Sumber Foto (themoviedb.org)

Sumber Foto (themoviedb.org)

Film adalah drama Korea Selatan tahun 2013 yang dibintangi oleh Ryu Seung-ryong sebagai Lee Yong-gu, Kal So-won sebagai Ye-sung semasa anak, dan Park Shin-hye sebagai Ye-sung saat dewasa. Filmnya bercerita tentang Lee Yong-gu, seorang pria cacat mental yang dipenjara secara tidak sah karena tuduhan kasus pembunuhan.

Di penjara, Lee Yong-guyang pun menjalin persahabatan dengan penjahat kelas kakap di selnya. Beruntung, mereka justru membantu Lee melihat putrinya lagi, dengan menyelundupkannya ke dalam penjara.

Film ini didasarkan pada kisah nyata tentang seorang pria yang disiksa dan dipaksa mengaku bersalah di bawah paksaan atas pemerkosaan dan pembunuhan seorang gadis berusia 9 tahun pada 27 September 1972 di Chuncheon. Kasus salah dakwa ini baru dibebaskan pada November 2008. 


4. Broken (2014) 

Sumber Foto (rottentomatoes.com)

Sumber Foto (rottentomatoes.com)


Film thriller aksi Korea Selatan tahun 2014 ini ditulis dan disutradarai oleh Lee Jeong-ho. Film ini dibintangi oleh Jung Jae-young dan Lee Sung-min sebagai pemeran utama.

Narasi berputar di sekitar seorang ayah (diperankan oleh Jung Jae-young ) yang menjadi buronan saat dia memburu dua pria yang bertanggung jawab atas pemerkosaan dan pembunuhan putrinya.

Film ini diadaptasi dari novel Keigo Higashino, The Hovering Blade/Samayou Yaiba (2004). Broken merupakan film Korea Selatan ketiga yang diadaptasi dari karya novelis Jepang tersebut, setelah White Night (2009) dan Perfect Number (2012).


5. Train to Busan (2016)

Sumber Foto (wallpaperaccess.com)

Sumber Foto (wallpaperaccess.com)

Train to Busan adalah sebuah film horor seru bertema bencana mayat hidup (zombie) asal Korea, yang disutradarai oleh Yeon Sang-ho dan dibintangi oleh Gong Yoo, Jung Yu-mi dan Ma Dong-seok. Film tersebut tayang perdana di Festival Film Cannes pada 13 Mei 2016.

Film ini sebagian besar berlangsung di kereta berkecepatan tinggi dari Seoul ke Busan sebagai kiamat zombie yang tiba-tiba pecah di negara tersebut dan mengancam keselamatan para penumpang.

Pada 7 Agustus 2016, film ini mencetak rekor sebagai film Korea pertama pada 2016 yang memecahkan rekor lebih dari 10 juta penonton bioskop. Film ini meluncur prekuel animasi pada 2016 dan sekuel mandiri pada 2020.

Baca juga: Menanti Barbie Tayang, Cek Juga Film Margot Robbie Lainnya yang Tak Kalah Seru

Nah itulah rekomendasi film menarik tentang perjuangan sosok ayah dalam berbagai genre. Pastikan kalian menonton semua tayangan dan kisah film di atas yang tersedia dalam berbagai platform film digital. Saat menonton, jangan lewatkan setiap plot yang ditampilkan. Lihatlah bagaimana sosok seorang ayah definisikan dalam setiap keputusan, usaha dan tindakan yang dilakukan demi anak-anaknnya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sutradara Film Top Gun: Maverick Diundang Menjadi Anggota AMPAS 2023

BERIKUTNYA

Tren Belanja Berubah, TikTok Akan Fokus ke Konten & Transaksi Jual Beli

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: