Sejumlah sutradara mendapatkan undangan menjadi anggota AMPAS 2023 (Sumber gambar ilustrasi : pexels/ Pixabay)

Sutradara Film Top Gun: Maverick Diundang Menjadi Anggota AMPAS 2023

06 July 2023   |   13:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sutradara film Top Gun: Maverick, yakni Joseph Konsinski menjadi salah satu dari 398 orang yang mendapatkan undangan untuk menjadi anggota The Academy of Motion Picture Arts and Science pada tahun ini. Dia dinilai sebagai salah satu individu yang memiliki dampak terhadap industri perfilman di dunia.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, The Academy of Motion Picture Arts and Science (AMPAS) mengundang sebanyak 25 sutradara di seluruh dunia untuk menjadi anggota. Konsinski adalah salah satu di antara para pengarah film yang terpilih.

Konsinski bersama dengan sutradara dan undangan lainnya diminta bergabung setelah AMPAS melakukan sejumlah seleksi dengan mengacu kepada kualifikasi profesional dan melihat komitmen berkelanjutan mereka, salah satunya adalah tentang kesetaraan.

CEO Bill Kramer dan Presiden Janet Yang mengatakan bahwa para individu yang mendapatkan undangan untuk bergabung tersebut mewakili bakat global luar biasa di seluruh disiplin sinematik. Tidak hanya itu, mereka juga telah membuat dampak penting terhadap seni dan ilmu film serta penggemar di seluruh dunia.

“Akademi dengan bangga menyambut para seniman dan profesional ini ke dalam keanggotaan kami,” katanya.

Dalam undangan tersebut, tercatat sebanyak 40 persen di antaranya adalah wanita, 34 persen berasal dari komunitas atau ras yang kurang terwakili, dan 52 persen berasal dari 50 negara dan wilayah di luar Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, para perserta yang diundang terdiri dari 76 orang yang pernah masuk dalam nominasi Oscar dan 22 di antaranya adalah pemenang ajang bergengsi tersebut. Selain sutradara, AMPAS juga mengundang para bintang film, casting directors, costume desginer, editor, make up artists and hairstylists, dan sebagainya.

 

Joseph Kosinski (Suber foto Youtube)

Joseph Kosinski (Suber foto Youtube)


Dirangkum dari laman Box Office Mojo, Top Gun: Maverick menjadi karya paling laris nomor dunia sepanjang 2022 di seluruh dunia. Film yang rilis pada akhir Mei 2022 itu berhasil mencatatkan total pendapatan yang diperkirakan sebesar US$1,496 miliar.

Karya ini mengungguli film lainnya seperti Jurassic World Dominion, Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Minions: The Rise of Gru, Black Panther: Wakanda Forever, The Batman, Water Gate Bridge, dan sebagainya.

Film yang mendapatkan rata-rata penilaian 8,3 dari 10 dalam laman Internet Movie Database (IMDb) itu berhasil memperoleh sejumlah penghargaan dan masuk sebagai nominasi dalam banyak ajang film bergengsi di dunia.

Dalam ajang Academy Awards atau Piala Oscar 2023, Top Gun: Maverick berhasil masuk nominasi di kategori Best Achivement in Film Editing; Best Achievement in Music Written for Motion Pictures (Orignial Song); Best Sound, Best Achievement in Visual Effects; Best Motion Picture of the Year, dan Best Adapted Screenplay. Dari total nominasi itu, film ini membawa pulang Piala Oscar untuk kategori Best Sound.

Baca juga: Netflix dan Greta Gerwig Bakal Garap Dua Film dari Franchise The Chronicles of Narnia

Sementara itu, Konsinski adalah orang di balik sejumlah film selain Top Gun: Maverick. Contoh film itu adalah Tron: Legacy yang rilis pada 2010 silam dari Walt Disney Studios Motion Pictures. Karya ini meraup US$400 juta di seluruh dunia.

Tron: Legacy berhasil masuk sebagai nominasi dalam ajang Piala Oscar pada 2011. Pada saat itu, karya ini masuk dalam kategori Best Achievement in Sound Editing. Selain itu, sejumlah penghargaan di ajang lainnya juga berhasil dibawa pulang. Di ajang Academy of Science Fiction, Fantasy, & Horror Films, karya ini berhasil membawa pulang piala kategori Best Actor dan Best Production Design.

Editor: M R Purboyo
 
1
2


SEBELUMNYA

Tidak Ada JIS, Cek 5 Stadion Berstandar FIFA Untuk Piala Dunia U-17 2023

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Film Bertema Sosok Ayah Idola Bagi Anaknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: