Member SEVENTEEN yang berhasil mencetak sejarah penjualan album terbanyak. (Sumber gambar : Twitter/SEVENTEEN)

Wow, FML Terjual 6,2 Juta Kopi, SEVENTEEN Jadi Pemegang Rekor Album Terlaris Sepanjang Masa

05 July 2023   |   11:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

SEVENTEEN kembali membuat sejarah K-pop dengan mini album terbaru mereka, FML. Boygroup yang debut di bawah bendera Pledis Entertainment itu mencetak rekor penjualan album terlaris sepanjang masa di Korea Selatan. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh BTS dengan album Map of Soul: 7 yang terjual lebih dari 3.3 juta kopi pada minggu pertama. 

Mengutip Soompi, distributor album SEVENTEEN, YG PLUS mengumumkan bahwa album FML secara resmi terjual lebih dari 6,2 juta kopi sejak dirilis pada April 2023. Dengan pencapaian ini, S.coups dan 12 member lainnya menjadi artis K-pop pertama yang menjual lebih dari 6 juta kopi dari sebuah album. Mereka melakukannya hanya dalam waktu dua bulan.

Baca juga: Cetak Rekor,  Album FML SEVENTEEN Duduki Posisi Top 65 Billboard 200 Selama 5 Minggu

FML sebelumnya juga mencetak rekor baru untuk penjualan minggu pertama tertinggi dari album mana pun dalam sejarah Hanteo Chart. Album ini juga berhasil menjadi album pertama SEVENTEEN yang menduduki daftar teratas 65 besar di Billboard 200 selama 5 minggu berturut-turut. 

Enggak cuma itu, FML sempat menduduki posisi kedua tanggal lagu Billboard 200 pada Mei lalu. Selain FML, album lain milik mereka yang masuk ke tangga lagu di Billboard adalah Face The Sun yang dirilis pada 2022 dan juga menjadi salah satu album fenomenal.

Mini album FML langsung menyorot perhatian ketika SEVENTEEN merilis video musik comeback mereka, Super. Lagu tersebut meledak di pasaran dan viral di berbagai platform media sosial melalui tarian rumit yang disajikan. 

Super disajikan dengan ritme yang menghentak dalam gaya klub jersey alternatif dan perasaan yang kuat. Disusun dan ditulis oleh Woozi, S.Coups, dan Vernon SEVENTEEN bersama dengan BUMZU dan August Rigo, Super berisi berbagai suara yang menunjukkan SEVENTEEN terus berkembang. Lagu tersebut terinspirasi dari karakteristik berbagai bentuk Sun Wukong (Sun Go Kong/Goku) yang meng-upgrade dirinya sendiri melalui cobaan dan kemunduran.

Sang leader, S.Coups, mengungkapkan bahwa selama persiapan untuk FML, para staf SEVENTEEN kawatir karena dia dan kawan-kawan bekerja terlalu keras. “Mereka pada dasarnya bertanya-tanya apakah perlu melakukan sebanyak ini ketika kita bisa berjalan dengan nyaman dan stabil,” sebutnya beberapa waktu lalu. 

Kendati demikian, para member menegaskan bahwa mereka baik-baik saja. “Tetapi ini adalah perjalanan yang kami selesaikan dengan bekerja keras hingga orang-orang di sekitar kami berkata, 'Mengapa Anda bekerja sejauh ini?'” tuturnya.

Awal bulan ini, SEVENTEEN memecahkan rekor pribadi mereka dan menjadi artis kedua dalam sejarah yang melampaui 4 juta stok pre-order. DK merassa sangat terkejut tentang pencapaian tersebut, walaupun penjualan album dan angka bukanlah standar hasil. 

Sementara itu, soal mengapa SEVENTEEN merilis 2 hit sekaligus dalam album FML, S.Coups menjelaskan semua berdasarkan keinginan kuat dari para anggota. Agensi sempat meragukan, tetapi para anggota percaya diri dengan kedua lagu tersebut.

“Karena kami menangkap musik yang ingin kami lakukan dan pesan yang ingin kami sampaikan, kami sangat mendorong agar kedua lagu tersebut menjadi judul lagu,” tuturnya.

Vokalis utama SEVENTEEN DK menimpali bahwa suasana dari dua judul lagu sangat berbeda. Super adalah lagu yang menangkap penampilan yang fans pikirkan saat memikirkan SEVENTEEN. 

“Suara 'F*ck My Life' sangat indah. Konten lagunya spesial karena ini adalah cerita yang belum kami selesaikan. Saya pikir ini adalah kisah yang dapat kami ceritakan sekarang karena siapa kami di tahun 2023,” terangnya.

DK berharap agar melalui lagu dan album ini, SEVENTEEN bisa meraih lebih banyak penggemar. Benar saja, lagu ini viral dan banyak Carat baru yang mendukung mereka. Selamat SEVENTEEN.


Seungkwan Sakit

Di tengah kesuksesan album ini, vokalis SEVENTEEN, Seungkwan harus beristirahat sejenak karena kondisinya yang kurang baik. Dia baru-baru ini mengunjungi rumah sakit karena merasa tidak enak badan, dan staf medis menyarankannya untuk beristirahat dan memulihkan diri. 

Dalam pernyataannya, Pledis selaku agensi mengatakan bahwa Seungkwan sempat memaksa untuk melanjutkan kegiatan yang telah dijadwalkan di tengah kondisinya itu. Namun, agensi merasa akan lebih baik baginya untuk fokus pada pemulihan kesehatannya untuk sementara, seperti yang direkomendasikan oleh staf medis.

Dengan demikian, Seungkwan tidak bisa mengikuti acara seperti Tencent Music Entertainment Award (TMEA) 2023, fansign di China, dan SEVENTEEN TOUR  FOLLOW TO SEOUL. “Kami ingin meminta maaf kepada penggemar dan meminta pengertian kalian. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mendukung Seungkwan sehingga dia dapat kembali menyapa penggemar dengan sehat,” tulis Pledis, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Stray Kids Pecahkan Rekor Penjualan Album, Susul BTS & SEVENTEEN

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mau Nonton Konser Idola di Luar Negeri? Ikuti 4 Cara Ini Biar Enggak Boncos

BERIKUTNYA

Kapasitas Baterai Jajaran iPhone 15 Diperbesar, Cek Daftar Lengkapnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: