Ilustrasi baterai iPhone. (Sumber gambar: Unsplash/Tyler Lastovich)

Kapasitas Baterai Jajaran iPhone 15 Diperbesar, Cek Daftar Lengkapnya

05 July 2023   |   10:42 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple, selalu memberi kejutan pada setiap produk buatannya. Kali ini, mereka akan membuat kapasitas baterai lebih besar pada smartphone seri terbarunya, iPhone 15. Jadi, kamu gak usaha ribut lagi deh baterai cepat habis saat nonton konser idola.

Kabar itu pertama kali didengungkan di platform media sosial Weibo, mengutip pernytaan orang dalam Foxconn, perusahaan manufaktur elektronik yang membuat seri terbaru iPhone tersebut. Terlihat ada peningkatan kapasitas baterai yang cukup signifikan untuk jajaran iPhone 15. 

Baca juga: Intip Bocoran Harga & Spesifikasi Seri iPhone 15

Berikut kapasitas baterai jajaran iPhone 15 :
  • iPhone 15: 3877mAh (peningkatan 18 persen)
  • iPhone 15 Plus: 4912mAh (peningkatan 13,6 persen)
  • iPhone 15 Pro: 3650mAh (peningkatan 14,1 persen)
  • iPhone 15 Pro Max: 4852mAh (peningkatan 10,9 persen)

Mengutip 9to5Mac, kendati mengalami peningkatan kapasitas baterai, penting untuk diingat bahwa masa pakai baterai iPhone dipengaruhi oleh dua faktor utama, yakni ukuran masa pakai baterai dan efisiensi prosesor di dalam iPhone. 

Sementara itu, pada seri terbaru kemungkinan Apple akan beralih ke USB-C, mengingat ada peraturan Uni Eropa terkait pengisian daya di perangkat elektronik. Peralihan itu membawa smartphone Apple lebih dekat dengan jajaran iPad dan MacBook, yang sebagian besar telah memakai port tersebut. 

“Survei terbarunya menunjukkan semua iPhone baru 2023 akan meninggalkan Lightning dan beralih ke USB-C,” ujar analis Apple Ming Chi Kuo beberapa waktu lalu.

Adapun port USB-C akan mendukung kecepatan transfer data yang tinggi. Menurut Kuo, model iPhone 15 Pro akan mendukung setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3. Menurut Macrumors, dengan pemutakhiran, model iPhone 15 Pro akan dapat mentransfer video dan jenis file lainnya dengan kecepatan yang jauh lebih cepat.

Kecepatan transfer USB 2.0 dibatasi hingga 480Mb/dtk, sedangkan USB 3.2 mendukung kecepatan hingga 20Gb/dtk. Jika Apple menawarkan dukungan Thunderbolt 3 untuk model iPhone 15 Pro, kecepatan transfer data bisa mencapai 40Gb/dtk. 

Tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Pro juga kemungkinan akan ditenagai oleh prosesor A16 Bionic, yang diproduksi menggunakan proses manufaktur 5nm. Namun, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro diharapkankan menggunakan chip A17 Bionic baru yang diproduksi dengan proses fabrikasi 3nm .

Ukuran fabrikasi nanometer untuk sebuah chip mewakili jarak antara transistor pada chip. Semakin kecil jaraknya, semakin baik kinerja dan efisiensinya.

Di sisi lain, sumber dari perusahaan teknologi tersebut juga mengungkapkan iPhone 15 Pro akan berwarna merah tua. “Ini mungkin sedikit lebih terang daripada warna ungu tua iPhone 14 Pro, tetapi masih sangat dalam,” ungkap sumber tersebut. 

Untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, kemungkinan akan mendekati warna hijau iPhone 12 dan iPhone 11. Perangkat ini tersedia dalam warna hijau mint yang dihentikan dengan iPhone 13 dan tidak kembali dengan iPhone 14.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Wow, FML Terjual 6,2 Juta Kopi, SEVENTEEN Jadi Pemegang Rekor Album Terlaris Sepanjang Masa

BERIKUTNYA

Pemetaan Penonton & Kolaborasi Antar Seniman Penting untuk Menguatkan Ekosistem Seni Pertunjukan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: