Ify Alyssa (Sumber gambar: Seirama Records)

Ify Alyssa Merilis Single Roda-Roda, Ungkapan Senangnya Bermain Sepatu Roda

04 July 2023   |   22:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Segala hal, pengalaman, dan kesukaan seperti hobi tak jarang bisa menjadi inspirasi untuk membuat karya. Begitupun pada penyanyi muda Ify Alyssa. Berawal dari hobinya bermain sepatu roda, dia meluncurkan single baru berjudul Roda-Roda sebagai karya keduanya yang dirilis tahun ini.

Dalam durasi 3 menit 50 detik, makna lagu Roda-Roda cukup sederhana. Lewat lagunya, Ify mengutarakan perasaan bahagia tiap kali dia bermain sepatu roda sekaligus menyebarkan pesan suka cita kepada pendengarnya lewat irama musik yang riang.

Baca juga: Duo KAV Project Rilis Single Ketiga berjudul Tidurlah

Dibalut aransemen dengan genre samba-jazz garapan produser Ari Renaldi, dalam menggarap lagu ini, Ify mengaku banyak terinspirasi dari karya-karya musik komposer asal Brazil, Antonio Carlos Jobim.

Jazz bukanlah genre baru bagi Ify. Penyanyi kelahiran Bandung itu mengaku sudah dekat dengan genre jazz sejak dia kecil. Dia telah aktif mengikuti pergelaran jazz bergengsi serta kegiatan jam session sejak dia di bangku SD.

Tak tanggung-tanggung, dalam single ini, mantan personel grup vokal Blink itu turut menggandeng perkusionis asal Amerika, Steve Thornton, serta salah satu musisi jazz terbaik sepanjang masa, Miles Davis. Meski berada di benua yang berbeda, Ify mengaku tetap bisa menggarap single ini dengan dua musisi tersebut dengan baik.

“Kolaborasi antar negara bukan menjadi penghalang untuk berkarya, sehingga Steve merekam permainan perkusinya secara virtual dari negara tempat dia menetap,” ujar Ify.
 

Selain lagu, Ify juga merilis video klip dari single Roda-Roda di kanal YouTube pribadinya yang direkam menggunakan gawai. Selain untuk mendapatkan kesan visual yang lebih vintage, dia juga ingin membuktikan bahwa berkarya di zaman sekarang bisa dengan berbagai cara dan peralatan, salah satunya gawai yang kita gunakan sehari-hari.

Seperti lagunya, video klip single Roda-Roda juga menampilkan visualisasi dengan konsep cerita yang sederhana. Menampilkan Ify sebagai model klip, video itu bercerita tentang sang penyanyi yang hendak bermain sepatu roda, mulai dari memilih outfit yang tepat, hingga menyiapkan peralatan untuk bersepatu roda.

Video itu juga menceritakan Ify yang melakukan kegiatan lain seperti bersepeda, mengunjungi toko musik, hingga naik transportasi umum MRT. Sesampainya di tempat latihan, dia pun bersepatu roda dengan riang gembira menikmati hobi yang digemarinya. Dengan musik yang samba-jazz yang khas, lagu ini terdengar begitu riang dan menyenangkan.

Selain lagu dan video klip, untuk merayakan perilisan single Roda-Roda, Ify juga telah menyiapkan beberapa desain merchandise sesuai dengan tema lagu barunya itu untuk para pendengarnya yang biasa disebut Teman Seirama. Dengan gaya musik yang baru baginya, Ify berharap single Roda-Roda dapat menjadi angin segar bagi industri musik Indonesia saat ini.
 

Ify Alyssa (Sumber gambar: Seirama Records)

Ify Alyssa (Sumber gambar: Seirama Records)

Profil Ify Alyssa
Alyssa Saufika Umari atau yang lebih dikenal Ify Alyssa merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu kelahiran Bandung, 6 Desember 1996. Dia memulai karier bermusiknya sebagai salah satu finalis di ajang kompetisi bernyanyi Idola Cilik musim pertama.

Selepas kompetisi tersebut, Ify lantas tergabung dalam grup vokal Blink pada 2011 bersama Febby Rastanty, Ashilla Zee, Sivia Azizah, dan Agatha Pricilla. Dengan Blink, namanya semakin dikenal luas sebagai penyanyi berbakat.

Namun, umur grup vokal tersebut tidak lama. Pada 2017, Blink resmi dinyatakan bubar dan masing-masing personelnya pun memutuskan untuk berkarier solo, tak terkecuali Ify. Cucu dari aktris senior Farida Pasha ini lantas memulai debutnya sebagai penyanyi solo dengan merilis single Gitar pada 2017.

Meniti karier sebagai solois, Ify memutuskan untuk merilis karyanya secara independen tanpa bergabung dengan label musik, dengan alasan dia ingin jujur dengan musik yang dibuatnya dan sesuai dengan kemauannya tanpa diatur oleh perusahaan.

Baca juga: 4 Fakta Single Terbaru Alya Zurayya Berjudul Semoga Harimu Baik

Tiga tahun berselang, album perdananya pun lahir bertajuk Pelita Lara. Album yang dirilis pada 2020 itu telah didengar lebih dari 20 juta kali di platform musik digital. Lalu, dua tahun setelah album tersebut rilis, Ify pun menggelar perjalanan tur yang dihelat di 4 kota yaitu Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Sepanjang kariernya, dia telah merilis dua album yakni Pelita Lara (2020) dan Bermain Rintik di Musim Hujan (2022), serta satu album kompilasi berjudul Gapai Bintangmu (2008). Pada awal tahun ini, dia merilis single Semesta Menari yang menjadi pembuka dari penggarapan album barunya mendatang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Shinee Tampil Edgy di MV Terbarunya Juice, Tapi Onew Ke Mana Ya?

BERIKUTNYA

Meta Bakal Rilis Threads Pekan Ini, Aplikasi Berbasis Komunitas Saingan Twitter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: