KAV Project (Sumber gambar: KAV Records)

Duo KAV Project Rilis Single Ketiga berjudul Tidurlah

03 July 2023   |   19:54 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Di luar perannya sebagai bassist di grup band Nidji, Andro Regantoro memiliki proyek musik lain. Bersama Kavenda, dia membentuk duo bernama KAV Project. Duo yang debut pada Juni 2022 tersebut kini kembali menyapa pendengarnya dengan merilis single baru bertajuk Tidurlah.

Kavenda mengatakan cerita dari lagu ini berkisah tentang seseorang yang mengalami beban hidup dan stres yang berat sampai-sampai menganggu ketenangan jiwa dan pikirannya. Kondisi ini pun membuat orang tersebut kesulitan untuk tidur.

Meski terbilang unik dari segi materi yang mengangkat tentang kualitas tidur seseorang, Kavenda mengaku bahwa inspirasinya menulis lagu ini berangkat dari pengalaman pribadinya sendiri. Namun, lanjutnya, kisah ini juga tidak hanya dialami oleh dirinya sendiri melainkan orang-orang di sekitar KAV Project.

Baca juga: Duo KAV Project Rilis Single Anyar bertajuk Sesaat Menghilang

Melalui lagu ini, dia juga ingin memberikan satu karya musik yang diharapkan bisa menjadi teman sekaligus obat bagi pendengarnya yang merasakan pengalaman sepertinya. Hal itulah yang membuat aransemen lagu ini dibuat sederhana, sehingga bisa dinikmati oleh para pendengarnya.

"Tidurlah, karena saat kita coba memaksakan untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi di waktu kita stres, kita akan semakin tidak menemukan jawaban dari permasalahan kita tadi,” katanya.
 

d

Artwork single Tidurlah (Sumber gambar: KAV Records)

Dalam menggarap lagu ini, KAV Project juga melibatkan Stevie Ewok sebagai produser, dan Ipe Topan Trinanda dari Threesixty Music Studio pada proses mixing dan mastering.

"Kav Project berharap single terbaru ini bisa relate dengan keadaan semua pendengar di Indonesia dan bisa membantu banyak orang untuk menenangkan diri sekaligus berelaksasi," ucap Kavenda.

Selepas merilis single Tidurlah, Kavenda dan Andro akan mengadakan tur radio di beberapa titik di kota besar sekaligus tampil di beberapa titik di Jakarta. Selain itu, Kav Project juga kini tengah menyiapkan album debut mereka yang akan dirilis pada penghujung tahun ini. 
 

Sementara itu, KAV Project sendiri terbentuk lantaran Andro dan Kavenda yang sering terlibat dalam proyek penggarapan musik bersama. Awalnya, mereka kerap memproduksi lagu-lagu untuk musisi lainnya, hingga kemudian keduanya memutuskan untuk membuat single khusus untuk mereka sendiri.

Duo yang terbentuk pada masa pandemi ini pun memulai debut lewat single berjudul Setengah Mati yang dirilis pada Juni 2022. Lagu ini berkisah tentang keadaan seorang laki-laki yang merasa tersiksa dan terkikis rindu akan semua hal yang dicintainya.

"Kami ingin menceritakan perasaan seseorang ketika merasa rindu setengah mati terhadap sosok atau hal-hal yang dicintainya," kata Andro.

Lagu Setengah Mati diciptakan dalam formasi trio oleh Andro Nidji, Kavenda dan Jami. Selain terlibat dalam penulisan lagu, Andro Nidji dan Kavenda juga terlibat penuh dalam proses pembuatan nada, recording, mixing, hingga mastering.

Single ini disajikan oleh KAV Project dalam genre pop agar pendengar lagunya mudah tersentuh, merasakan, dan mampu mendalami kisah yang mereka ingin sampaikan. Serius dengan perilisan lagu pertama mereka, KAV Project juga terlibat dalam proses pembuatan video musik dari single ini.

Mereka juga tahun lalu telah merilis single kedua berjudul Sesaat Menghilang. Seperti judulnya, lagu ini bercerita tentang sebuah momen pertemuan sesaat yang disesali oleh seseorang karena kehilangan sosok yang dilihatnya. Kavenda mengatakan bahwa cerita lagu ini terinspirasi dari kejadian yang menurutnya dialami banyak orang.

Jika sebelumnya duo ini dikenal dengan lagu-lagu yang kental bernuansa akustik, dalam lagu ini mereka menambahkan elemen piano, synthesizer, dan banyak instrumen musik lainnya yang menghasilkan lagu dengan beat yang berbeda namun tetap bisa dinikmati para pendengarnya.

"Ini tentu menjadi langkah awal transisi dari KAV Project untuk menghadirkan format full band dan lagu-lagu yang lebih up beat ke depannya," tutur Kavenda.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Menanti Barbie Tayang, Cek Juga Film Margot Robbie Lainnya yang Tak Kalah Seru

BERIKUTNYA

Intip 5 Lukisan Termahal Perupa Indonesia yang Laku dengan Harga Fantastis di Balai Lelang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: