Prambanan Jazz (Sumber gambar: Prambanan Jazz Official Instagram)

4 Festival Musik Jazz Siap Digelar Juli 2023, Prambanan Jazz hingga Bajafash

04 July 2023   |   19:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi kalian penggemar musik jazz. Sepanjang Juli ini, sederet festival musik jazz siap digelar di berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya diisi oleh musisi dalam negeri, beberapa hajatan musik ini juga turut dimeriahkan oleh jajaran musisi internasional yang sayang untuk dilewatkan.

Selain menikmati sajian pertunjukan musik spesial dari para idola, sejumlah festival musik ini juga sekaligus bisa menjadi ajang berwisata dengan keluarga ataupun teman karena lokasi acaranya yang tersebar di berbagai daerah destinasi populer.

Baca juga: Festival Musik Pop Melayu Pentastik Siap Digelar, Cek Cara Beli Tiketnya

Berikut ini adalah 4 festival musik jazz yang siap digelar sepanjang Juli 2023.


1. Prambanan Jazz 2023 (7-16 Juli)

 

Prambanan Jazz merupakan salah satu festival musik jazz besar di Indonesia. Setiap tahunnya, festival musik ini selalu menyuguhkan rangkaian acara pertunjukan musik yang spektakuler. Tak tanggung-tanggung, tahun ini, Prambanan Jazz akan dihelat selama 6 hari yang akan dibagi menjadi 2 waktu selama dua minggu dan akan dihelat di Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta.

Gelaran pertama akan digelar pada 7-9 Juli 2023, sedangkan gelaran keduanya dijadwalkan pada 14-16 Juli 2023. Ratusan musisi dalam maupun luar negeri pun siap menggebrak panggung Prambanan Jazz 2023 diantaranya Scott Bradlee's Postmodern Jukebox, Lukas Graham, Eric Benet, Kahitna, Dewa 19, Tulus, Rhoma Irama & Soneta Group, dan Trio Lestari.

Selain itu, hadir pula musisi lain seperti Nadin Amizah, Bilal Indrajaya, Pusakata, Reza Artamevia, Kla Project, Denny Caknan, Kunto Aji, Yura Yunita, Pamungkas, dan The Gentlemen (Fariz RM, Deddy Dhukun, Mus Mujiono, Tony Wenas). Adapun, tiket Prambanan Jazz 2023 dibanderol mulai dari Rp250.000 hingga Rp1 juta.


2. Jazz Gunung Bromo 2023 (21-22 Juli)

 


Salah satu festival musik jazz yang tidak boleh terlewat juga yakni Jazz Gunung Bromo. Dihelat pada 21-22 Juli 2023, festival musik tahunan ini mengusung tema Indahnya Jazz, Merdunya Gunung. Seperti temanya, kalian akan menikmati suasana menikmati festival musik yang berbeda karena lokasinya yang dekat dengan pegunungan ikonik Bromo.

Tahun ini, Jazz Gunung Bromo akan digelar di Amfiteater Jiwa Jawa Resort Bromo. Sederet lineup pun siap untuk menghibur para penggemar musik jazz seperti Ardhito Pramono, Deredia, Indrianto feat. Atiek CB, Salma Salsabil, Yura Yunita, dan Margie Segers & Ermy Kullit feat Yongkeys. Adapun, tiket Jazz Gunung Bromo 2023 dibanderol mulai dari Rp400.000 hingga Rp3,7 juta.


3. Ubud Village Jazz Festival 2023 (28-29 Juli 2023)

 

Bali pun memiliki satu gelaran festival musik jazz tahunan bernama Ubud Village Jazz Festival. Festival musik jazz terkurasi, intimate, dan ramah lingkungan ini akan digelar pada 28-29 Juli 2023 di Sthala Ubud, Bali. Berbeda dari beberapa gelaran festival musik jazz di Indonesia, Ubud Village Jazz Festival justru lebih banyak menghadirkan jajaran lineup musisi internasional.

Sederet musisi yang akan tampil di Ubud Village Jazz Festival 2023 diantaranya Kevin Hays Trio, Amanda Lee Swingtet, Galaxy Big Band Jazz Orchestra, New Centropezn feat. Dian Pratiwi, Jiho Lee Trio, Jazz Centrum Quartet, dan Pere Bujosa Trio. Adapun, tiket Ubud Village Jazz Festival 2023 dibanderol mulai dari Rp650.000 hingga Rp900.000.


4. Bajafash 2023 (28-29 Juli 2023)

 


Bajafash merupakan akronim dari Batam Jazz and Fashion.  Bajafash adalah acara musik dengan konsep yang berbeda karena memadukan konser musik jazz dengan fesyen. Festival musik ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pecinta musik jazz dan fesyen, serta mendukung Kota Batam sebagai salah satu fashion hub untuk brand lokal maupun internasional.

Menariknya, Bajafash juga telah mendapatkan kesempatan dari UNESCO dan Thelonius Mosk Institute menjadi mitra penyelenggara International Jazz Day.

Baca juga: Marina Bay Sands Singapura Siap Gelar Festival Musik, Ada Ellie Goulding hingga J Balvin

Digelar pada 28-29 Juli 2023 di Panbil Eco Edu Park, Bajafash 2023 akan diramaikan oleh sederet musisi diantaranya Sheila Majid, Maliq & D'Eseentials, Second Brain, Rio Moreno ft. Rudy Djoe, dan Dua Empat ft. Hansen Arief & Joshua Alexander. Adapun, tiket Bajafash 2023 dibanderol mulai dari Rp250.000 hingga Rp450.000.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menikmati Musik di Ketinggian Bromo, Festival Jazz Gunung Hadir 21-22 Juli 2023

BERIKUTNYA

Menpora Kawal Persiapan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: