Persiapan yang pernah dilakukan untuk ajang Piala Dunia U20 membuat persiapan Piala Dunia U17 tidak terlalu banyak (Sumber gambar ilustrasi: pexels./ spesies)

Menpora Kawal Persiapan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17

04 July 2023   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintah memastikan bahwa Indonesia siap menggelar ajang Piala Dunia sepak bola pria kategori usia 17 tahun atau Piala Dunia FIFA U-17 pada akhir tahun ini. Saat ini, Indonesia tengah menunggu keputusan federasi terkait detail penyelenggaraan ajang tersebut. 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa Indonesia sudah siap lantaran sebelumnya telah melakukan sejumlah persiapan untuk penyelenggaraan ajang Piala Dunia U-20. Dengan begitu, tidak banyak perubahan. "Ini tinggal menunggu keputusan resmi dari FIFA untuk detailnya," katanya kepada Hypeabis.id, Selasa, 4 Juli 2023. 

Baca juga: Hore, FIFA Pilih Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Dia menuturkan pemerintah juga mempersiapkan 22 stadion di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut Piala Dunia U-17 dan seluruh olahraga. Menurutnya, Presiden Joko Widodo menginginkan seluruh stadion yang ada di dalam negeri bisa dipakai secara optimal. 

Adapun stadion yang akan digunakan untuk perhelatan ajang Piala Dunia U-17 akan ditentukan oleh federasi sepak bola dunia.  Sebelumnya, federasi sepak bola internasional FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang dijadwalkan bakal berlangsung pada November 2023.

Kabar itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir melalui akun Instagramnya. "Indonesia telah dipercaya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 2023," tulisnya. 

Dikutip dari laman PSSI, FIFA menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 melalui keputusan bersama dalam sidang FIFA Council yang diadakan di markas federasi sepak bola seluruh dunia itu di Zurich, Swiss, pada Jumat (23/6/2023) petang waktu setempat. 

Terkait dengan keputusan itu, Erick menuturkan bahwa amanah itu merupakan bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia.  Persiapan menjadi perhatian baginya lantaran sebagai tuan rumah yang baik menjadi hal yang penting. Dia berharap persiapannya berjalan lancar dan berbuah sukses.

Penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup 2023 sejauh ini masih sesuai jadwal, yakni dari 10 November sampai dengan 2 Desember 2023. Dengan mengacu jadwal ini, Indonesia hanya memiliki sekitar 5 bulan untuk mempersiapkannya. 

Baca juga: Cek Perolehan Poin FIFA Indonesia Setelah Kalah dari Argentina

Dalam laman FIFA, keterangan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 terdapat dalam bagian informasi tentang Dewan yang menunjuk Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia Klub FIFA yang baru, dan jumlah tim yang ikut mengalami penambahan menjadi 32. 

Dalam informasi itu, FIFA menuliskan bahwa Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Festival Musik Jazz Siap Digelar Juli 2023, Prambanan Jazz hingga Bajafash

BERIKUTNYA

Astaga! Ada Kasus Siswa Bakar Sekolah, Psikolog Ingatkan Efek Bahaya Bullying

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: