Penampilan 7 Bintang di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Nirmala Aninda)

Menantikan Kolaborasi Musisi Dalam & Luar Negeri di Java Jazz Festival 2022 

25 May 2022   |   20:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jakarta International BNI Java Jazz Festival akan berlangsung pada akhir pekan ini, 27-29 Mei 2022. Gelaran tersebut dipastikan bakal menghadirkan penampil atau musisi dari dalam dan luar negeri, serta kolaborasi di antara keduanya. 

Tim Program Java Jazz Festival Production, Nikita Jeffrey Dompas, menyatakan bahwa festival musik Java Jazz Festival tahun ini secara total menampilkan 542 artis, dengan 69 grup dari Indonesia dan 22 grup musik  yang berasal dari luar negeri. 

Salah satu hal menarik yang selalu dilakukan oleh tim produksi adalah menghadirkan kolaborasi antar musisi lintas usia dan lintas genre, baik antara penampil lokal dengan lokal maupun penampil lokal dengan internasional. 
 
“Dari tahun sebelumnya, kami juga mengadakan kolaborasi antara musisi dalam dan luar negeri. Bentuknya bisa penampilan atau misalnya aransemen musisi lokal dimainkan musisi luar negeri,” katanya dalam konferensi pers Java Jazz Festival di Jakarta (25/5). 

Baca Juga : Begini Persiapan hingga Bocoran Line-Up Java Jazz Festival 2022 

Nikita mengatakan bahwa kolaborasi ini telah menjadi budaya dari pelaksanaan Java Jazz Festival dari tahun ke tahun. Hal ini dilakukan acara tersebut tidak hanya menjadi panggung bagi pencinta musik untuk menyaksikan musisi lokal atau luar saja. 

Selain itu, langkah ini juga diharapkan bisa memberikan wadah dan kesempatan bagi para pelaku musik Tanah Air untuk bisa bekerja secara profesional dengan musisi luar negeri. Harapannya, akan terbuka peluang baru bagi mereka  di tingkat internasional. 

Disebutkan bahwa beberapa musisi Indonesia yang akan tampil berkolaborasi dengan musisi luar negeri antara lain Ahmad Dhani feat. Ron King Big Band dan Adikara Fardy feat. Ron King Horn Section. Selain itu, Tony Monaco dan PJ Morton juga disebut akan tampil bersama musisi lokal, tetapi masih belum diumumkan. 

Selain kolaborasi musisi lokal dan internasional, panggung Java Jazz Festival juga akan menghadirkan kolaborasi antar-musisi dalam negeri lintas generasi. Ini termasuk penampilan dari Erwin Gutawa feat. Ruth Sahayana, Lea simanjuntak, dan Andmesh Kamaleng. 

Tak hanya itu, ada juga nama besar insan musik Indonesia seperti Fraiz RM feat. Oslo Ibrahim dan Faye Risakotta serta Candra Darusman feat. Dira, Sandhy Sandoro, Rifan Kalbuadi, dan Natasya Elvira yang akan menyuguhkan sajian bersama. 

Baca Juga : Catat, Begini Penerapan Protokol Kesehatan di Java Jazz Festival 2022 

Berikut ini adalah kolaborasi musisi penampil Java Jazz Festival—ft. lokal, lokal ft. asing, asing ft. asing—yang sudah dipastikan bakal manggung selama acara berlangsung :
  • Erwin gutawa feat ruth sahayana, lea simanjuntak, andmesh kamaleng
  • Jeff lorber Fusion Trio with Joel Taylor and Nate Phillips. 
  • Bass G Feat Matthew Sayaresz 
  • Adikayra Fardy feat Ron King Horn Section 
  • Ahmad Dhani feat Ron King Big Band 
  • Batavia Collective feat Kuba Skowronski & Kamga 
  • Candra Darusman feat Dira, Sandhy Sandoro, Rifan Kalbuadi, Natasya Elvira 
  • Fariz RM feat. Oslo Ibrahim & Faye Risakotta, 
 
Editor :  Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Kiat Ciptakan Smart Home yang Ramah Kantong

BERIKUTNYA

Pengalaman Menjajal Produk Audio Sony Terbaru, WH-1000XM5 & LinkBuds S 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: