Kapten JKT48 Shani Indira Natio umumkan kelulusan. (Sumber gambar : Shani/Instagram)

Sedih! Shani Umumkan Lulus dari JKT48, Intip Makna di Balik Istilah Graduation?

03 July 2023   |   13:24 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabar duka dan kesedihan sepertinya sedang menyelimuti para Wota. Pasalnya, Kapten JKT48 Shani Indira Natio mengumumkan graduation atau kelulusan dari grup idola yang telah membesarkan namanya selama hampir 10 tahun bergabung ini.

Pengumuman itu disampaikan Shani langsung usai manggung dalam acara JKT Summer Festival 2023 di Tennis Outdor Senayan, Jakarta, Minggu, (2/7/2023). “Dan saya Shani dari generasi ketiga kapten JKT48 mengumumkan akan lulus dari JKT48,” ujarnya disambut tangis haru para member dan Wota yang hadir. 

Shani juga menyampaikan kelulusan itu melalui sebuah foto di Instagram, sebelum pentas. Dia berterima kasih kepada penggemar yang sudah datang dan seru-seruan bareng di Summer Festival. “Lega akhirnya bisa ngomong ini ke kalian,” imbuhnya. 

Baca juga: Mengenal Caroline, Karakter Favorit Shani JKT48 di Gim Free Fire

Anggota generasi ketiga JKT48 itu mengatakan keputusan graduation dari grup sudah terlintas berkali-kali dan sudah dipikirkan sejak lama. Bukan hal yang mudah untuk diputuskan, terlebih dia bergabung dengan JKT48 cukup lama, yakni 9,5 tahun, sejak 2014 lalu. “Tapi apapun yang terjadi di baliknya itu perjalanan yang luar biasa,” kata Shani.

Proses yang cukup panjang membuat Shani berterima kasih untuk semua dukungan yang telah diberikan kepadanya. Baik dari para membe JKT48, staf, fans, maupun pihak-pihak yang membantu grup serta karirnya. 

Meskipun tidak lagi bersama JKT48, dia berharap akan ada kesempatan dan momen yang bisa dikenang bersama member maupun fans. “Aku bukan seorang Shani yang sekarang tanpa kalian semua,” tambahnya.
  
Unggahan foto terakhir di Instagram Shani langsung dibanjiri komentar pasca dia mengumumkan kelulusan. Hingga berita ini ditulis, ada 18.708 pengguna Instagram yang menuliskan komentarnya di postingan tesebut.
 

Selain dukungan, tidak sedikit mereka yang bersedih Shani lulus dari JKT48. “Masih gak kuat, udah beruntung tribun gak kehujanan eh malah mata asing yg ujan, ci. Dahlah,” tulis pengguna Instagram @mchrdi

Dengan lulusnya Shani, kini tersisa dua anggota generasi ketiga di JKT48, yakni Shania Gracia dan Feni Fitriyani. Sebelumnya, Fransisca Saraswati Puspa Dewi terlebih dulu mengumumkan graduation. Kendati demikian, belum diketahui kapan Sisca maupun Shani akan melakukan upacara kelulusan.


Graduation JKT48

Istilah graduation cukup dikenal di kalangan penggemar JKT48. Dikutip dari berbagai sumber, graduation pada grup idola ini merupakan pengumuman bahwa member lulus dari grup. Label graduation tidak serta merta membuat member tersebut keluar, mereka masih tetap bekerja di JK48 sampai last show atau pertunjukan terakhir di teater atau graduation event

JKT48 diketahui memiliki tempat khusus untuk mereka tampil, yakni di JKT48 Theater yang terletak di FX Sudirman, Senayan, Jakarta. Graduation event serupa dengan acara perpisahan atau wisuda perkuliahan.

Berbeda dengan graduation, ada pula istilah resign atau mengundurkan diri. Member tersebut langsung keluar di hari yang sama. Biasanya pengumuman itu disampaikan melalui official website JKT48. Jika member tersebut resign, dia tidak lagi terlibat dengan JKT48.

Satu lagi yang perlu Wota tau, ada pula istilah keluar atau dipecat. Member tersebut secara sepihak dikeluarkan oleh manajemen JKT48. Pemecatan dilakukan karena melanggar kontrak maupun aturan yang dibuat JKT48.

Baca juga: Wota Merapat, JKT48 Umumkan 14 Member Baru Gen 11

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Pendanaan dan Sinergitas Jadi Dua Tantangan Utama Pengembangan Jakarta Smart City

BERIKUTNYA

Lukisan Abstrak Seniman Bandung Christine Ay Tjoe Dilelang di Singapura Rp 14,5 Miliar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: