Ilustrasi liburan di pantai. (Sumber gambar: Freepik/tawatchai07)

5 Tip Liburan Singkat Berkualitas saat Cuti Bersama

28 June 2023   |   15:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintah menetapkan cuti bersama Iduladha 1443 Hijriah pada 28 dan 30 Juni 2023. Dengan demikian, sebagian besar masyarakat bisa mendapatkan 5 hari libur pada pekan ini. Genhype bisa memanfaatkan momen ini untuk berlibur bersama keluarga.

Kendati demikian, menyiapkan liburan yang matang dalam waktu singkat bisa menjadi tantangan. Kalian perlu menyiapkan akomodasi,  transportasi, dan konsumsi dengan segera. Untung saja, dengan adanya teknologi, permasalahan tersebut kini dapat diatasi. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Mengisi Libur Sekolah & Iduladha

Kalian bisa memesan akomodasi dan transportasi sekaligus dalam sekali klik di platform-platform penyedia layanan wisata. Jika malas pergi jauh, kalian bisa kok memanfaatkan sejumlah lokasi di dalam kota, seperti staycation saja.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk memanfaatkan cuti bersama Iduladha sekaligus libur panjang sekolah.


1. Staycation di Hotel Berbintang

Staycation menjadi tren sejak pandemi Covid-19 guna mengusir kejenuhan akibat tidak bisa liburan ke luar kota. Kegiatan menginap di hotel hingga homestay di area sekitar ini juga berlaku buat kalian yang enggan capek ke luar kota atau ke luar negeri pada momen libur hari raya.

Kalian bisa bermalam di hotel bintang lima. Manfaatkan berbagai fasilitasnya, seperti spa, makan malam romantis, hingga fasilitas olahraga premium, yang dapat memanjakan diri selama liburan singkat saat cuti bersama dan me-recharge energi.
 
Biar lebih gampang, lakukan reservasi secara langsung atau melalui aplikasi pihak ketiga. Siapa tahu ada diskon menarik yang ditawarkan karena biasanya penyedia layanan pemesanan akomodasi menyediakan ragam voucer pada hari-hari besar keagamaan dan libur sekolah.


2. Piknik di Dalam kota

Ya, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat tanpa perlu ke luar kota atau luar negeri. Selain staycation, kalian bisa mengajak keluarga atau teman mencoba berbagai transportasi publik dan berkeliling ke berbagai tujuan di dalam kota. Mulai dari wisata kuliner, mengunjungi museum hingga piknik sejenak di taman, kebun raya, ataupun pantai di sekitar daerah lingkunganmu.

Jangan lupa untuk membawa tikar, serta masakan atau camilan favorit keluarga. Rasakan udara segar dan momen hangat ini yang pasti menjadi kenangan seru di tengah libur hari raya.

 
3. Kamping Yuk!

Suasana serba hijau dengan udara segar serta pemandangan alam yang indah dapat secara instan membangkitkan mood dari hiruk pikuk perkotaan. Kamping dapat dijadikan pilihan untuk mengisi liburan singkat yang mengesankan. Tiket masuk atau menyewa area camping pun sangat terjangkau, mulai dari puluhan ribu rupiah.

Buat warga Jakarta dan sekitarnya, ada banyak spot kamping di daerah Bogor yang bisa kalian kunjungi. Bahkan beberapa diantaranya menyediakan alat kamping di lokasi. Jadi, kalian tinggal bawa perlengkapan pribadi saja ya.


4. Ke Pantai & Pulau Saja

Buat warga Jakarta, kalian enggak cuma punya Ancol loh. Genhype bisa berwisata ke Pulau Seribu yang punya beberapa pulau dengan pantai pasir putih dan airnya yang hijau. 

Saat ini banyak penyedia trip singkat untuk membawa kalian ke beberapa bagian Pulau Seribu seperti Pulau Tidung, Pulau Sepa, Pulau Ayer, Pulau Semak Daun, yang memiliki pantai dan pesona alam laut yang indah. Atau, kalian bisa ke Pulau Merak Kecil di Banten, yang saat ini digemari warga Ibu Kota. 
 

5. Kulineran di Dalam Kota

Jika lokasi wisata hits seperti pantai selalu ramai ketika libur tiba. Genhype bisa beralih dengan wisata kuliner di dalam kota untuk mengisi liburan cuti bersama. 

Ajak keluarga, sahabat, atau teman kalian untuk ke pusat-pusat kuliner seperti Blok M, Jalan Sabang, Pasar Santa, Pecenongan, Pasar Baru, Benhil, Mangga Besar, dan lainnya. Kalian bisa menemukan ragam makanan khas daerah hingga internasional dengan harga ramah kantong di sana. Atau,  kulineran di PIK 2 yang saat ini sedang hits. 

Baca juga: Jelang Libur Sekolah dan Iduladha, Potensi Sektor Wisata Indonesia di Era Endemi Meningkat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Ide Dekorasi Ruang Tamu untuk Sambut Iduladha, Bikin Ruangan Lega & Nyaman

BERIKUTNYA

8 Makanan Khas Iduladha di Berbagai Negara, Ada Biryani & Maqluba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: