Sumber Foto ( femaledaily.com )

5 Rekomendasi Film Bertema Perjuangan Seorang Ibu yang Mengharu Biru

28 June 2023   |   20:49 WIB

Apalah artinya dunia ini tanpa peranan seorang ibu. Layaknya cahaya yang menyinari kehidupan, ibu mengambil peran besar dalam melihat lika-liku kehidupan bagi anak-anaknya. Berbicara mengenai sosok ibu tidak akan pernah ada habisnya, bahkan menjadi tema menarik dalam berbagai film..

Ya, sosok sentral ibu dalam kehidupan seorang anak, mulai dari masa kandungan, dilahirkan hingga dibesarkan, dia selalu memberikan kasih sayang dan berjuang dengan keringat untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi si buah hati.. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Film Indonesia Hasil Adaptasi Novel Populer

Berbagai cerita perjuangan sosok ibu ini dapat kita saksikan dalam sejumlah film populer, yang sebagiannya diangkat dari kisah nyata. Berikut rekomendasi film bertema perjuangan dan pengorbanan seorang ibu yang menarik untuk ditonton dan dipetik pelajarannya.


1. The Good Bad Mother ( 2023 )

Sumber Foto (rottentomatoes.com)

Sumber Foto (rottentomatoes.com)

Film ini menceritakan sosok dan peranan seorang ibu dalam mendidik dan membesarkan anaknnya seorang diri. Segala konflik dan drama yang menghiasi alur cerita benar-benar membawa kita untuk melihat lebih jauh kehidupan dunia secara nyata yang sebenarnya dari seorang ibu. Perjuangan seorang ibu benar-benar digambarkan nyata di dalamnya.

Film ini menampilkan sosok Young Soon, seorang ibu tunggal dan peternak babi yang membesarkan putranya Kang Ho seorang diri. Terlepas dari cintanya, pengasuhannya yang ketat menyebabkan Kang Ho memandangnya sebagai ibu yang buruk.

Saat dia beranjak dewasa, Kang Ho menjadi jaksa berhati dingin dan menjaga jarak dari ibunya. Namun, sebuah kecelakaan tak terduga menyebabkan dia kembali ke kampung halamannya dan memulai kembali babak kehidupannya.

Di sini, dia bertemu kembali dengan teman masa kecilnya, Mi Joo. Kang Ho pun terhubung kembali dengan kehidupan masa lalunya yang mengarah pada pengalaman transformatif. Bersiaplah saat menonton film ini, karena ada banyak cerita mengharukan dalam setiap alur ceritanya. 


2. Mrs Chatterjee Vs Norway ( 2023) 

Sumber Foto ( lehren.com)

Sumber Foto ( lehren.com)

Mrs Chatterjee Vs Norway merupakan film yang terinspirasi dari kisah nyata pasangan India yang anak-anaknya dibawa pergi oleh otoritas Norwegia pada 2011. Film ini mendeskripsikan bagaimana kisah keluarga India yang tinggal di Norwegia mengalami masalah dalam penyesuaian kebiasaan dan budaya.

Namun akibat perbedaan budaya dalam mendidik anak mereka, akhirnya membuat mereka berurusan dengan perkara hak asuh anak mereka dengan pihak pemerintah karena dinilai tidak mampu memberikan kualitas hidup dan pendidikan yang baik, untuk anak-anaknya. 

Mrs Chatterjee Vs Norway juga sebuah film drama hukum berbahasa Hindi India tahun 2023 yang ditulis dan disutradarai oleh Ashima Chibber. Film ini dibintangi oleh Rani Mukerji, Anirban Bhattacharya, Neena Gupta dan Jim Sarbh.


3. Under The Queen Umbrella (2022) 

Sumber Foto (Themoviedb.org)

Sumber Foto (Themoviedb.org)

Film ini bertemakan drama kerajaan yang mengisah pengorbanan dan usaha seorang ibu sekaligus seorang ratu dalam melatih dan menjaga anak-anaknya. 

Film Under The Queen's Umbrella mendeskripsikan kisah seorang Ratu Hwaryeong (pemain Kim Hye Soo) yang seharusnya bersikap anggun dan bijaksana, namun melawan segala ketentuan istana ketat dan berusaha keras untuk melindungi putra-putranya.

Dia dikaruniai lima putra alias pangeran muda yang mejadi pembuat onar dalam kerajaan. Dia akhirnya menyerah dengan ketentuan istana dan mencoba mengubah putra-putranya menjadi lima pangeran gagah yang memenuhi ekspektasi publik.

Kisah dalam film ini menarik ditonton karena menjelaskan bagaimana kehidupan kerajaan yang sesungguhnya dengan aturan dan konflik di dalamnya. Bagaimana peranan seorang ratu dalam kerajaan yang sekaligus memiliki kewajiban menjalankan tugas seorang ibu yang bijak dalam menjaga keluarganya tetap utuh. Namun dalam perjalanannya menyimpan banyak kisah tersembunyi dalam hatinya. 


4. Maid (2021)

Sumber Film (Usa.newonnetflix.info)

Sumber Film (Usa.newonnetflix.info)
 

Maid menceritakan kisah perjuangan Alex Russell (Margaret Qualley), seorang ibu yang berjuang menghidupi dirinya dan putrinya, Maddy Boyd (Rylea Nevaeh).

Alex Russel merupakan seorang ibu muda yang harus menjadi orang tua tunggal. Dia memutuskan untuk kabur dari rumah karena ingin lepas dari cengkraman sang suami, Sean Boyd (Nick Robinson), yang kerap berlaku kasar dan intimidasi terhadap dirinya. 

Dia pun berjuang keras untuk menjadi seorang ibu yang tangguh bagi anaknnya, dan rela berkerja di mana saja hingga menjadi pembantu untuk mencukupi kebutuhan hidup anaknnya. Film ini menggambarkan bagaimana kerasnnya hidup menjadi sosok orang tua tunggal. 

Film ini menjadi rekomendasi film bertema ibu. Namun ceritanya mengandung unsur kekerasan dan permainan karakter yang kuat dari kehidupan keluarga yang kurang harmonis.


5. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri ( 2017) 

Sumber Foto (themoviedb.org)

Sumber Foto (themoviedb.org)

Film bergenre drama kriminal yang disutradarai oleh Martin McDonagh ini menceritakan tentang seorang ibu yang menuntut keadilan atas kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap putrinya.

Ceritanya berkisah tentang seorang ibu yang melakukan segala cara untuk menemukan pembunuh anaknnya. Alur ceritanya menarik antusias penonton lantaran digambarkan secara gamblang perjuangan dan tantangan yang dihadapinya dalam mencari keadilan. 

Dibintangi oleh Frances McDormand sebagai seorang wanita Missouri yang menyewa tiga papan reklame pinggir jalan untuk menarik perhatian pada pemerkosaan dan pembunuhan putrinya yang belum terpecahkan.

Baca juga: Rekomendasi Film Pendek Karya Anak Bangsa yang Bikin Takjub

Film tersebut disajikan secara teatrikal di Amerika pada November 2017 dan di Britania Raya pada Januari 2018 oleh Fox Searchlight Pictures, dan meraup US$160 juta di box office seluruh dunia.

Demikian lima rekomendasi film bertema perjuangan dan pengorbanan seorang ibu bagi anak-anak nya.  Jika ingin merasakan seksasinnya secara langsung dan bagimaan alur film yang disajikan tahu lebih lanjut mengenai kisah seorang ibu, pastikan kalian menonton.  

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Jin Ki-joo dan Kim Dong-wook Bicara Tentang Karakternya di Drakor My Perfect Stranger

BERIKUTNYA

Profil Rahmat Hidayat, Partner Baru Kevin Sanjaya di Bulu Tangkis Indonesia Ganda Putra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: