Ramat Hidayat (sumber gambar Insyagram Rahmat._17)

Profil Rahmat Hidayat, Partner Baru Kevin Sanjaya di Bulu Tangkis Indonesia Ganda Putra

28 June 2023   |   21:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Nama Rahmat Hidayat baru-baru ini menjadi perbincangan hangat netizen usai dipasangkan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo di ajang olahraga bulu tangkis ganda putra. Keputusan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu diambil lantaran pasangan Kevin, yakni Marcus Fernaldi Gideon masih menjalani operasi tumit kaki kanan akibat cedera.

Pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi mengatakan Rahmat Hidayat merupakan pasangan yang pas karena Kevin sendiri yang memilih pemain kelahiran Batam itu sebagai tandem barunya. Menurut pria yang akrab disapa Herry IP itu, alasan utama  salah satu The Minions itu memilih Rahmat karena lebih mudah dalam berkomunikasi.

Baca juga: Ganda Putra Badminton Kevin & Marcus Diprediksi Turun dari Peringkat 1 Dunia

"Saya sudah bicara dengan Kevin. Saya kasih pilihan, ternyata dia memilihnya Rahmat. Mungkin karena Rahmat sudah di tim utama, sering sparring, kadang diajak makan, jalan juga sama Kevin. Jadi, komunikasinya lebih nyambung,” papar Herry dikutip dari keterangan resmi PBSI, Rabu (28/6/23).
 

Seperti Kevin, Rahmat merupakan salah satu pemain binaan PB Djarum yang bergabung pada 2017. Tak hanya itu, meski masih muda Rahmat merupakan salah satu pemain sarat prestasi di dunia bulu tangkis Indonesia. Dua tahun sejak bergabung pemain kelahiran Batam itu bahkan pernah menyabet 12 gelar juara baik di level nasional maupun internasional.

Tak hanya itu, beragam gelar juara tidak hanya dibukukan Rahmat di sektor ganda putra saja melainkan juga di ganda campuran. Sebelumnya Rahmat memang pernah dengan dipasangkan dengan Muhammad Rayhan Nur Fadillah hingga Pramudya Kusumawardana di beberapa turnamen tahun lalu menyusul cederanya Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Bersama Pramudya, Rahmat juga sempat meraih gelar juara di Indonesia Masters 2022 Super 100 dan Indonesia International Challenge 2022. Keduanya saat itu berhasil mengalahkan unggulan pertama asal China He Ji Ting dan Zhou Hao Dong, serta unggulan ketiga Jepang Hiroki Okamura dan Masayuki Onodera.

Setelah memasangkan Kevin dengan Rahmat, PBSI saat ini juga tengah berhitung soal turnamen yang akan diikuti pasangan sementara ini. Menurut pelatih yang dijuluki Coach Naga Api itu saat ini pihaknya memang masih menghitung jumlah poin dan turnamen mana dulu yang akan diikuti oleh mereka.

Sementara itu, Marcus dan Kevin baru-baru ini  memang tidak mengikuti turnamen Indonesia Open 2023 di Istora Senayan Jakarta, pada 13–18 Juni 2023 karena cedera. Herry sebelumnya mengatakan cedera tersebut telah dirasakan Marcus pada laga di Singapore Open di awal Juni tahun ini. Oleh karena itu PBSI dengan langkah sigap langsung mencari pengganti Marcus.

Dilansir dari laman resmi BWF, nama Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo  sebelumnya memang masih menjadi pasangan peringkat pertama untuk kategori ganda putra Indonesia. Pasangan yang mendapatkan julukan The Minions itu tercatat memperoleh poin sebanyak 104.727 dengan 24 turnamen sampai dengan 13 September 2022. Pasangan ini tercatat menduduki singgasana peringkat tertinggi selama 226 minggu.

Selain Marcus dan Kevin, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan serta Fajar Alvian, dan Muhammad Rian Ardianto adalah penggawa ganda putra Indonesia yang masing-masing berada di peringkat empat dan 6. Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan tercatat memperoleh 96.445 poin dengan 34 turnamen. Sementara itu, Fajar Alvian dan Muhammad Rian Ardianto memiliki 84.755 poin dengan 32 turnamen.

Baca juga: Ini Alasan Tim Badminton Indonesia Batal Mengikuti BWF World Championship 2021

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Film Bertema Perjuangan Seorang Ibu yang Mengharu Biru

BERIKUTNYA

4 Restoran di Jakarta Bertema Timur Tengah, Cocok Didatangi Saat Libur Panjang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: