Rekomendasi Film Adaptasi Novel (Sumber Foto: iMDB)

6 Rekomendasi Film Indonesia Hasil Adaptasi Novel Populer

09 May 2023   |   18:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Rasanya ada sensasi yang beda saat melihat tokoh-tokoh dalam novel favoritmu memerankan adegan-adegan secara nyata dalam film. Pada dasarnya sebagai pembaca kalian hanya bisa membayangkan apa yang dideskripsikan dalam buku melalui tulisan.

Indonesia sendiri punya banyak film menarik dan berkualitas yang ceritanya diadaptasi dari novel best seller. Tak jarang filmnya pun turut mendulang sukses mengikuti popularitas novelnya. Nah, berikut rekomendasi film yang diadaptasi dari novel populer di Indonesia.

Baca juga: Diangkat dari Novel Legendaris, Simak Fakta Menarik Film Balada Si Roy


1. Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (2023)

Film ini menceritakan Aurora yang dipertemukan dengan pria idamannya, Jem di London. Jem merupakan seorang seniman yang sedang naik daun sekaligus senior di kampusnya. Jem dan Aurora sama-sama perantau dari Indonesia. Kehidupan Aurora terasa sempurna, sampai dia menemukan sisi lain Jem yang terpaksa membuatnya mengorbankan kuliah serta meninggalkan mimpinya begitu saja.

Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang merupakan film adaptasi dari novel karya Marchella F.P yang juga penulis dari novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Film ini dibintangi oleh Sheila Dara Aisha, Rio Dewanto dan Rachel Amanda. Kisahnya makin menarik dengan hadirnya tiga karakter baru yang diperankan oleh Jerome Kurnia, Lutesha dan Ganindra Bimo pada versi filmnya.


2. Balada Si Roy (2023)

Balada si Roy merupakan diadaptasi dari novel populer berjudul sama karya Gol A Gong, untuk versi filmnya sendiri disutradarai oleh Fajar Nugros. Balada Si Roy dibintangi oleh sejumlah aktor dan artis ternama Indonesia, seperti Abidzar Al Ghifari, Febby Rastanty dan Bio One.

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang pemuda bernama Roy yang berusaha mencari jati dirinya. Roy berpetualang bersama anjing kesayangannya yang bernama Joe. Pada suatu hari Roy berhadapan dengan sebuah geng bernama Borsalino yang arogan. Akhirnya Roy dan kedua kawannya membuat geng juga untuk menghadapi Borsalino.


3. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021)

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas diadaptasi dari novel populer berjudul sama yang ditulis oleh Eka Kurniawan pada 2014. Sang novelis juga ikut berpartsipasi dalam penulisan skenario sehingga kalian tidak akan menemukan perbedaan yang mencolok antara versi film maupun novelnya.

Film ini mengisahkan Ajo Kawir, seorang lelaki pemberani yang tak takut mati. Namun, di balik itu dia memiliki rahasia yakni, dia mengalami impoten karena suatu hal yang terjadi di masa kecilnya. Berbagai cara telah dicoba oleh Ajo untuk menyembuhkan kelemahannya tersebut. Sampai akhirnya dia bertemu dan jatuh cinta dengan Iteung yang juga seorang petarung.


4. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau sering kali disingkat NKCTHI merupakan film Indonesia yang diangkat dari novel populer berjudul sama karya Marchella. Filmnya sendiri disutradarai Angga D. Sasongko dan tayang di Netflix.

NKCTHI menceritakan sebuah keluarga yang banyak menyimpan rahasia. Keluarga ini terdiri dari tiga orang anak yakni Angkasa, Aurora, dan Awan, ketiganya memiliki masalah yang membuat mereka terpecah. Dalam film ini diperlihatkan bagaimana mereka tetap berusaha untuk harmonis kembali.


5. Imperfect (2019)

Imperfect diangkat dari kisah novel berjudul Imperfect: A Journey to Self-Acceptance karya Meira Anastasia. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan Jessica Mila dan disutradarai oleh Ernest Prakasa. Setelah dibuat versi filmnya, Imperfect mendulang sukses sampai dibuat versi series pada 2020 lalu.

Film ini mengisahkan tentang Rara yang berkulit sawo matang dan berbadan gemuk, setiap harinya dia selalu diejek banyak orang. Rara berprofesi sebagai manager riset di perusahaan kosmetik, dia selalu insecure dengan diri sendiri. Rara bimbang apakah dia ingin tetap mempertahankan bentuk tubuhnya atau berusaha untuk diet? Di samping itu, Rara memiliki seorang kekasih bernama Dika yang selalu memberikan support untuknya.


6. Teman tapi Menikah (2018)

Teman Tapi Menikah adalah film yang diadaptasi dari novel karya Ayudia Bing Slamet. Film ini diproduksi oleh Falcon Picture pada 2018. Teman Tapi Menikah mengangkat kisah nyata perjalanan cinta Ayudia yang akhirnya menikah dengan temannya sendiri, Ditto. Awalnya mereka berdua hanya berteman, sampai akhirnya disatukan dengan perasaan cinta dan akhirnya menikah.

Baca juga: 10 Novel Terlaris Sepanjang Masa, dari Don Quixote hingga The Da Vinci Code

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Musisi Fariz RM Bakal Gelar Konser 45 Tahun Berkarya

BERIKUTNYA

Akun Twitter Tidak Aktif Akan Dihapus Elon Musk, Warganet Khawatirkan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: