Illustrasi sedang menonton film. (Sumber foto: Pexels/Ron Lach).

Rekomendasi Film Pendek Karya Anak Bangsa yang Bikin Takjub

30 April 2023   |   08:00 WIB

Waktu senggang seringkali membuat kita bosan. Dari bingung memilih aktivitas, lebih baik kalian mengisi waktu dengan menyaksikan beberapa film pendek karya Anak Bangsa yang banyak disajikan di berbagai platform video streaming secara gratis, seperti di Youtube.

Film pendek sebagai karya para sinema muda ini memiliki bergam cerita yang menarik dan memberikan ide-ide segar dalam variasi cerita di dunia sinema kita.

Bahkan, beberapa karya film pendek itu mampu membuat penontonnya dibuat geleng-geleng kepala, karena takjub terhadap kemampuan para sineas muda itu dalam menyajikan tontonan berkualitas dalam durasi yang terbatas.

Baca juga: 6 Film Pendek yang Pas Ditonton Selama Liburan

Sebagai referensi tontonan, Hypeabis.id memberikan ulasan singkat sejumlah film pendek yang cukup populer saat ini. Yuk kita simak. 
 

1. Tenang

Film Tenang karya Yura Yunita (Sumber foto: YouTube/Yura Yunita).

Film Tenang karya Yura Yunita (Sumber foto: YouTube/Yura Yunita).


Film pendek karya musisi bertalenta ini patut masuk dalam watchlist kamu nih, Genhype! Bagaimana tidak, film berdurasi 7:37 ini mengisahkan tentang seorang pria yang merindukan suara mendiang ayahnya. 

Dia mencoba mengingat suara sang ayah, namun daya tak sampai. Hingga suatu hari dia berhasil mendapatkan kembali kenangan manis dia dan mendiang ayahnya. 
 
Film pendek berjudul Tenang ini sendiri lahir dari singel Yura Yunita yang memiliki judul serupa. Melalui visualisasi karyanya ini, Yura menuai banyak pujian dari netizen karena berhasil membuat mereka ikut merasakan sakitnya kehilangan. 
Buat Genhype yang berencana nonton film pendek ini, pastikan kamu punya stok tisu melimpah.


2. Hari Bertemu Kamu

Berbeda dengan film sebelumnya, film ini mengisahkan sepasang insan yang sangat menghargai waktu, terlebih waktu yang mereka habiskan bersama. 
 
Bukan keinginan mereka, namun pekerjaan lah yang memisahkan keduanya. Membuat mereka hanya bisa bertemu satu kali dalam satu bulan. Keduanya harus terpisahkan orang jarak, puluhan bahkan ratusan kilometer. 
 
Rasanya, kisah ini sangat relate dengan pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. Walaupun bukan film yang dramatis, tetapi Jo Satrianie selaku produser film pendek berjudul Hari Bertemu Kamu dapat mengarahkan emosi yang dirasakan pasangan kekasih dalam film pendek ini terasa sangat nyata pada penonton.


3. Ke Jogja

Bukan sebuah vlog atau video perjalanan seseorang dari ibu kota ke Jogja, melainkan kisah seorang anak kuliah yang akan meneruskan kehidupan ya di Jogja.
 
Selebihnya, Kirana (pemeran utama film pendek "Ke Jogja") mendapat bantuan dari seorang pria asli Jogja yang tertarik padanya. Padahal, sebelum akhirnya Kirana percaya pada orang asing tersebut, ia sudah merasakan kehangatan dari sapaan-sapaan masyarakat Desa Sidorahayu, namun dia menanggapinya dingin.
 
Sayang sekali, ternyata Kirana tidak sedang mencari pujaan hati, karena pujaan hati nya tinggal di ibu kota. Pria yang telah membantu Kirana merasa kecewa mengetahui Kirana sudah memiliki kekasih, dan memutuskan untuk tidak mendekatinya lagi.
 
Film ini diproduksi oleh Paniradya Kaistimewan, yang merupakan channel atau media penyebarluasan informasi mengenai keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.


4. Ibu

Film Ibu karya Eka Gustiwana (Sumber foto: YouTube/Eka Gustiwana).

Film Ibu karya Eka Gustiwana (Sumber foto: YouTube/Eka Gustiwana).


Dari judulnya pun sudah sangat jelas, film pendek ini mengisahkan tentang nasib seorang ibu yang dicampakkan oleh anaknya.
 
Bermula dari kesalahpahaman sang anak terhadap ibunya, dia selalu bersikap dingin dan tidak mau mendengarkan ibunya hingga akhirnya dia dewasa dan menikah.
 
Konflik timbul ketika istri Gerry mengusulkan ibunya untuk tinggal bersama. Sayang, bukan perhatian dan kasih sayang yang diperoleh sang ibu, melainkan bentakan dan tuduhan yang terucap dari mulut anak terkasihnya.
 
Melalui film pendek ini, Eka Gustiwana menunjukkan betapa seorang anak dengan teganya melukai hati ibunya dengan berlaku tidak hormat. Tidak diragukan, hasil karya Eka Gustiwana selalu dapat menyita perhatian para penonton.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cara Nonton Live Streaming Baeksang Arts Awards 2023 Hari Ini

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Pemenang Baeksang Arts Awards 2023, Serial The Glory Mendominasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: