Poster film Ride to Nowhere (Sumber gambar: imdb)

Rekomendasi 5 Film Pendek Untuk Mengisi Libur Iduladha Kalian, Ceritanya Unik-unik Loh

28 June 2023   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur Iduladha 2023 telah dimulai. Selain bersiap menikmati daging kurban, menonton film pendek dapat menjadi pilihan seru bagi Genhype untuk merayakan momentum ini bersama keluarga, teman, dan orang terkasih. Yuk tunggu apa lagi. 
 
Saat ini, sejumlah sineas di dalam negeri banyak menghasilkan film pendek yang berkualitas dengan cerita yang seru. Karya-karya mereka mampu membawa penonton dalam suatu perjalanan menggugah dan memukau. 

Baca juga: 6 Film Pendek yang Pas Ditonton Selama Libur Lebaran

Tidak hanya itu, banyak karya film pendek sineas di dalam negeri juga mampu menarik perhatian masyarakat dalam dan luar negeri. Hal itu terbukti dengan masuk dalam sejumlah ajang penghargaan, baik di dalam atau luar negeri. 

Salah satu cara untuk menyaksikan film pendek adalah melalui platform over the top (OTT) Bioskop Online melalui program 5 wajah Indonesia. Bonifacius Soemarmo, VP Growth & Marketing Digital Business Visinema, mengatakan bahwa 5 Wajah Indonesia adalah sebuah upaya untuk mengangkat karya film pendek Indonesia dan memberikan panggung yang layak bagi para pembuat film muda.

"Program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan beragam cerita unik yang mewakili keanekaragaman budaya, dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia,” katanya.

Berikut 5 film pendek yang dapat disaksikan untuk mengisi libur Iduladha pada tahun ini:
 

1. Jamal

Jamal adalah film karya sutradara Muhammad Heri Fadli yang berdurasi 14 menit. Film yang rilis pada 2020 lalu ini bercerita tentang Nur (35 Tahun). Dalam film ini, dia sedang mengangkat jemuran dikejutkan oleh kepulangan suaminya secara tiba-tiba yang merupakan buruh migran di
Malaysia.
 

Film Jamal (Sumber gambar: Bioskop Online)

Film Jamal (Sumber gambar: Bioskop Online)

Film pendek ini berhasil masuk ke sejumlah festival dalam dan luar negeri. Beberapa di antaranya yaitu, Official selection 15th Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2020 (Premiere); Official Selection SUNDANCE : Asia 2021; Main Award International Youth Media Festival YOUKI 2021 – Austria; Special Program & Opening Film Tampere Film Festival; Official Selection Festival Internacional De Cinema De Lleida Visual - Spain; Official Selection Film & Music Global Fest ISCHIA 2021; Official Selection SLAMDANCE Film Festival 2021; dan Nomination Minikino Film week 8 2022.
 
Selain itu, film ini juga terpilih sebagai Official Selection BIKY Busan International Kids and Youth Film Festival; Official Selection Aceh Film Festival 2022; Official Selection Toronto Reel Asian International Film Festival 2022; Official Selection Special Program Clermont-Ferrand 2023; Official Selection Short Circuit Pacific Rim Film Festival 2023; dan Official Selection Ningbo Short Film Festival 2022.
 

2. Berlabuh

Film selanjutnya adalah berjudul Berlabuh. Berdurasi 15 menit, karya ini bercerita tentang seorang bernama Tirta yang berusia 27 tahun. Dia berprofesi sebagai seorang Anak Buah Kapal (ABK) mesin di sebuah kapal penyeberangan domestik. 
 

Film Berlabuh (Sumber gambar: Bioskop Online)

Film Berlabuh (Sumber gambar: Bioskop Online)

Dia mengalami persoalan finansial pada saat masa kerjanya sudah hampir habis kontrak. Saat berusaha memperpanjang kontraknya, dia terhalang dengan sistem yang dibuat oleh pemerintah.

Film karya sutradara Haris Yulianto ini menghadirkan realita yang menyudutkan Tirta, sehingga membuatnya mempertanyakan masa depan karier pelautnya. Karya ini berhasil mendapat sejumlah apresiasi, seperti In Competition Internationale Kurzfilmtage Oberhausen 2021; Official Selection Jogja NETPAC Asian Film Festival 2020; Official Selection Mindanao Film Festival 2021; dan Official Selection Festival Film Bahari 2021.
1
2


SEBELUMNYA

Bangkitkan Nostalgia Nginep Gratis di Rumah Barbie dengan Gaya Ken, Intip Fasilitas dan Cara Pesannya

BERIKUTNYA

Daftar 6 Stadion Calon Venue Piala Dunia U-17 2023, Ada Manahan hingga SUGBK

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: