Ilustrasi stadion (Sumber gambar: Unsplash/Vienna Reyes)

Daftar 6 Stadion Calon Venue Piala Dunia U-17 2023, Ada Manahan hingga SUGBK

28 June 2023   |   14:17 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-17 tahun ini. Indonesia resmi menggantikan Peru sebagai tuan rumah ajang itu usai FIFA menilai bahwa negara Amerika Selatan itu belum siap secara infrastruktur.

Perhelatan Piala Dunia U-17 merupakan kompetisi bergengsi di level kelompok usia. Ajang ini juga akan diikuti negara perwakilan dari tiap benua di dunia. Oleh karena itu Indonesia harus menyambut kedatangan tamunya dengan baik, salah satunya mengenai persiapan venue atau lokasi pertandingan. 

Baca juga: 5 Fakta Penting Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Menurut jadwal, rencananya Piala Dunia U-17 akan dilaksanakan mulai 10 November hingga 2 Desember 2023. Namun, hingga saat ini PSSI yang diketahui oleh Erick Thohir belum menetapkan stadion mana saja yang akan dijadikan lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 2023. 

Mengenai hal itu, setidaknya ada 6 stadion yang bakal menjadi saksi laga sengit puluhan negara dalam dunia sepak bola. Lantas, stadion mana saja yang kemungkinan dijadikan venue Piala Dunia Dunia U-17 2023? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.


1. Stadion Manahan, Solo

 



Menjadi salah satu ikon kebanggaan kota Solo, Jawa Tengah stadion Manahan terletak di pusat kota Surakarta. Stadion yang dibuka pada 21 Februari 1998 ini sebelumnya sempat digadang-gadang menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 sebelum akhirnya FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah.

Stadion Manahan yang merupakan versi mini dari stadion Gelora Bung Karno mampu menampung sekitar 20.000 penonton saat perhelatan berlangsung. Keunikan dari stadion ini adalah fasad stadion yang memiliki motif seperti batik Kawung, khas Solo setelah direvitalisasi pada 2018 agar terlihat lebih modern dan nyaman untuk merumput.


2.  Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

 



Terletak di Kota Bandung Jawa Barat Stadion Jalak Harupat sepertinya juga siap untuk menyambut ajang Piala Dunia U-17 2023. Pasalnya stadion yang pertama kali dibuka pada 26 April 2005 ini juga memiliki beberapa fasilitas mumpuni sebagai ajang olahraga berkelas internasional.

Beberapa di antaranya termasuk menggunakan rumput berstandar FIFA yakni Zoysia Japonica yang warnanya lebih hijau dan berakar kuat. Selain itu stadion yang menjadi kandang Persikab Bandung ini juga mampu menampung sekitar 30.000 penonton serta fasilitas penunjang seperti ratusan toilet, kantin, dan ruang ganti pemain.


3.  Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

 


Terletak di pusat kota Jawa Timur, kemungkinan juga akan menjadi saksi bisu duel dari timnas masing-masing negara yang bertanding pada gelaran Piala Dunia U-17 2023. Kendati terbilang baru, stadion yang dibuka pertama kali pada 2010 itu memiliki sejumlah fasilitas yang tak kalah dengan stadion berkelas internasional.

Dengan biaya pembangunan yang menghabiskan biaya hingga Rp500 miliar stadion ini memiliki beberapa fasilitas seperti ruang ganti pemain, toilet, dan ruang untuk wasit. Selain itu di lapangannya stadion yang menjadu bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center itu juga menggunakan rumput Zoysia Japonica dengan kapasitas penonton mencapai 55.000 orang.
1
2


SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Film Pendek Untuk Mengisi Libur Iduladha Kalian, Ceritanya Unik-unik Loh

BERIKUTNYA

5 Tradisi Penuh Warna Iduladha di Mancanegara, dari Indonesia, Timteng hingga Inggris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: