Satai adalah makanan yang kerap ada saat Iduladha. (Sumber gambar: Pexels/Irwan Zahuri)

4 Makanan Selain Olahan Daging yang Bisa Disajikan saat Iduladha

28 June 2023   |   10:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Saat perayaan Iduladha, makanan olahan daging kambing, domba, atau sapi kerap tersedia di atas meja. Kondisi ini kadang membuat seseorang bosan atau tidak bisa terlalu banyak mengonsumsinya lantaran berbagai faktor. Untuk itu, sajian alternatif bisa menjadi pilihan saat merayakan hari raya kurban. 

Ada sejumlah bentuk olahan daging kambing, domba, atau sapi yang kerap tersedia di atas meja makan saat hari raya kurban tiba, seperti satai, gulai, dan sebagainya. Makanan-makanan itu dapat menggugah selera, terlebih ketika disantap bersama dengan  keluarga besar, kawan, atau orang terkasih. 

Kehadiran makanan dengan olahan daging yang kadang jarang ditemukan bagi sebagian orang menjadi terasa istimewa. Namun, memakan daging secara terus-menerus membuat bosan atau malah bikin tensi darah meninggi.

Baca juga: Resep Gecok Kambing Khas Semarang, Sajian Lezat Anti Mainstream pada Hari Raya Iduladha

Tidak hanya menghilangkan bosan, memasukkan menu lain dalam makanan juga sesuai dengan program Isi Piringku yang baik bagi kesehatan lantaran kebutuhan tubuh akan nutrisi dapat tercapai. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut makanan lain yang dapat disajikan selain olahan daging saat merayakan Iduladha tahun ini. 


1. Sayur Bening

Makanan pertama yang dapat disajikan ketika merayakan Iduladha selain olahan daging adalah sayur bening. Sajian yang satu ini dapat memberikan kesegaran di tengah "kepungan" olahan daging. 

Sayur yang dapat digunakan untuk menjadi sayur bening seperti bayam, labu siam,  sawi hijau, sawi putih, daun katuk, jagung, oyong, dan sebagainya. Olahan sayur bening yang dapat dengan mudah dibuat dijamin tidak akan menyita energi setelah melakukan silaturahmi. 


2. Capcai

Sajian lain yang dapat menjadi alternatif untuk dihidangkan di atas meja makan bersama dengan olahan daging adalah capcai. Sayur-sayuran yang berada dalam menu capcai akan memberikan kesegaran ketika dikonsumsi. 

Tidak hanya itu, capcai juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran, seperti brokoli, jagung, kol, wortel, sawi, dan sebagainya. Kalian bisa menyajikan capcai kuah atau kering. 

Dengan begitu, maka Genhype tidak sekadar mengonsumsi makanan olahan daging saat Iduladha tiba. Di antara itu, hal paling penting adalah nutrisi dapat terpenuhi. 
 

3. Sop

Sop dapat menjadi makanan lain yang dapat disajikan saat Iduladha guna menemani olahan daging yang ada di atas meja. Makanan yang satu ini dapat memberikan kenikmatan tambahan sambil mengonsumsi daging yang diolah menjadi seperti satai. 

Terdiri dari kentang, wortel, buncis, dan kol, sop yang disajikan juga akan membuat kebutuhan tubuh akan nutrisi dapat terpenuhi. Tidak hanya itu, pembuatan sop yang tidak sulit juga dapat dibuat mendekati waktu makan sehingga sayur yang ada di dalamnya masih segar. 
 

4. Tumisan

Makanan lain yang dapat menjadi pilihan untuk disajikan di atas meja selain olahan daging kambing, domba, atau sapi adalah tumisan sayur. Sajian ini akan menambah kenikmatan perayaan Iduladha lantaran makanan akan kian bervariasi. 

Selain pembuatannya yang tidak sulit, beragam sayuran juga bisa diolah dengan ditumis seperti kangkung, brokoli, kacang panjang, pakis, dan sebagainya. Kalian bisa menyajikannya dengan rasa pedas, sedang, atau tanpa cabai. 

Tumis sayur juga bisa diproses mendekati waktu makan, sehingga sayuran yang diolah masih akan terasa lebih segar. Tidak hanya itu, tumis yang disajikan dalam keadaan panas juga jauh lebih nikmat. 

Baca juga: Resep Kari Kambing Aceh untuk Hidangan Iduladha

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

10 Kalimat Ucapan Hari Raya Iduladha 2023, Cocok untuk Caption Media Sosial

BERIKUTNYA

Selain Tingkah Kocak Ok Taec-yeon, Ini 5 Alasan Drakor HeartBeat Menarik Ditonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: