Ilustrasi hari raya (Sumber gambar: Oleksandr/Pexels)

10 Kalimat Ucapan Hari Raya Iduladha 2023, Cocok untuk Caption Media Sosial

28 June 2023   |   09:55 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) resmi mengumumkan Iduladha jatuh pada Kamis (29/6/2023). Momen penting bagi umat Muslim ini pun sebentar lagi akan tiba. Hari raya Iduladha diperingati sebagai peristiwa kurban dalam sejarah Islam.

Hari ini dimana Nabi Ibrahim AS bersedia merelakan putranya Ismail untuk dikorbankan sebagai bentuk patuh kepada Allah SWT. Namun sebelum Ibrahim dikorbankan, Allah menggantinya dengan seekor domba.

Iduladha diperingati setiap 10 Dzulhijjah dalam kalender Islam. Sementara 10 hari pertama Dzulhijjah sendiri merupakan bagian dari bulan kalender Islam yang dicintai Allah SWT. Rasullah SAW bersabda: Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid”.

Baca juga: Cek Ketentuan Hingga Akses Masuk Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

Di tengah dulangan pahala yang Allah SWT berikan selama 10 hari pertama Dzulhijjah, umat Muslim di berbagai negara juga memperingati hari Iduladha dengan tradisinya masing-masing. Secara umum, negara-negara muslim di dunia melakukan penyembelihan hewan kurban ternak selain unggas, misalnya kambing, sapi, kerbau, domba atau unta.

Momen Iduladha juga menjadi waktu berkumpul dengan sanak dan saudara di tempat masing-masing. Namun tentu saja, tak semua orang bisa kembali ke kampung halamannya karena terhalang kewajiban kerja yang harus dituntaskan. Untuk tetap menyejukkan suasana, keluarga tetap bisa berkirim pesan dengan ucapan kalimat yang menenangkan.

Kalimat ini juga bisa digunakan sebagai caption di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya untuk menyapa teman di dunia maya. Berikut beberapa rekomendasi kalimat ucapan hari raya Iduladha 2023:
  1. Taqabbalallahu Minkum Minna Waminkum. Semoga Allah SWT menerima ibadah kurban kita semua. Selamat Hari Raya Iduladha 2023.
  2. Takbir kembali berkumandang menyambut Iduladha 1444 H. Semoga kurban yang kita lakukan bisa membuka jalan pahala. Selamat Iduladha!
  3. Iduladha menjadi momen pengingat pengorbanan antara ayah dan anak lewat peristiwa Nabi Ibrahim AS dan Ismail. Semoga kita semua diberikan kelapangan dada untuk berkorban dan mengikhlaskan. Selamat Hari Raya Iduladha 2023!
  4. Mulianya pengorbanan Nabi Ibrahim AS dapat menjadi cerminan untuk terus belajar tentang kepatuhan dan ketakwaaan kepada Allah SWT. Semoga ibadah kita diterima.
  5. Kebaikan mengalir deras saat hewan yang kita kurbankan disembelih. Ini menandai semangat pengorbanan yang diajarkan Nabi Ibrahim AS, bahwa setiap kita hanyalah hamba-Nya yang harus patuh, iklhas, dan takwa. Selamat Iduladha 2023.
  6. Jadikanlah momen kurban ini sebagai ibadah yang kita lakukan dengan ikhlas, seikhlas Ibrahim merelakan anaknya, dan sepatuh Ismail merelakan dirinya. Selamat Iduladha.
  7. Ibrahim memberi pelajaran bahwa keikhlasan akan selalu diganjar dengan ribuan kali lipat nikmat dan berkah. Berkorban bukan perkara mudah dan kita senantiasa belajar untuk terus ikhlas. Semoga Allah menerima ibadah kita di Iduladha ini.
  8. Kerelaan Ibrahim AS mengorbankan anaknya adalah cinta sejati yang lahir dari jiwa ikhlas dan tabah. Semoga kita bisa terus memetik pelajaran dari peristiwa penting ini. Selamat merayakan Iduladha.
  9. Selamat Hari Raya Iduladha. Mari sucikan hati dengan membuka pintu maaf untuk sesama manusia.
  10. Mari rayakan Iduladha dengan penuh berkah dan cinta. Selamat Iduladha bersama keluarga.
Baca juga: 6 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Mengisi Libur Sekolah & Iduladha

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Thirty Second To Mars Siap Gebrak Jakarta di Soundrenaline 2023, Cek Jadwalnya

BERIKUTNYA

4 Makanan Selain Olahan Daging yang Bisa Disajikan saat Iduladha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: